Pentingnya Belajar Jangka Panjang dengan Ruangguru

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Belajar merupakan sebuah proses kamu menuju keberhasilan. Tanpa belajar tentu kamu akan sulit memahami dan mengetahui sesuatu yang bersifat penting. Misalnya mau ulangan di sekolah, jika kamu tidak belajar kamu akan kesulitan dalam menjawab soal.

Menurut KBBI atau kamus besar bahasa indonesia, proses belajar itu sendiri adalah ” Runtutan perubahan atau peristiwa dalam pengembangan sesuatu… “. Jadi dapat kita simpulkan perubahan pada diri seseorang merupakan dampak dari proses belajar.

Salah satu cara untuk tetap bisa belajar dimana saja dan kapan saja adalah dengan menggunakan aplikasi belajar seperti Ruangguru, karena di aplikasi belajar Ruangguru kamu bisa belajar semua materi pelajaran di sekolah dengan cara yang menyenangkan. Dengan tampilan video yang berianimasi membuat belajar kamu akan lebih mudah memahami materinya.

Dalam proses belajar kamu akan melewati beberapa tahap yang akan di respon oleh otak.

Maca-macam tahap proses pembelajaran

Diantara macam-macam tahap proses pembelajaran menurut Wittig (1981) dalam bukunya Psikology of Learning, yaitu :

1. Actuation

Actuation adalah saat proses belajar berlangsung kamu akan mengalami tahapan memperoleh informasi. Saat kamu belajar tentu banyak banget informasi yang akan kamu peroleh.

2. Storage

Tahap storage merupakan tahap setelah actuation atau setelah kamu memperoleh informasi. Kemudian tahapan berikutnya adalah menyimpan informasi tersebut. Tahapan menyimpan informasi inilah disebut dengan Storage.

3. Retrieval

Retrieval merupakan tahapan emas dari proses pembelajaran. Yaitu dimana seseorang setelah memperoleh informasi dan menyimpannya maka kamu akan mendapatkan kembali informasi yang didapat.

Baca Juga:  Kamar Berantakan Tanda Kamu Orang yang Kreatif

Banyak sekali jenis-jenis kegiatan belajar yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Seperti membaca, mendengar, latihan soal dan praktik.

Faktor yang mempengaruhi minat belajar kamu

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri kamu, dan minat belajar kamu benar-benar dari kesadaran diri kamu sendiri.

a. Fisiologis

Dimana kondisi umum jasmani mempengaruhi semangat  kita saat belajar. Seperti halnya penglihatan, pendengaran, struktur posisi duduk saat belajar.

b. Psikologis

Meliputi rohani atau jiwa yang dapat mendorong kita dalam aktivitas belajar. Misalnya minat, kecerdasan, bakat, motivasi, dsb.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor pendukung dari luar, seperti pengaruh lingkungan kamu, teman-teman kamu, dan orang-orang yang ada di sekitar kamu yang bisa mempengaruhi semangat dan minat kamu untuk belajar.

a. Sosial

Merupakan faktor dari kehidupan sosial misalnya lingkungan dan masyarakat. Contohnya guru, keluarga dan teman-teman kamu.

b. Faktor non sosial

Faktor yang berasal dari luar namun tidak bersifat sosial misalkan tempat belajar, alat-alat belajar, keadaan cuaca dsb.

Pada saat manusia dalam tahap actuation, storage, dan retrieval, otak kamu juga melewati proses yang lebih detail.

Ada dua jenis memori yang di miliki manusia yakni memori jangka pendek (short town memory) dan memori jangka panjang (long town memory).

Untuk menjaga prestasimu di sekolah, tetaplah semangat untuk belajar dan berikan yang terbaik untuk kedua orang tua, agar mereka bangga kepada kamu. Dan tetap berlangganan dengan Ruangguru untuk belajar yang menyenangkan.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kode Diskon Ruangguru Desember + Bonus!

Mau dapat diskon gede? Coba pake kode diskon di bawah ini guys khusus Bulan Desember, luma…