Categories: Aplikasi

6 Aplikasi Manajemen Waktu Belajar Terbaik untuk Pelajar

Share

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk bahkan hingga tugas dikejar deadline, ulangan tidak berjalan lancar bahkan ujian remedial.

Hal itu terjadi karena pelajar tidak mampu memanajemen waktunya dengan baik, pelajar tidak dapat membagi waktu untuk belajar, mengerjakan tugas, bermain game bahkan bersosialisasi melalui media sosial. 

Photo by Thirdman on Pexels.com

Padahal ada 24 jam setiap harinya, tetapi banyak pelajar yang merasa tidak cukup dengan waktu itu. Kenapa hal itu terjadi? Karena pelajar cenderung tidak dapat membagi waktu. Beruntungnya di era teknologi seperti saat ini, manajemen waktu sudah bisa diakses lewat aplikasi pada ponsel pintar kita masing masing.

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik

Penggunaan aplikasi untuk memanajemen waktu jelas lebih mudah, praktis dan efisien. Ada banyak sekali aplikasi manajemen waktu yang sangat berguna untuk pelajar. Berikut beberapa contohnya:

1. School Planner

Aplikasi ini sepertinya sudah cukup terkenal di kalangan siswa. Yupss, School Planner! Aplikasi yang sangat di rekomendasikan buat pelajar, karena di aplikasi ini dapat menandai kalender untuk jadwal tugas kita dan membuat pengingat untuk kelas atau event event tertentu.

Konsep dari aplikasi ini adalah sebagai Agenda. Disini kita juga dapat mencatat nilai – nilai ujian atau ulangan harian. Selain itu, pengguna juga bisa melihat review harian atau mingguan tentang tugas tugas yang tidak selesai dengan tepat waktu. 

2. Rainbow To-Do List, Task & Reminders

Aplikasi yang satu ini sangat kreatif dan bagus. Aplikasi ini menawarkan fitur utama yaitu Note Rainbow yang membuat kamu tidak bosan saat melihat jadwal, ada juga Remind Me To yang membantu dalam mengingat hal – hal tertentu, dan fitur lainnya adalah Tasks Rainbow yang akan membantumu menggolongkan tugasmu berdasarkan warna – warna indah.

3. Google Task

Aplikasi ini merupakan fitur terbaru dari Google, dengan aplikasi ini kamu dapat menyelesaikan lebih banyak hal. Kelola, catat, dan edit tugas dimanapun, kapanpun karena aplikasi ini dapat disikronkan ke seluruh perangkat.

Dengan mengintegrasikan ke Gmail serta Google Calender kamu akan membuatnya terhubung langsung. Dan juga dapat mengimpor pengingat Google ke Tasks. Sungguh keren bukan?

4. Todoist

Aplikasi ini akan membantu dalam menjadwalkan semua tugas yag ingin di lakukan. Setiap item bisa ditandai menurut prioritas dan diberi batas waktu sehingga memudahkan untuk memanajemen waktu kita.

Ada 4 fitur utama dalam aplikasi ini yaitu Inbox, Next 7 days, Tab Project, Labels, dan Filters.

5. Task : Todo List, Task List, Reminder

Aplikasi ini sangat simpel dan memiliki banyak pengguna di berbagai belahan dunia bahkan rate-nya di Playstore sangat tinggi. Itu bukanlah hal yang tidak mungkin, karena selain simpel aplikasi ini juga menawarkan fitur yang indah yang sering diperbaharui dan dikembangkan oleh pembuatnya.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan dari Wunderlist yang berada pada perangkat PC. Bagaimana, aplikasi ini cukup membuat penasaran bukan?

6. Forest: Stay Focused

Pada aplikasi ini menawarkan memanajemen waktu yang sangat unik yaitu mengatur waktu  sambil menanam pohon virtual.

Pengguna diberi kesempatan untuk fokus mengerjakan sesuatu tanpa memegang handphone, karena selama waktu diatur maka akan ada pohon yang bertumbuh semakin besar selama pengguna tidak keluar dari aplikasi ini. Artinya, pengguna yang lebih fokus pada kegiatan yang dilakukan akan mempunyai hutan virtual. Sepertinya menarik banget ya. 🙂

Namun, sebagus apapun sebuah aplikasi harus diikuti oleh kemauan dari diri sendiri agar tercipta sebuah keberhasilan jadi sekiranya kita tidak berpatok pada aplikasi rekomendasian dari saya ya. Keep Spirit For Everyone!

“Untuk mencapai mimpi besar, mulailah dari mewujudkan mimpi – mimpi kecil.” (Maudy Ayunda)

This post was last modified on Desember 5, 2020 3:44 pm

Leony Panjaitan

My name is Leony Panjaitan, hobi membaca dan menulis. Motivasi :Never give up but start up!

Leave a Comment
Published by
Leony Panjaitan

Recent Posts

6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Belajar memang tidak terbatas sampai kapan dan dimana. Belajar bisa sampai umur berapapun dan ke… Read More

Januari 21, 2021

5 Persiapan Sebelum Belajar di Luar Negeri

Belajar atau menempuh studi di luar negeri kini sudah banyak dijalani oleh sebagian orang. Banyak… Read More

Januari 21, 2021

9 Alasan Penting Harus Membaca Buku

Banyak diantara kamu yang mungkin sudah terbiasa membaca buku. Membaca buku bagi sebagian orang memang… Read More

Januari 21, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 13 Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf

Hidup jadi lebih damai dengan ikhlas, sabar, dan pemaaf tentunya sangat penting untuk kita ketahui,… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 12 Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw

Penerus perjuangan Nabi Muhammad saw tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang bersifat spontanitas… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 11 Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan

Hijrah ke Madinah, sebuah kisah yang membanggakan tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang… Read More

Januari 17, 2021