Categories: SMATips

10 Inspirasi Agenda Belajar Unik 2021!

Share

Halo guys! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik selalu ya! Tahu ga sih guys, salah satu kunci kesuksesan berasal dari kedisiplinan dan komitmen lho! Nah, tentunya butuh waktu sampai bertahun-tahun nih untuk memulai berbagai kebiasaan baru tersebut. Namun, ada satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan mulai sekarang nih, yakni dengan menulis agenda belajar.

Manfaat lain dalam membuat agenda belajar yaitu membantumu melakukan aktivitas seharian dengan produktif. Jadi, udah gaada lagi nih persoalan mengenai kurang produktif lah, mager lah, dan berbagai alasan lainnya. Oleh karena itu, kali ini penulis mau membagikan ke kamu beberapa inspirasi agenda belajar yang bisa kamu terapkan! Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

10 Inspirasi Agenda Belajar Tahun 2021

1. Agenda Harian

Sumber: Pinterest

Jenis agenda yang pertama yakni khusus untuk per hari guys. Kamu bisa membuatnya dengan sangat mudah karena cukup berbahan selembar kertas aja. Sesuai dengan namanya, agenda ini berfokus pada kegiatanmu dalam satu hari guys. Mulai dari bangun tidur sampai malam hari nanti. Agenda satu ini juga yang paling oke buat kamu yang masih baru dalam hal journaling.

Isinya apa aja sih? Kamu bisa mulai dari kegiatan + waktu mulai dari bangun tidur, aktivitas penting di hari tersebut, sampai PR atau tugas sekolah di hari itu. Untuk mempercantik sekaligus memotivasimu dalam belajar, maka jangan lupa melakukan sedikit hiasan, stabilo, atau mungkin menempelkan potongan gambar aesthetic ya guys.

2. Agenda Mingguan

Sumber: Pinterest

Agenda belajar selanjutnya juga bisa kamu buat dalam bentuk mingguan guys. Caranya ga jauh beda kok dari pembuatan agenda harian. Hanya saja kali ini kamu membuatnya langsung dalam jangka waktu seminggu. Sementara itu, kertas yang digunakan ga bisa seperti agenda harian yang hanya menggunakan selembar kertas aja. Melainkan kamu bisa mulai menggunakan buku tulis, binder, buku khusus agenda, maupun berbagai kertas yang direkatkan jadi satu guys.

3. Agenda Bulanan

Sumber: Pinterest

Next, untuk agenda belajar kamu juga bisa membuatnya selama sebulan penuh guys. To be honest, jenis agenda ini lah yang biasa penulis gunakan tiap bulannya. Hal ini dikarenakan agenda bulanan lebih teratur, terarah, dan juga menampung segala kegiatan penting selama sebulan. Jadi, ga ada lagi nih alasan buat penulis atau kamu lupa dalam mengerjakan tugas atau melewati sebuah aktivitas penting.

Agenda bulanan biasanya terdiri dari kalender, jadwal pembelajaran, agenda untuk mingguan, agenda untuk harian, dan kolom tambahan yang bisa kamu modifikasi sendiri ya guys!

4. To do list

Sumber: Pinterest

Yup, ga kalah penting nih. Dalam agenda belajar kamu juga bisa masukin to do list setiap harinya lho. Buat kamu yang bingung apa bedanya to do list dengan jadwal biasa, maka jangan khawatir. Penulis akan kasih tahu nih! So, secara sederhana to do list berbeda dengan jadwal aktivitas biasa guys.

Kalau aktivitas biasa bisa kamu mulai dari pagi sampai malam hari (seperti agenda harian), maka to do list hanya berfokus pada kegiatan yang penting dan wajib banget dilakukan di hari itu, minggu itu, atau bahkan bulan itu. Tergantung dengan agenda yang kamu buat!

5. Habits Tracker

Sumber: Pinterest

Ga boleh ketinggalan dari sebuah agenda belajar yakni habits tracker gengs. Buat kamu yang masih asing dengan habits tracker, that’s okay. Penulis akan mengenalkanmu terhadap salah satu jenis agenda yang penting banget nih untuk dibuat. Habits tracker sendiri berisi kebiasaan yang sering banget kamu lakukan, ingin kamu hentikan, sampai ingin kamu mulai.

So, setiap hari kan kita diharapkan bertumbuh menjadi lebih baik lagi dan lagi. Nah, habits tracker inilah yang akan membantumu untuk mengubah kebiasaan lama menjadi sebuah kebiasaan baru yang lebih produktif sekaligus positif.

6. Bills Journal

Sumber: Pinterest

Ga kalah penting nih! Bills journal atau pembukuan untuk keuangan juga menjadi sebuah agenda yang ga boleh terlewatkan guys. Selain kegiatan belajar yang rutin dan teratur, kita juga harus belajar dalam mengatur pemasukan sekaligus pengeluaran nih. Salah satunya dengan menggunakan bills journal.

Kamu dapat membuat bills journal sekreatif dan seunik mungkin lho guys. Mungkin bisa seperti yang di atas, berbentuk tabel, dan masih banyak bentuk lainnya yang bisa kamu modifikasi kok. Hanya saja hal terpenting terletak pada bagian isi yang terdiri dari pemasukan sampai pengeluaran ya guys!

7. Food Journal

Sumber: Pinterest

Next, food journal sendiri adalah salah satu modifikasi yang penulis lakukan ketika membuat agenda belajar. Journal ini penting banget bagi kamu yang mungkin memiliki masalah dalam makan. Misalnya saja penulis yang membuat journal ini karena memiliki maag akut. Sehingga setiap 3 atau 4 jam sekali wajib banget untuk makan.

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga bentuk badan agar lebih sehat, maka food journal ini cocok banget guys. Kamu bisa mengisinya sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari makanan pokok di hari Senin, makanan cemilan, air putih yang diminum, sampai berapa kali kamu makan buah dalam seminggu. Hal ini akan membantumu untuk memulai hidup sehat sedari dini gengs!

8. Mood Tracker

Sumber: Pinterest

Yap, salah satu variasi agenda belajar yang dapat membantumu untuk lebih stabil ialah mood tracker gengs. Jujur mood tracker ini oke banget untuk mengevaluasi apa penyebab kamu badmood yang pastinya mengganggumu seharian sampai gimana cara menghadapi mood swing. Ga hanya itu, mood tracker juga membantumu untuk lebih mengendalikan emosi sekaligus lebih bersyukur di hari tersebut. Yuk, coba terapkan guys!

9. Film Agenda, Gym Agenda, Music Playlist, dll

Sumber: Pinterest

Sebagai tambahan, kamu juga bisa lho menambahkan film agenda, book agenda, gym agenda, hobby, dan masih banyak lagi dalam agenda belajarmu. Apa sih fungsinya? Pertama, supaya kamu ga lupa apabila ingin melakukan sesuatu. Siapa tahu ada waktu dimana kamu bingung mau ngapain atau butuh refreshing, maka agenda ini bisa membantumu untuk mengingat.

Oh iya guys, menjadi produktif bukan berarti harus bekerja seharian penuh. Melainkan dapat memaksimalkan waktu yang dimiliki engga hanya untuk tidur, bermain HP, atau rebahan aja ya!

10. Review Agenda

Sumber: Pinterest

Last nih, ada review agenda guys. So, biasanya dalam sebuah journal belajar yang ditulis tiap bulannya maka ga lengkap gengs kalau ga pake review agenda. Review ini berfungsi untuk mengevaluasi segala kegiatan, aktivitas, sampai produktivitas yang kamu lakukan dalam sebulan nih. Review agenda ga harus dibuat dalam halaman khusus kok guys. Kamu juga bisa melakukan variasi dengan membuat review di setiap minggunya.

Yap, itu tadi beberapa inspirasi agenda belajar sekaligus jenis agenda yang umumnya ada ketika kegiatan journaling. Kamu bisa menambah atau mengurangi isian dari agendamu tergantung dengan kebutuhan juga. Intinya, agenda yang dibuat dapat membantumu menjadi lebih disiplin, teratur, dan tentunya produktif ya guys!

See you in the next article Kawan!

This post was last modified on April 7, 2021 9:31 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021