4 Alasan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak, Salah Satunya Meningkatkan Kecerdasan Otak Kiri

Salah satu kelebihan belajar online ialah waktu yang fleksibel bagi siswa maupun pengajar. Hal ini wajib dimanfaatkan tiap pelajar untuk mengasah kemampuan atau soft skill. Salah satu kemampuan yang penting untuk diasah adalah Bahasa Inggris.

Ada banyak alasan belajar Bahasa Inggris bagi anak wajib dilakukan sedari dini. Salah satunya yaitu memperluas prospek pendidikan serta pekerjaan si kecil di kemudian hari.

Akan tetapi, ternyata ada masih ada banyak lagi alasan penting mempelajari bahasa ini. Berikut beberapa alasan Bahasa Inggris sangat penting untuk si kecil!

Alasan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak

alasan belajar bahasa inggris bagi anak
Cute child schoolgirl holding red book on chalkboard background. Speak english and learn language concept

1. Memiliki penutur terbanyak di dunia

Salah satu alasan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak ialah bahasa ini memiliki penutur terbanyak nomor satu di dunia. Tentunya hal ini akan memengaruhi komunikasi global sang anak di masa depan.

Misalnya, saat si kecil hendak melakukan study tour atau pertukaran pelajar di luar negeri. Maka hal paling basic yang wajib dimiliki ialah kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar.

2. Persiapan SMA dan kuliah

Alasan belajar Bahasa Inggris yang kedua yakni sebagai bekal untuk menghadapi dunia SMA maupun kuliah. Di zaman sekarang ada banyak beasiswa maupun kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Tak hanya itu, luar negeri juga menjadi salah satu cara mempersiapkan anak dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya. Banyak survei membuktikan bahwa tingkat kemandirian pelajar asing lebih tinggi daripada pelajar asli negara tersebut.

Baca Juga:  Kode Kupon Ruangguru Hari Ini!

Menuntut ilmu di luar negeri juga akan memperluas prospek pekerjaan si kecil di masa depan. Nah, sebelum memasuki masa SMA atau kuliah maka memperlancar kemampuan berbahasa menjadi hal paling penting.

3. Cabang lomba yang banyak

Mulai dari SD sampai kuliah, lomba berbahasa Inggris menjadi salah satu jenis perlombaan yang paling dominan. Bahkan perlombaan ini memiliki banyak bidang yang dapat diikuti.

Mulai dari speech, story telling, bahkan sampai olimpiade yang seringkali menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sehingga apabila sang anak terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, maka bukan mustahil dapat memenangkan berbagai lomba sedari SD.

Lomba-lomba tersebut juga memiliki dampak positif bagi pendidikan si kecil ke depannya. Mulai dari kemudahan dalam mendaftar kuliah, SMA, maupun pekerjaan.

4. Mengasah kemampuan otak kiri

Alasan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak yang terakhir dalah bahasa mampu mempertajam kemampuan otak kiri. Salah satu jurnal dari ScienceDirect, menyatakan bahwa mempelajari bahasa memiliki dampak baik bagi keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Terutama mampu mempertajam kemampuan otak kiri pada anak-anak.

Solusi Untuk Belajar Bahasa Inggris

Setelah mengetahui beberapa alasan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak, tentu kini saatnya Anda mencari bimbingan belajar atau kursus yang tepat untuk melatih si kecil.

Penulis sendiri memiliki andalan nomor satu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Siapa lagi kalau bukan English academy! English academy merupakan salah satu produk keluaran Ruangguru yang berfokus untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Khusus untuk si kecil terdapat dua kelas yang penulis rekomendasikan.

1. Kelas Runner

Kelas ini ditujukan untuk anak usia 7 sampai 10 tahun. Materi utama yang diajarkan yakni vocabulary, kemampuan grammar dasar, dan pengenalan culture Inggris.

Baca Juga:  Harga Paket Ruangguru untuk SMP Diskon 65%!

Oh iya, kelas runner sendiri menerapkan kurikulum Cambridge dalam pembelajarannya. Kurikulum ini umumnya digunakan sekolah-sekolah di Inggris maupun sekolah internasional di Indonesia.

Kelas Runner sangat cocok bagi si kecil karena dikemas dengan cara menarik dan asyik sehingga siswa di dalamnya tidak akan bosan. Bahkan kebanyakan materi di kelas runner menggunakan peragaan benda nyata dalam bentuk audio visual yang mampu membantu pertumbuhan kognitif anak.

2. Kelas Sprinter

Rekomendasi kelas untuk anak-anak yang kedua ialah kelas spinter. Kelas ini ditujukan untuk anak usia 11-14 tahun atau memasuki usia pra-remaja. Kelas ini memberikan pembelajaran Bahasa Inggris lanjutan untuk anak remaja SMP seperti riset-riset sederhana sampai intermediate maupun percakapan yang lebih kompleks.

Kelas ini dilengkapi dengan berbagai e-book yang memuat kurikulum Cambridge, pengajar internasional, maupun pembelajaran yang interaktif. Selain itu, English Academy juga menggunaan metode pembelajaraan digital seperti live teaching.

Sehingga, kelas sprinter sangat cocok diikuti untuk anak agar semakin siap apabila nanti di kelas 2 atau 3 SMA hendak mengikuti TOEFL dan IELTS. Terakhir, kelas sprinter sedang membuka diskon bagi pendaftar tercepat yang memasukkan kode BISAINGGRIS.

Nah, itu tadi beberapa alasan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekaligus solusi paling tepat untuk belajar efektif dan menarik selama di rumah saja. Tunggu apalagi? Anda bisa langsung mengakses link di bawah ini untuk melakukan pendaftaran di English academy!

https://www.english-academy.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…