Categories: Kuliah

10 Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Lulus Kuliah

Share

Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari – Siapa nih di antara kamu yang suka mempelajari bahasa baru? Atau mungkin ada dari kamu yang berasal dari kelas bahasa dan ingin melanjutkan kuliah sastra?

Tau ga sih guys, bahasa itu bisa dibilang sebagai ibu atau pusat dari semua ilmu pengetahuan lho. Adanya bahasa bisa melahirkan berbagai macam ilmu pengetahuan seperti kimia, biologi, sampai matematika.

Dengan adanya bahasa kita bisa melakukan berbagai hal guys. Perdagangan sampai kegiatan belajar mengajar tak lepas dari peran bahasa ini. Nah, di dunia ini ada sekitar bahasa yang berbeda guys. Wuih, banyak banget kan?

Di antara banyaknya bahasa tersebut, terdapat satu bahasa yang digunakan hampir di seluruh dunia? Yap, bahasa Inggris guys. Namun, tahu ga sih ada bahasa lain yang harus kamu pelajari nih selain bahasa inggris.

Kenapa? Karena bahasa-bahasa tersebut semakin banyak digunakan masyarakat dunia. Artinya apabila kamu ingin bersaing dengan masyarakat global, setidaknya kamu harus menguasai lebih dari 2 bahasa guys. Penasaran bahasa mana aja sih? Simak ulasannya di bawah ini ya

10 Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Lulus Kuliah

Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Bahasa Inggris

Sudah pasti nih guys kalau bahasa internasional pertama yang paling penting ialah bahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris kamu nyaris bisa berkeliling dunia tanpa takut adanya kesulitan dalam melakukan komunikasi. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa internasional pertama yang wajib dikuasai masyarakat global.

Mempelajari bahasa Inggris pun dinilai gampang-gampang susah guys. Asalkan kamu bersungguh-sungguh dalam mempelajari bahasa Inggris, mau untuk menambah kosa kata serta memperbaiki pronounciation maka tak sampai 2 bulan kamu bisa fluent dalam bahasa Inggris kok.

2. Bahasa Mandarin

Next, bahasa kedua yang wajib banget kamu pelajari adalah bahasa Mandarin guys. Kenapa? Pertama, bahasa Mandarin termasuk di antara 3 besar bahasa asing yang wajib dikuasai masyarakat internasional. Kedua, bahasa Mandarin juga sering digunakan oleh beberapa orang di belahan dunia khususnya untuk melakukan kerja sama perdagangan.

Selain itu, kini bahasa Mandarin juga menjadi bahasa kedua yang dipakai oleh masyarakat di Asia maupun Asia Tenggara. Jadi, apabila kamu hendak berkunjung ke suatu negara di Asia Tenggara, tidak ada salahnya mempelajari bahasa Mandarin terlebih dahulu untuk mempermudah komunikasi guys.

3. Bahasa Perancis

Bahasa yang wajib kamu pelajari selanjutnya adalah bahasa Perancis guys. Apalagi nih untuk kamu yang ingin masuk jurusan hukum atau hubungan internasional. Hal ini dikarenakan kebanyakan buku hukum dan politik berasal dari Perancis guys. Ditambah lagi, bahasa Perancis adalah bahasa internasional yang umum digunakan dalam urusan diplomatik.

Oh iya, bahasa Perancis juga digunakan oleh 79 juta orang yang ada di dunia lho guys. Jumlah ini termasuk banyak digunakan di masyarakat internasional. Bahasa Perancis juga menjadi bahasa sehari-hari di beberapa negara Europe sehingga penuturnya bisa mencapai lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia.

4. Bahasa Jepang

Bahasa asing yang wajib kamu pelajari berikutnya ialah bahasa Jepang. Ada beberapa alasan nih guys kenapa kamu harus mempelajari bahasa Jepang? Pertama, bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan teknik maupun teknologi, maka mempelajari bahasa Jepang sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan untuk urusan teknologi Jepang dinilai cukup ungguh di mata internasional guys.

Ditambah lagi, Jepang sering sekali mengadakan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Kedua, tidak banyak masyarakat Jepang yang menguasai bahasa Inggris. Sehingga ketika kamu ingin berkunjung ke negara Jepang atau melakukan kegiatan bisnis ke Jepang, maka menguasai bahasa Jepang adalah suatu keharusan ya guys!

5. Bahasa Arab

Yap, bahasa Arab yang termasuk bahasa tertua di dunia ini juga penting banget lho buat kamu pelajari. Bagaimana tidak? Di dunia ini ada lebih dari 20 negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari guys, di luar bahasa asli mereka. Terdapat lebih dari 250 juta orang di dunia yang menggunakan bahasa Arab dan terus bertambah lho guys tiap tahunnya.

Selain itu, bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting untuk kamu pelajari karena banyaknya penguasa atau pebisnis yang berasal dari Arab. Jadi, apabila kelak kamu ingin menjadi salah satu pebisnis internasional, jangan lupa untuk mempelajari bahasa Arab ya guys! Wajib banget deh!

6. Bahasa spanyol

Yap, di urutan ke-6 ada bahasa spanyol guys. Bahasa spanyol termasuk sebagai bahasa yang wajib kamu pelajari nih. Kenapa? Di benua Amerika sampai Eropa pengguna bahasa Spanyol sangat besar guys. bahkan ada sekitar 420 juta orang yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa sehari-hari di luar bahasa asli mereka.

Selain itu, bahasa Spanyol juga menjadi bahasa utama di sekitar 20 negara di dunia nih. Ditambah lagi, kebanyakan imigran yang berasal dari Amerika menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa sehari-harinya. So, buat kamu nih yang bercita-cita menjadi seorang diplomat jangan lupa untuk mempelajari bahasa Spanyol ya!

7. Bahasa Belanda

Next, ada bahasa Belanda sebagai bahasa yang wajib kamu pelajari guys. Keunggulan penggunaan bahasa Belanda antara lain teknologi arsitektur di Belanda sangat maju daripada negara Eropa lainnya guys. Jadi, apabila kamu hendak melakukan belajar lebih banyak mengenai arsitektur maka tak ada salahnya untuk mempelajari bahasa Belanda.

Di luar itu, Belanda sendiri sering mengadakan beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia agar dapat melanjutkan studi S1 maupun S2 di Belanda lho. Belanda juga menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi wisata studi terbaik di dunia guys.

8. Bahasa Rusia

Guys, ada ga sih di antara kamu yang berminat masuk ke jurusan sastra? Nah, untuk masuk ke jurusan sastra entah itu sastra Indonesia, Inggris, maupun sastra asing, kamu perlu banget nih untuk mempelajari bahasa Rusia. Tau ga sih, banyak sastrawan revolusi dari Rusia yang keren banget dan wajib kamu baca.

Salah satunya adalah Leo Tolstoy yang ga hanya memengaruhi sastra di Rusia, melainkan pergerakan sastra di seluruh dunia guys. Selain itu, juga ada 150 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa penutur lho guys. Terakhir, bahasa Rusia juga super menarik untuk kamu pelajari guys!

9. Bahasa Jerman

Berikutnya, ada bahasa Jerman nih guys. Bahasa Jerman digunakan hampir 105 juta orang di dunia lho guys. 90 juta di antaranya adalah penutur asli guys. Apa sih keuntungan mempelajari Bahasa Jerman?

Pertama, untuk urusan teknologi tidak usah ditanyakan lagi ya guys. Jerman memiliki segudang teknologi keren yang tak kalah menarik nih. Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di bidang teknologi, maka Jerman dapat menjadi salah satu rekomendasi yang menarik guys. E

its, sebelumnya jangan lupa untuk mempelajari bahasa Jerman terlebih dahulu guys untuk mempermudah studi dan komunikasi.

10. Bahasa Italia

Terakhir, bahasa yang wajib untuk dipelajari ialah bahasa Italia. Sesudah menguasai bahasa Spanyol maupun bahasa Perancis, maka kurang lengkap apabila tidak menguasai Bahasa Italia nih. Nah, apa sih keuntungan mempelajari bahasa Italia?

Pertama, untuk dunia fashion sendiri Italia memiliki segudang model, brand, maupun merk menarik yang dapat menjadi referensi dari kamu yang sedang melakukan studi di bidang desain maupun fashion. Kedua, terdapat banyak banget destinasi wisata di Italia yang indah dan cantik. Wajib banget kamu kunjungi suatu hari nanti!

Nah, di atas adalah beberapa bahasa yang wajib untuk dipelajari guys. Sebetulnya dalam mempelajari bahasa kamu cukup memerlukan niat dan keinginan yang kuat ya guys! Tak hanya itu, mempelajari bahasa juga memiliki segudang manfaat khususnya bagi studi maupun kepentingan komunikasi.

This post was last modified on Oktober 25, 2020 7:30 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik - Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang penting untuk diperhatikan adalah… Read More

November 25, 2020

Tips Konsisten Belajar Agar Dapat Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar - Hai, Readers! Di tengah pandemi ini, banyak pelajar tidak bisa konsisten… Read More

November 25, 2020

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Haii Readers! Dalam melakukan kegiatan penelitian atau observasi IPA, seringkali kita harus bekerja di laboratorium.… Read More

November 23, 2020

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terdapat banyak faktor… Read More

November 23, 2020

10 Lagu Lawas Indonesia Untuk Menambah Semangat Mengejar Mimpi

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita mengalami rasa lelah dan letih dalam mengejar mimpi yang ingin… Read More

November 23, 2020

5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi atau Sistem Informasi Akuntansi adalah salah satu jurusan bidang teknologi yang berfokus pada… Read More

November 23, 2020