Resensi Buku Latihan TOEFL Terbaik!

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dikuasai oleh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Kemampuan Bahasa Inggris diperlukan untuk kebutuhan sekolah, kuliah, kerja, maupun kehidupan sehari-hari. Kemampuan Bahasa Inggris dapat ditunjukkan melalui skor TOEFL. Skor TOEFL dapat digunakan untuk mendaftar kuliah, mendaftar beasiswa, mendaftar kerja, maupun kebutuhan lainnya.

Salah satu buku yang dapat kamu gunakan untuk belajar TOEFL adalah Best Score TOEFL yang disusun oleh Tim Presiden Eduka dengan penerbit Genta Smart. Berikut adalah resensi mengenai buku tersebut.

Resensi Buku Latihan TOEFL

1. Video tips dan trik, tutorial, dan scipt listening

Selain belajar melalui buku, materi TOEFL juga tersedia di video yang berupa tips dan trik serta tutorial dalam menjawab soal-soal listening, reading, dan writing. Tutuorial diberikan oleh pemateri dengan menjelaskan secara detail dan memberikan contoh. Selain itu, terdapat script listening untuk latihan mengerjakan soal-soal listening.  

2. Aplikasi Android dan iOS

Buku ini juga menyediakan aplikasi untuk belajar dan latihan soal. Tidak hanya TOEFL saja tetapi juga terdapat aplikasi untuk belajar dan latihan soal TPA dan TBS, serta TOEIC. Kamu dapat mendownload aplikasi sesuai kebutuhanmu dan memasukkan kode yang terdapat di dalam buku.

3. TOEFL in brief

Pada bagian ini, penulis menjelaskan gambaran mengenai TOEFL secara umum. Selain itu, dibahas juga mengenai jenis-jenis TOEFL agar pembaca dapat mengetahui lebih lanjut apa saja macam-macam tes TOEFL. Kemudian membahas mengenai struktur tes TOEFL PBT, persiapan tes TOEFL, persyaratan skor TOEFL, pelaksanaan, informasi, serta cara menghitung skor TOEFL. Dijelaskan juga mengenai perlengkapan apa saja yang dibawa saat tes TOEFL.

Baca Juga:  Downlod Buku Siswa Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

4. Listening Comprehension

Pada bagian ini, penulis berfokus pada salah satu aspek dalam tes TOEFL, yaitu listening. Sebelum kamu berlatih soal, kamu dapat mempelajari tips dan trik dalam mengerjakan soal listening. Terdapat juga pola soal listening yang biasanya muncul dalam tes listening.

5. Grammar Overview

Pada bagian ini dibahas lebih dalam mengenai materi tentang grammar. Materi yang dibahas antara lain subyek, predikat, obyek; independent and dependent clauses; phrases and modifiers; prepositions; parts of speech; verbs; regular verbs; irregular verbs; special case : to be; kata kerja bantu; subjunctive mood; troublesome verbs; consistent tense; agreement; gerunds and infinitives; nouns; pronouns; adjective; comparison; masalah kejelasan dan gaya; serta prepositional idioms.

6. Structure and Written Expression

Penulis menjelaskan mengenai tips dan trik dalam mengerjakan soal structure and written expression. Dalam menjawab soal-soal memang dibutuhkan strategi agar mendapatkan skor yang tinggi. Terdapat juga pola-pola soal yang dapat dipelajari dan latihannya serta pembahasannya.

7. Reading Comprehension

Penulis menjelaskan mengenai tips dan trik dalam mengerjakan soal reading comprehension. Dalam menjawab soal-soal memang dibutuhkan strategi agar mendapatkan skor yang tinggi karena butuh pemahaman yang baik. Terdapat juga pola soal yang dapat dipelajari dan latihannya.

8. Practice Test

Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, saatnya kamu berlatih untuk mengerjakan soal-soal TOEFL. Terdapat delapan practice test yang dapat kamu kerjakan dengan masing-masing tes terdapat tiga section. Di akhir bab, terdapat kunci jawaban dan pembahasan.

9. Prediksi TOEFL

Setelah mencoba practice test kamu dapat mempelajari dan berlatih soal-soal prediksi TOEFL. Terdapat tiga prediksi TOEFL yang dapat kamu kerjakan untuk latihan menghadapi tes TOEFL yang akan datang. Tersedia juga pembahasan soal jika kamu sudah mengerjakannya. Prediksi ini dapat kamu gunakan sebagai percobaan bagaimana kamu menghadapi tes TOEFL kelak.

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Dalam 7 Hari!

10. Test of Written English (TWE)

Pada bagian ini dikhususkan untuk melatih kemampuan menulismu dalam Bahasa Inggris. Pada tes yang dilakukan, peserta diberikan satu topik atau tema tertentu kemudian diminta untuk menulis mengenai topik atau tema tersebut. Buku ini menjelaskan bagaimana tips mengerjakan tes tersebut serta daftar topik apa saja yang mungkin muncul dalam TWE.

Untuk kegiatan belajar bahasa Inggris lebih lanjut kamu bisa belajar di ecourse, informasi kursus onlinenya silahkan buka halaman berikut, klik disini.

Itulah resensi salah satu buku latihan untuk TOEFL. Persiapkan diri dengan baik melalui latihan-latihan soal agar kamu terbiasa dalam menghadapi soal-soal tes TOEFL. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Resensi E-Book Grammar Berbasis Latihan Seri 1

Buku digital kini menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk membaca buku.…