Beasiswa S2 di Asia yang Paling Recommended! Mulai dari Partial Funded sampai Fully Funded

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya guys. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan beberapa rekomendasi beasiswa S2 di Asia yang sangat cocok untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di benua menarik ini. 

Ada banyak universitas yang menarik lho guys di benua Asia! Mulai dari Korea University, Singapore National University, hingga Waseda University yang menjadi tempat Jerome Polin melanjutkan pendidikan S1. 

Di luar kampus dengan akreditasi luar biasa, benua Asia juga memiliki segudang tempat rekreasi yang bisa menjadi tempatmu healing ketika menuntut S2 nanti. So, tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Rekomendasi Beasiswa S2 di Asia

beasiswa s2 asia
Image by StockSnap from Pixabay

1. MEXT Scholarship

Rekomendasi beasiswa S2 di Asia yang pertama datang dari negeri sakura, yap mana lagi kalau bukan Jepang. Pemerintah Jepang sendiri menawarkan sebuah program pembiayaan penuh untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan magister di negara tersebut. 

Lantas tunjangan dari beasiswa ini apa aja sih? Mulai dari pembiayaan kuliah secara penuh, kemudian biaya hidup per bulan, biaya pesawat pulang-pergi, maupun biaya akomodasi atau tempat tinggalmu selama menuntut ilmu di Jepang guys. Bagaimana, kamu tertarik untuk mendaftar ke beasiswa satu ini?

2. KAIST Scholarship

Dari Jepang, kita beralih ke Korea Selatan. Kali ini ada rekomendasi beasiswa S2 di Asia yang tak kalah menggiurkan untuk kamu ScholarHunter! Beasiswa kali ini akrab disebut sebagai KAIST scholarship yang merupakan beasiswa dari pemerintah Korea khusus untuk pelajar di Indonesia. 

Baca Juga:  Inilah Mata Kuliah Ilmu Gizi yang Akan Kamu Pelajari di IPB

Menariknya, KAIST sendiri membuka pendaftaran beasiswa untuk segala jenjang perkuliahan termasuk magister guys (S1, S2, dan S3). Keunikan dari beasiswa ini juga terletak dari minimum IPK bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan S2 atau S3 guys, bahwa kamu juga bisa mendaftar beasiswa meskipun IPK-mu di bawah 3.00!

Meskipun demikian, KAIST juga ga setengah-setengah dalam memberikan fasilitas kepada awardee-nya. Kamu akan mendapatkan pembiayaan secara penuh, uang saku, hingga biaya buku maupun biaya tempat tinggal selama menuntut ilmu. Tak hanya itu, KAIST juga menawarkanmu pendidikan Bahasa Korea selama 1 tahun juga guys!

3. Lee Kuan Yew School Scholarship

Next, rekomendasi beasiswa S2 di Asia kali ini datang dari negara Singapura! Beasiswa ini cocok banget untuk kamu yang hendak melanjutkan pendidikan magister di negara Singapura secara fully funded. 

Oh iya, perlu digarisbawahi terlebih dahulu ya guys kalau beasiswa ini dibuka untuk kamu yang hendak melanjutkan pendidikan magister di Lee Kuan Yew School of Public Policy. Umumnya sih beasiswa ini dibuka di akhir tahun seperti bulan November hingga Desember nanti. 

Lalu fasilitas apa aja sih yang akan kamu dapatkan? Kamu akan mendapat pembiayaan uang kuliah secara fully funded, biaya hidup, kebutuhan pembuatan visa, biaya akomodasi atau tempat tinggal, asuransi kesehatan, bahkan tiket pesawat pulang dan pergi guys. Bagaimana lengkap bukan?

4. Graduate Scholarship Program for EFS

Siapa nih di antara kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di negara Thailand? Yap, negara yang akrab disapa sebagai Negeri Gajah Putih ini juga menawarkan beasiswa bagi pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan, khususnya Magister lho. 

Kamu akan ditawarkan untuk melanjutkan pendidikan khusus di bidang teknik, tepatnya di SIIT atau Sirindhorn International Institute of Technology. Eits, fasilitas yang ditawarkan untuk para awardee-nya apa aja sih? 

Baca Juga:  Daftar Sekolah Seni Terbaik di Indonesia, dari Aceh sampai Sumatera Barat!

Ada banyak guys, mulai dari biaya kuliah secara fully-funded, kemudian biaya buku, biaya keberangkatan sekaligus kepulangan, biaya asuransi kesehatan, maupun biaya penelitian selama mengambil gelar magister ini guys. 

Oh iya, terdapat beberapa persyaratan tambahan juga nih, seperti minimal IPK, kemudian dua surat rekomendasi dari dosen sewaktu S1 dahulu, dan keterangan kemampuan berbahasa Inggris atau TOEFL atau IELTS guys. 

5. Malaysian International Scholarship

Selanjutnya, negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia juga menawarkan beasiswa internasional bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan magister di negara ini guys. Malaysian International Scholarship menawarkan beasiswa khusus untuk pascasarjana secara penuh maupun parsial. 

Salah satu keunggulan dari beasiswa ini ialah tersedia bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan di berbagai program studi maupun universitas terbaik yang ada di Malaysia. Tak hanya itu, beasiswa ini juga mencakup biaya kuliah hingga biaya hidup selama kamu menuntut ilmu Malaysia. 

Hal ini termasuk biaya tiket pulang-pergi, biaya buku selama perkuliahan berlangsung, kemudian asuransi kesehatan, dan juga beberapa biaya tambahan lainnya. Beasiswa satu ini termasuk banyak digemari pelajar Indonesia guys, jadi kamu perlu bekerja cukup keras untuk mendapatkan beasiswa ini karena persaingan yang cukup ketat.

6. LPDP 

Rekomendasi beasiswa S2 di Asia berikutnya ialah LPDP. Beasiswa ini khusus diberikan pemerintah Indonesia kepada setiap kamu yang hendak melanjutkan studi magister, baik di dalam negeri maupun di luar negeri guys. Menariknya, beasiswa ini diberikan secara fully funded atau seluruh biaya perkuliahan akan ditanggung oleh pemerintah Indonesia. Gimana menarik bukan?

Oh iya, untuk beasiswa LPDP sendiri penulis sudah merangkumnya mulai dari persyaratan, dokumen yang dibutuhkan, hingga tips yang bisa kamu ikuti apabila hendak mengikuti beasiswa satu ini. Kamu bisa klik linknya di sini ya guys!

Baca Juga:  4 Keuntungan Kuliah di Kampus Swasta

7. China Government Scholarship

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Tirai Bambu? Yap, China menjadi salah satu negara incaran pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan, mulai dari jenjang S1 hingga S3 guys. 

Untuk kamu yang hendak melanjutkan pendidikan magister, tetapi terkendala biaya, tenang aja guys! Pemerintah China menawarkan beasiswa yang mencakup pembiayaan penuh maupun parsial terhadap biaya kuliahmu. Bahkan beasiswa ini juga menawarkan 1 tahun pembelajaran bahasa China sebelum kamu berangkat. 

8. GKS Korea Scholarship

Terakhir, penulis hendak membagikan rekomendasi beasiswa S2 di Asia yang khusus berasal dari Korea Selatan. Kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di negeri ginseng ini, bisa mendaftar beasiswa GKS atau Global Korea Scholarship. 

Beasiswa ini diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan Korea Selatan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea, mulai dari jenjang D2, S1, S2, hingga S3 guys. 

Beasiswa ini menawarkan beragam fasilitas untuk menunjang pembelajaranmu selama di Korea guys. Mulai dari tiket pesawat pulang pergi, biaya perkuliahan secara penuh, tunjangan penelitian (khusus S2 dan S3), asuransi kesehatan, hingga biaya selama hidup di Korea Selatan. 

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi beasiswa S2 di Asia guys. Gimana nih, apakah ada di antara beasiswa di atas yang menarik perhatianmu guys? Yap, apapun pilihannya penulis selalu mendukungmu untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya ya guys. 

Jangan lupa untuk selalu semangat dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan yang Maha Esa. Percaya deh, apapun niat yang kamu lakukan pasti tidak akan mengkhianati hasil begitu saja guys. Yuk, kamu pasti bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi b…