Belajar Online Juga Bisa Efektif lho! Simak Tipsnya di Bawah Ini!

Share

Belajar Online Efektif Belajar online adalah tren baru bagi seluruh pelajar di Indonesia nih! Ada yang menanggapi dengan bahagia ada juga yang sebaliknya. Kira-kira kamu tim yang mana guys? Belajar online atau belajar di sekolah?

Tentunya di balik kebahagiaan belajar di rumah, banyak juga guys yang merindukan sistem belajar di sekolah. Mungkin bukan sistemnya, tetapi suasana kelas dan teman-teman yang selama pandemi tidak bisa bertemu karena adanya pembatasan wilayah.

Eitss, jangan sedih guys! Belajar online juga menyenangkan kok. Gimana sih caranya agar belajar online menjadi menyenangkan? Ada banyak cara guys tentunya. Di samping menyenangkan, sebenernya ada hal yang lebih penting nih. Hal tesebut  adalah gimana belajar secara efektif nih.

Mengingat apabila pelajaran secara bertatap muka pasti akan lebih mudah diserap oleh kepala. Mulai di sini pasti kamu berpikir gimana caranya kan? Oke oke, tenang guys! Aku bakal share nih gimana sih cara agar belajar online tetap berjalan efektif dan mudah diserap kepala.

Belajar Online Juga Bisa Efektif lho! Simak Tipsnya di Bawah Ini!

Tentunya harus ada beberapa hal yang dipersiapkan dulu yaa! Yuk, langsung simak  di bawah ini guys!

1. Aplikasi

Photo by Pixabay on Pexels.com

Yuhu, bener banget nih! Hal paling esensial yang harus kamu miliki untuk menunjang pembelajaran secara online adalah aplikasi. Pastinya kamu udah pada tau kan ada banyak bingitz aplikasi online yang dapat membantu kamu.

Tak hanya aplikasi yang membantu mengenai pemahaman materi aja, tetapi aplikasi untuk menunjang pertemuan di tiap materi juga ga kalah penting nih guys.

Nah, aku mau kasih tau kamu nih beberapa aplikasi meeting yang wajib kamu miliki untuk  menunjang pembelajaran online!

a. Zoom

Heyoo, kamu pasti udah ga asing kan dengan aplikasi satu ini?! Tentu saja dong! Aplikasi Zoom melejit selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan efektivitasnya dalam mengadakan pertemuan via online guys!

Oh, iya di zoom sendiri memiliki batas waktu dalam setiap pertemuannya. Untuk setiap pertemuan via daring kamu dibatasi dengan waktu 40 menit nih, tetapi setelah itu kamu bisa kembali mengadakan pertemuan dengan membuat room kembali guys!

Eitss, tenang Zoom juga terkadang memberikan unlimited time bagi kamu yang baru pertama kali daftar di Zoom. Cobain aja guys!

b. Google Meet

Engga mau kalah nih, google juga memiliki fasilitas pelayanan yang super kece guys! Kenapa? Karena dalam sekali pertemuan via daring kamu bisa melakukan panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus. Mantep bener!

Banyak pelayanan lain yang diberikan dalam aplikasi Google Meet guys, antara lain text-to-speech dan meeting yang bisa kamu jadwalkan secara otomatis oleh Google Calendar.

Easy parah deh setiap pertemuan kamu!

c. Facetime

Nah, aplikasi satu ini ga asing bagi semua pengguna produk Apple kan? Sayangnya guys, facetime hanya bisa digunakan pada iPhone, iPad, iPod Touch, atau produk buatan Apple lainnya!

d. WhatsApp Video Call

Yepii, yang terbaru dari produk WhatsApp adalah layanan video call yang kini bisa dilakukan dengan kapasitas 8 orang guys. Seru juga lho guys, melakukan pertemuan via WhatApp video call. Hal ini dikarenakan tidak adanya batasan waktu dalam setiap pertemuan.

Untuk pembelajaran atau ruang diskusi kamu bisa menggunakan Whatsapp Video Call nih! Selain karena tak perlu mengunduh aplikasi lagi, di Whatsapp Vidcall juga kuota yang dihabiskan pun masih bisa terjangkau guys!

2. Periksa kelancaran koneksi

Photo by Designecologist on Pexels.com

Siapa nih di antara kamu yang pernah mengalami putus jaringan sewaktu pembelajaran online? Aduh, pastinya mengganggu banget kan guys? Maka dari itu, pentingnya kita memeriksa koneksi sebelum pembelajaran dimulai nih.

Kamu bisa menggunakan data seluler atau Wifi sebagai pendukung. Bagi kamu yang menggunakan data seluler maka rajin-rajinlah untuk memeriksa kuota yang kamu punya. Jangan sampai kehabisan kuota saat hendak memulai pembelajaran

Tak hanya itu guys, bagi pengguna Wifi pastikan juga jaringan yang digunakan sedang stabil dan tidak jatuh tenggat waktu pembayaran ya! Hehehe

3. Gunakan berbagai website penunjang

Photo by Caio on Pexels.com

Nah, ga hanya aplikasi yang membantu untuk mempertemukan yang jauh agar menjadi dekat. Selain itu, dalam meningkatkan efektivitas ketika belajar di rumah, kamu perlu banget nih berbagai website yang menunjang pemahaman materimu mengenai pembelajaran.

Apalagi les dengan pertemuan secara langsung kan dilarang ya guys, maka dari itu ada banyak banget website sampai aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran kamu secara online lho!

Apabila kamu kurang memahami pembelajaran yang diajarkan gurumu di sekolah, maka kamu bisa mendaftarkan diri di berbagai situs belajar online guys. tentu saja pengajarannya top parah dan juga dengan harga super terjangkau! Dijamin engga rugi guys!

4. Mencatat

Photo by Lukas on Pexels.com

Next, jangan lupa untuk mencatat materi ya guys! Percuma dong udah belajar, mengikuti pelajaran eh lupa materinya karena belum dicatat. Oleh karena itu, penting banget nih guys untuk mencatat segala materi yang diberikan.

Apalagi dengan tidak adanya buku paket secara fisik tentu semakin  mempersulit pemahaman kamu. Maka, usahakan untuk selalu mencatat ya!

5. Belajar secukupnya

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Terakhir, belajar itu perlu guys, tetapi kebanyakan belajar juga tidak efektif dong. Maka dari itu untuk menjaga agar belajar kamu sehat dan terserap oleh kepala maka penting banget untuk belajar dengan waktu yang seimbang.

Refreshing juga perlu guys, ga hanya belajar aja yang menjadi nomor satu!

Olaaa, itulah beberapa tip agar belajar kamu dengan sistem online dapat terlaksana secara baik dan tentunya super efektif dong! Belajar secara online dapat dilakukan dengan efektif apabila kamu melakukannya dengan senang hati guys!

Semangat belajar!

This post was last modified on Oktober 16, 2020 6:09 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

Harga Paket UTBK Pahamify

Harga Paket UTBK Pahamify - Tahukah kamu bahwa rasio tingkat kegagalan siswa saat seleksi masuk… Read More

Oktober 18, 2020

5 Keunggulan Try Out UTBK di Pahamify

Try out merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif, baik untuk persiapan ujian semester,… Read More

Oktober 17, 2020

Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy yang Wajib Kamu Coba!

Rekomendasi Kelas Prakerja - Gimana rasanya udah 7 bulan kalian selama di rumah aja? Apakah… Read More

Oktober 15, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester 1 K13 Revisi!

Buat kamu yang sedang mencari rangkuman materi IPS kelas 7 sebagai bahan belajar atau persiapan… Read More

Oktober 14, 2020

Daftar KI dan KD IPA SMP Kelas 7, 8, dan 9 K13 Revisi Terbaru!

Bagi Bapak/Ibu guru IPA yang sedang mencari daftar Kompetensi Intin (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)… Read More

Oktober 14, 2020

Soal Semester Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 10

Sebagai bahan persiapan kamu menghadapi ujian semester ganjil pada mata pelajaran Ekonomi, berikut ini saya… Read More

Oktober 13, 2020