11 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA

Memilih jurusan kuliah yang tepat kadang menjadi hal sulit bagi kamu yang baru lulus SMA. Banyaknya pilihan jurusan, serta minimnya informasi yang kamu dapatkan terkait jurusan dan tempat kuliah bisa menjadi alasan utama kamu dalam bingung memilih jurusan yang tepat saat kuliah.

Berita yang dimuat pada situs https://news.okezone.com/ bahwa 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan loh. Waduh, parah banget kan? Nah, mungkin referensi 11 jurusan untuk anak IPA ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih jurusan saat kuliah nantinya.

Berdasarkan data tahun 2018 yang dirilis oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Risetdikti), Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi Indonesia saat ini baru mencapai 31,5%. Sedangkan Ristekdikti menarketkan pada tahun 2023, APK pendidikan tinggi tersebut dapat mencapai 40%.

Salah satu perusahaan rintisan hasil binaan Skystar Ventures, Tech Incubator Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yakni Youthmanual, melakukan penelitian selama dua tahun untuk mendalami lebih dari 400.000 profil dan data siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan fakta yang cukup menarik yakni 92% siswa SMA/SMK sederajat bingung dan tidak tahu akan menjadi apa kedepannya dan 45% mahasiswa merasa salah mengambil jurusan.

[irp posts=”942″ name=”Cara Mengikuti Tes Bakat di Youthmanual”]
Menurut Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan.


Untuk kamu yang jurusan IPS, kamu bisa lihat rekomendasi 10 Jurusan yang cocok untuk anak IPS di postingan artikel berikut ini

[irp posts=”908″ name=”10 Pilihan Jurusan yang Cocok Untuk Anak IPS”]

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat yah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal UN SMP Terbaru!

Buat kamu yang sedang mencari naskah soal UN SMP sebagai bahan belajar, terdiri dari semua…