Categories: Buku

Resensi Buku Latihan CPNS Terbaik!

Share

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang saat ini lebih dikenal dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah impian banyak orang. Setiap tahun jumlah pendaftar untuk tes CPNS semakin banyak. Persaingan yang ketat membuat pelamar CPNS harus mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya adalah dengan berlatih soal dengan baik agar terbiasa mengerjakan soal bermacam-macam dengan waktu yang telah ditentukan.

Resensi Buku Latihan CPNS

Salah satu buku yang dapat kamu pilih untuk latihan soal CPNS adalah buku berjudul Super Top No.1 Tes CPNS Sistem CAT yang ditulis oleh Salamah dan diterbitkan oleh Penerbit Grasindo. Berikut adalah isi dari buku tersebut.

1. Rangkuman materi TWK

Pada bab pertama, buku ini membahas mengenai rangkuman materi Tes Wawasan Kebangsaan. Materi ini adalah materi penting yang diujikan dalam tes CPNS. Materi tersebut antara lain mengenai wawasan nusantara, Pancasila, UUD 1945, batang tubuh UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), otonomi daerah, dan demokrasi.

Materi mengenai wawasan nusantara membahas mengenai pengertian, fungsi, tujuan, latar belakang, penerapan/implementasi, kedudukan, landasan, asas, hakikat, dan dasar hukum wawasan nusantara. Selanjutnya dibahas juga mengenai pengertian Pancasila, sejarah kelahiran Pancasila, Pancasila sebagai dasar negara, sebagai pandangan hidup, sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, sebagai sumber nilai, sebagai paradigma pembangunan, dan lambang Pancasila.

Materi UUD 1945 membahas mengenai pengertian, fungsi, kedudukan, sifat, serta makna dari UUD 1945. Selain itu, juga membahas mengenai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia, penyimpangan yang terjadi terhadap UUD 1945, urutan perundang-undangan, amandemen UUD 1945, serta isi dari batang tubuh UUD 1945. Bab Bhineka Tunggal Ika membahas mengenai sejarah Bhineka Tunggal Ika, zona ekonomi eksklusif (ZEE), zona tambahan, laut territorial, dan hak lintas damai.

Materi NKRI mencakup bahasan seperti pengertian, tujuan, dan fungsi NKRI serta teori-teori tujuan negara dan ajaran tentang tujuan negara. Buku ini juga menjelaskan mengenai pengertian otonomi daerah, pengertian demokrasi, prinsip-prinsip demokrasi, serta ciri-ciri pemerintah demokrasi.

2. Rangkuman materi TIU

Materi selanjutnya yang dibahas adalah Tes Intelegensi Umum (TIU). Materi TIU mencakup sinonim, antonim, analogi, Bahasa Indonesia, dan matematika. Materi analogi menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian analogi, macam-amacam analogi lebih lanjut, cara menilai analogi, kesesatan analogi, dan analisis kritis.

Materi Bahasa Indonesia membahas mengenai kalimat efektif, kata baku dan kata tidak baku, dan paragraf. Materi matematika membahas mengenai aljabar, memberikan tips tentang cara cepat mencari akar kuadrat bilangan, rumus cepat perkalian dan kuadrat, mencari persamaan kuadrat baru dari persamaan kuadrat lama, definisi dan sifat bangun datar, rumus bangun datar, dan rumus bangun ruang.

3. Rangkuman materi TKP

Materi yang diujikan selanjutnya adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Beberapa materi yang dijelaskan dalam buku ini antara lain mengenai integritas diri, motivasi berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, tips sukses beradaptasi di tempat kerja, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok.

4. Latihan soal kemampuan bidang untuk tenaga pendidikan

Latihan soal yang diberikan mencakup soal-soal dari materi TWK, TIU, dan TKP. Soal-soal yang diberikan terbagi menjadi beberapa bahasan yang diperdalam dengan variasi soal-soal yang membantu mengasah kemampuan. Selain itu, diakhir terdapat soal-soal latihan yang biasanya keluar pada tes kemampuan bidang (TKB) bagi tenaga pendidikan.

5. Latihan soal kemampuan bidang untuk tenaga kesehatan

Latihan soal yang diberikan mencakup soal-soal dari materi TWK, TIU, dan TKP. Soal-soal yang diberikan terbagi menjadi beberapa bahasan yang diperdalam dengan variasi soal-soal yang membantu mengasah kemampuan. Selain itu, diakhir terdapat soal-soal latihan yang biasanya keluar pada tes kemampuan bidang (TKB) bagi tenaga kesehatan.

Itulah ulasan mengenai salah satu buku latihan soal CPNS. Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi CPNS, kamu harus berlatih dan mempersiapkannya dengan baik. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on July 27, 2020 12:53 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Film Bad Genius

Film tentang remaja nggak melulu soal cinta-cintaan lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan… Read More

September 25, 2020

Selain Perangko, Benda-Benda Ini Juga Dikoleksi Oleh Filatelis Lho!

Masih ingatkan siapa itu filatelis? Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas seputar kegiatan filateli, siapa… Read More

September 25, 2020

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skripsi kita ke depannya.… Read More

September 25, 2020

Resensi Buku Aku Ahli Gizi

Buat kamu yang sedang berpikir untuk masuk kuliah ilmu gizi dan bingung mencari referensi, kamu… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Lagu yang fresh dan menyenangkan memang asyik di dengar. Tidak hanya untuk didengarkan saja, tetapi… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Bisa Kamu Ambil Dari Film A Long Visit

Salah satu film yang asyik untuk ditonton selama masa pandemic adalah film yang berjudul “My… Read More

September 25, 2020