Categories: SMK

8 Rekomendasi SMK Terbaik di Indonesia Buat Kamu! Gimana, Tertarik Mendaftar?

Share

Halo! Apa kabarnya guys? Kalau kemarin kita udah membahas mengenai berbagai jurusan yang ada di SMK, kini penulis juga mau share tentang beberapa rekomendasi SMK terbaik yang ada di Indonesia guys. Sebelumnya buat kamu yang masih bingung apa sih perbedaan antara SMA dan SMK, jangan khawatir Sobat kali ini juga ada sedikit pencerahan bagi kamu mengenai perbedaan SMK dan SMA nih. 

By the way, rekomendasi SMK di bawah ini penulis ambil berdasarkan nilai rata-rata UN, UTBK, bahkan ranking yang telah dibuat oleh beberapa lembaga pendidikan ya guys. Oke langsung aja untuk kamu yang ingin masuk SMK, inilah 8 rekomendasi SMK terbaik di Indonesia!

Perbedaan SMK dan SMA

Oh iya, sebelum masuk ke dalam 8 rekomendasi SMK terbaik di Indonesia maka penulis juga mau membagikan beberapa ciri sederhana yang membedakan antara SMA dan SMK guys.

Photo by Kaboompics .com on Pexels.com

1. Mata Pelajaran

Hal pertama yang paling signifikan antara SMK dan SMA ialah mata pelajaran yang akan kamu pelajari nih guys. Di SMK sendiri kamu akan mempelajari berbagai macam pelajaran sesuai dengan bidang yang kamu pilih. Misalnya, kamu mengambil kejuruan kesehatan dan sosial dengan bidang ilmu keperawatan. Maka pelajaran yang kamu dapatkan hanya seputar kesehatan dan perawatan. 

Sementara itu, di SMA sendiri hanya dibagi menjadi 2 jurusan utama yakni IPA dan IPS. Sehingga pelajaran yang akan kamu dapatkan cenderung lebih luas dan kompleks. So giliran kamu nih, lebih nyaman belajar secara khusus atau meluas guys?

2. Waktu Belajar

Umumnya waktu belajar di SMA adalah 3 tahun. Terdiri dari 1 tahun untuk masih-masing kelas 10,11, dan 12. Sedangkan, di SMK sendiri waktu belajar yang kamu dapatkan cenderung lebih lama Kawan. Hal ini dikarenakan, SMK memiliki pelatihan atau kegiatan belajar-mengajar selama 3 tahun dan 1 tahun untuk Pratik Kerja Lapangan (PKL).

3. Tujuan

Last but not least, perbedaan dari SMK dan SMA ialah tujuan. Biasanya anak-anak yang memilih SMA memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat PTN atau PTS. Sementara, anak-anak yang memilih masuk SMK lebih mengarah untuk langsung bekerja setelah lulus nanti.

Hal inilah yang menyebabkan perbedaan mata pelajaran serta bobot pengajaran, di mana SMA lebih berfokus pada teori dan SMK pada praktik. Untuk informasi lebih lengkap terkait perbedaan SMA dengan SMK silahkan baca artikel 10 Perbedaan SMA dengan SMK

8 Rekomendasi SMK Terbaik di Indonesia

1. SMK Jateng

Rekomendasi pertama datang dari Jawa Tengah nih guys. SMK satu ini terletak di Semarang dan biasa disebut sebagai SMK Jateng. SMK satu ini memiliki nilai rata-rata yang cukup tinggi pada tahun 2020 untuk taraf sekolah kejuruan. Rata-rata yang didapat berkisar di atas 500. 

Selain itu, SMK satu ini juga memiliki banyak siswa yang berasal dari luar daerah Jawa Tengah. Bahkan tiap tahunnya SMK Jateng memberikan beasiswa bagi siswa-siswi di sekolah yang berprestasi dan bagi calon peserta didik yang hendak masuk ke SMK ini. 

2. SMAK Bogor

Next, ada SMAK Bogor yang terletak di Jawa Barat. Selain SMK Jateng, kabarnya SMAK Bogor juga menjadi salah satu SMAK yang memiliki rata-rata nilai UTBK tertinggi yakni di atas 550. Bahkan untuk urusan akademik, SMAK Bogor terletak pada peringkat 23 untuk sekolah di Jawa Barat. 

SMAK Bogor atau Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor  ini mampu mencetak ratusan analis kimia atau operator laboratorium terbaik di Indonesia. Lama pendidikan yang akan kamu tempuh di SMAK Bogor ini kurang lebih selama 4 tahun dengan sistem gugur apabila tidak mampu menyelesaikan semester 2 (tinggal kelas). Wow, cukup ketat ya guys! Gimana, kamu tertarik?

3. SMK Yogyakarta

Selanjutnya, kita beralih ke kota pelajar yakni Yogyakarta. Selain penuh dengan berbagai SMA maupun Universitas kenamaan, Yogyakarta juga menjadi rumah bagi salah satu SMK terbaik yang ada di Indonesia lho.  SMK Yogyakarta ini juga disebut sebagai SMTI atau Sekolah Menengah Teknologi yang beralamat di Jl. Kusumanegara. 

Bidang keahlian yang menjadi fokus utama di SMK ini ialah teknologi rekayasa dengan beberapa program keahlian seperti teknik kimian, kimia industri dan analisis, elektro, dan beberapa teknik rekayasa lain. Jurusan yang paling terkenal dari SMTI-SMK Yogyakarta ini ialah kimia analisis dan mendapat akreditasi sangat baik. 

4. SMK 26 Jakarta

Beralih lagi ke ibukota Indonesia yakni Jakarta. SMK satu ini terletak di kawasan Jakarta Timur tepatnya daerah Rawamangun. Terdapat sekitar 6 jurusan di SMK ini antara lain, konstruksi gedung dan perawatan, teknik elektro, teknik kelistrikan, teknik mesin, teknik manajemen otomotif, dan teknik informatika. 

Selain beberapa jurusan tersebut, SMK yang termasuk sebagai sekolah kejuruan terbaik di Jakarta ini juga memiliki beberapa organisasi. Mulai dari paduan suara, Rohis, PMI, Paskibra, dan berbagai esktra bela diri maupun musik. SMK 26 Jakarta juga memiliki prestasi yang memuaskan di bidang akademik maupun non-akademik. 

5. SMK Negeri 2 Klaten

Kembali ke Jawa Tengah, tepatnya di Klaten terdapat salah satu sekolah kejuruan yang tak kalah berprestasi yakni SMK Negeri 2 Klaten. SMK ini juga memiliki nilai indeks ujian nasional sampai 100 karena banyaknya siswa-siswi berprestasi dan kompeten di dalamnya. Secara keseluruhan, SMK Negeri 2 Klaten memiliki 8 program keahlian. 

Program tersebut antara lain, teknik komputer, konstruksi bangunan, teknik mesin, teknik otomotif, pengecoran logam, teknik khusus gambar bangunan, sampai audio untuk video yang biasanya masuk ke dalam jurusan multimedia. So, gimana kamu tertarik masuk ke SMK berprestasi ini guys?

6. SMK 4 Surakarta

SMK satu ini biasanya didominasi oleh perempuan karena menawarkan jurusan yang berhubungan dengan kecantikan, tata busana, hospitality atau perhotelan, dan tata boga. SMK satu ini terletak di daerah Laweyan, Kota Surakarta. 

Menurut indeks ujian nasional, SMK 4 Surakarta berhasil meraih indeks sampai dengan 99.36. Selain itu, terdapat sejumlah prestasi mengangumkan guys dari SMK 4 Surakarta. Sederet prestasi tersebut bahkan sampai ke tingkat Asia. 

7. SMK Negeri 1 Temanggung

Sekolah kejuruan yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Temanggung. SMK ini terdiri dari 3 jurusan terbaik yakni teknik pengolahan untuk hasil pertanian, agrobisnis perkebunan, dan kimia analisis. Untuk kamu yang ingin mendalami dunia tanaman dan agrobisnis, penulis sarankan untuk mendaftar di SMK ini karena selain prestasi yang mengagumkan, letak SMK ini juga sangat strategis. 

SMK Negeri 1 Temanggung, sangat cocok untuk mendalami perkebunan dan pertanian karena sebagian besar area yang dimiliki ialah dataran tinggi. Sehingga sesuai dengan jurusan yang akan kamu ambil dan memudahkan kerja lapangan yang kamu lakukan kedepannya guys

8. SMK 1 Magelang

Terakhir, ada SMK 1 Magelang yang terletak di Magelang Sleman, Jawa Tengah. SMK satu ini memiliki rata-rata indeks ujian nasional sampai 97,52 guys. Jurusan yang ada di SMK ini pun beragam, mulai dari teknik konstruksi, teknik kelistrikan, multimedia audio untuk video, teknik mesin, sampai teknik otomotif kendaraan (ringan). 

SMK satu ini juga menerapkan sistem kurikulum atau pembelajaran yang cukup kompleks guys. Kamu ga hanya mempelajari program keahlian yang kamu ambil saja melainkan ada mata pelajaran mulok (muatan lokal) yang menjadi salah satu keunggulan SMK 1 Magelang ini. 

Nah, di atas ialah beberapa rekomendasi SMK terbaik di Indonesia. Untuk kamu yang ingin mendaftat atau mengetahui lebih lanjut jurusan sampai prestasi yang didapatkan dari SMK di atas, maka kamu bisa langsung mengunjungi laman website resminya ya!

So, selamat mendaftar!

This post was last modified on April 2, 2021 6:04 am

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

6 Langkah Morning Routine Pelajar Selama Pandemi! Dijamin Semangat Lagi!

Masa pandemic covid-19 ini bikin semua kegiatan dihentikan termasuk sekolah. Kamu jadi harus belajar di… Read More

April 22, 2021

6 Cara Mengetahui Potensi Diri Kamu, Super Mudah Lho!

Hai guys! Kalian tahu dong kalau setiap orang pasti memiliki potensi atau kemampuan diri yang… Read More

April 22, 2021

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan yang ada di… Read More

April 22, 2021

Kamu Perlu Tahu, Inilah Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Tidak terasa ya sebentar lagi sudah masuk kuliah bagi calon mahasiswa baru. Mungkin diantara kamu… Read More

April 21, 2021

Materi Matematika Kelas 9 Bab 5 Bangun Ruang Sisi Lengkung

Kami menyajikan rangkuman lengkap untuk siswa SMP, sebagian besar sudah kami rangkum tiap mata pelajarannya,… Read More

April 20, 2021

Materi Matematika Kelas 9 Bab 4 Kekongruenan dan Kesebangunan

Kami menyajikan rangkuman lengkap untuk siswa SMP, sebagian besar sudah kami rangkum tiap mata pelajarannya,… Read More

April 20, 2021