Ini Dia 9 Cabang Olimpiade di SMA yang Menarik Banget untuk Diikuti!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk mengikuti olimpiade di tingkat SMA? FYI, olimpiade menjadi salah satu ajang perlombaan paling bergengsi yang ada di Indonesia guys. Sertifikatnya pun sangat berguna untuk mendaftar perguruan tinggi negeri di kemudian hari.

Oleh karena itu, kali ini penulis ingin mengenalkan kepadamu 9 cabang olimpiade di SMA yang mungkin bisa kamu ikuti di kemudian hari. Umumnya sih olimpiade nasional di laksanakan sekitar bulan September, tetapi ingat sebelum sampai nasional maka kamu wajib melewati olimpiade di tingkat Kabupaten maupun provinsi.

Umumnya sih olimpiade tingkat Kabupaten dilaksanakan sekitar bulan Maret-April, sedangkan provinsi di bulan Mei-Juni. So, untuk berbagai cabang lombanya, kamu bisa langsung simak ulasan di bawah ini ya guys!

Cabang-cabang Olimpiade di SMA

1. Matematika

cabang olimpiade di sma

Cabang olimpiade di SMA yang pertama adalah matematika. Yap, matematika sendiri merupakan salah satu ilmu dasar yang selalu ada sejak kita SD bahkan sampai perguruan tinggi nanti guys.

Buat kamu yang ingin ikut olimpiade matematika, maka penulis sarankan untuk memperbanyak latihan soal. Biasanya soal olimpiade matematika sendiri berasal dari tes masuk perguruan tinggi, bahkan tak jarang beberapa tes masuk perguruan tinggi di luar negeri. So, pastikan untuk memahami konsep sebaik mungkin dan memperbanyak latihan soal ya guys.

2. Fisika

Next, cabang olimpiade di SMA berikutnya yaitu fisika. Ga jauh berbeda dengan matematika, cabang satu ini memerlukan lebih banyak latihan soal. By the way, soal olimpiade fisika umumnya ga banyak guys.

Biasanya hanya 5 atau 7 aja kok, tetapi ingat jawabannya bisa sampai 10 lembar. Namun, jangan khawatir juga, pastikan kamu mengerjakan langkah-langkah penyelesaian dengan runtut maka akan ada tambahan poin guys.

So, kamu ga harus berkutat di satu soal sampai selesai karena itu cukup mustahil hehehe. Pastikan saja mengerjakan setiap soalnya sesuai dengan urutan rumus yang kamu pelajari, dan walaa setidaknya kamu akan mendapat tambahan poin.

3. Kimia

cabang olimpiade di sma

Tadi sudah ada matematika, fisika, maka ga lengkap kalau kita tidak membahas mengenai kimia. Yap, kimia menjadi salah satu cabang olimpiade di SMA berikutnya guys. Mata pelajaran satu ini memang menarik sekaligus membuat candu bagi sebagian besar pelajar.

Olimpiade kimia sendiri umumnya terdiri dari materi mengenai kimia organik, kimia anorganik, dan beberapa cabang campuran kimia dengan mata pelajaran lain seperti biokimia. Sejauh ini, soal-soal di olimpiade kimia biasanya berbentuk pilihan ganda guys.

4. Biologi

Oke, kalau cabang olimpiade di SMA satu ini agak berbeda dengan 3 di atas guys. Di bidang biologi kamu memerlukan banyak bacaan dan juga latihan soal di saat yang bersamaan. Hal ini karena olimpiade biologi sangat luas dan yah memang cukup sulit.

Kamu wajib membaca buku-buku Campbell, biologi molekuler, sampai beberapa jurnal sains terbaru karena di dalamnya memiliki banyak materi yang cukup sering keluar dalam soal-soal di olimpiade biologi.

By the way, soal di olimpiade biologi ini berbeda banget dengan ilmu medis ya guys. Menurut penulis sendiri, soal di olimpiade biologi ini lebih kepada penelitian di biomedis karena soal paling sulit justru mengenai biologi molekuler dan proses mutasi di dalam sel-sel (DNA, RNA)

5. Astronomi

cabang olimpiade di sma

Cabang olimpiade di SMA selanjutnya adalah astronomi. Jujur, ilmu ini sangat menarik banget guys untuk dipelajari. FYI, hanya ada sedikit sekali universitas di Indonesia yang membuka jurusan mengenai astronomi. Salah satunya adalah Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Yap, ilmu perbintangan ini deket banget lho sama fisika. Lebih tepatnya ilmu fisika modern, seperti teori-teori dari Stephen Hawking. Umumnya soal di astronomi sendiri terdiri dari uraian dan bukan pilihan ganda. Ga jauh berbeda dengan fisika, kamu akan bertemu dengan 5-7 soal uraian yang membutuhkan berlembar-lembar jawaban.

6. Kebumian

Ga kalah menarik, cabang olimpiade di SMA berikutnya yaitu kebumian. Sebenarnya kebumian tidak termasuk ke dalam mata pelajaran resmi di SMA, baik jurusan MIPA maupun IPS guys. Namun, kebumian sendiri merupakan gabungan antara matematika dengan ilmu geografi.

Olimpiade kebumian sendiri umumnya terdiri dari materi geologi, astronomi, oseanografi, dan juga meteorologi. Untuk komposisi materinya pun berbeda tiap tahunnya, tetapi umumnya 25% per sub materi.

By the way, untuk tingkat kabupaten sendiri, olimpiade kebumian masih terdiri dari soal pilihan ganda. Sedangkan tingkat provinsi sampai nasional umumnya sudah dimix dengan beberapa soal esai dan berbahasa Inggris guys.

7. Ekonomi

cabang olimpiade di sma

Ekonomi menjadi salah satu cabang olimpiade di SMA berikutnya. Ekonomi di olimpiade sendiri ga melulu tentang perhitungan lho. Kamu juga akan menemui beberapa teori yang dipadukan dengan perhitungan khas ekonomi.

Oh iya, untuk mengikuti olimpiade ekonomi juga kamu memerlukan pengetahuan yang cukup luas mengenai situasi perekonomian global, perbankan dunia, bahkan perekonomian dalam skala nasional ya guys.

Hal ini karena seringkali ada beberapa soal di olimpiade ekonomi yang membicarakan mengenai situasi terbaru dari perekonomian dunia. So, jangan lupa selalu update dengan berita terbaru teman-teman!

8. Geografi

Ga jauh berbeda dari rumpun ilmu sosial, geografi menjadi salah satu cabang olimpiade di SMA berikutnya guys. Oh iya, jangan sampai kebalik dengan cabang olimpiade kebumian ya guys. Sekilas sih memang mirip, tetapi aslinya cukup berbeda lho.

Kalau olimpiade geografi sendiri lebih berfokus mempelajari ilmu bumi dan juga pengaruhnya terhadap keadaan sosial. Sedangkan kebumian lebih mempelajari mengenai ilmu bumi dengan astronomi.

Di olimpiade geografi sendiri kamu akan bertemu berbagai materi seperti iklim, perubahan iklim, geografi dan kependudukan, geografi budaya, permasalahan pangan, sampai manajemen sumber daya. Intinya, geografi di sini engga semata-mata mempelajari ilmu bumi aja melainkan juga materi berkaitan lingkungan sosial.

9. Informatika

cabang olimpiade di sma

Cabang olimpiade di SMA yang terakhir yaitu informatika. Mungkin cabang satu ini masih terdengar asing karena di SMP sendiri tidak ada, tetapi informatika mungkin menjadi salah satu cabang yang kamu minati guys.

Olimpiade satu ini menguji kemampuan setiap pelajar dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan logika dan pemrograman. Penulis sendiri berpendapat kalau cabang satu ini memiliki kedekatan khusus dengan matematika guys.

Mulai dari aritmatika, Bilangan Fibonacci, konsep matematis rekursi, operasi himpunan, bilangan bulat, operasi modular dasar, dan masih banyak lagi nih guys.

Itu dia keseluruhan cabang olimpiade di SMA yang mungkin menarik perhatianmu. Penulis sendiri pernah mengikuti lomba olimpiade SMA di tingkat Kabupaten/Kota. Ternyata emang ga semudah yang kita bayangkan guys.

So, kalau kamu benar-benar ingin menjadi juara sampai tingkat nasional atau bahkan internasional maka kamu wajib banget belajar mulai dari sekarang guys. Supaya ke depannya kamu bisa lebih siap dalam menghadapi berbagai soal. Semangat teman-teman semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ide Dekorasi Kelas Tema Wayang dan Tips Dekorasinya

Ide Dekorasi Kelas |¬†Pernah kepikiran tentang dekorasi kelas tema wayang? Dekorasi kelas a…