Susah Belajar? Kamu Harus Coba Cara Belajar Berdasarkan 4 Tipe Karakter ini Gengs!

Secara umum terdapat cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter manusia guys! Ada manusia dengan tipe karakter sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. Masing-masing karakter menunjukkan perbedaan yang signifikan, dalam segi karakter dan kepribadian.

Perbedaan karakter ini menyebabkan setiap manusia memiliki cara tersendiri untuk melakukan sesuatu. Dalam memandang suatu hal saja setiap manusia sudah memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda-beda. Apalagi dalam melakukan suatu hal seperti belajar.

Karena itu kamu tidak bisa belajar menggunakan cara belajar temanmmu, karena bisa saja cara belajar kamu dengan teman kamu berbeda. Mungkin hal ini menjadi penyebab belajar kamu menjadi kurang maksimal. Kamu harus mengetahui tipe karakter yang kamu miliki dan cobalah untuk mengikuti gaya belajar yang disarankan.

Cara Belajar Berdasarkan 4 Tipe Karakter

1. Karakter Sanguinis

faceless diverse schoolchildren typing on laptop while studying on street
Photo by Mary Taylor on Pexels.com

Cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter yang pertama ialah sanguinis. Sanguinis adalah seseorang yang mudah bergaul atau supel. Cenderung orang dengan karakter sanguinis merupakan orang dengan kepribadian ekstorvert.

Jika kamu suka menjadi pusat perhatian serta pandai berkomunikasi dengan orang lain, bisa jadi kamu merupakan anak dengan tipe karakter sanguinis. Namun tipe karakter sanguinis bisa menjadi emosional, sensitif, dan kurang tertata.

Tipe karakter sanguinis lebih senang jika belajar bersama teman-teman, karena mereka menyukai bersosial dan berkomunikasi. Sehingga jika kamu tipe anak dengan karakter sanguinis, manfaatkanlah belajar kelompok atau kamu juga bisa bergabung dengan komunitas.

Selain itu orang dengan karakter sanguinis memiliki otak yang kreatif. Mereka memiliki banyak ide dan dapat dengan mudah menyampaikan ide mereka. Sehingga kamu dapat belajar dengan menerapkan ide-ide yang kamu miliki agar kamu tidak merasa bosan.

Baca Juga:  Ruangles Online Solusi untuk Mengerjakan Tugas Sekolah

Akan tetapi, kelemahan tipe sanguinis adalah perhatiannya mudah teralihkan, sehingga kamu harus belajar untuk fokus terhadap apa yang sedang kamu kerjakan untuk mengatasinya.

2. Karakter Melankolis

Cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter
Photo by JESSICA TICOZZELLI on Pexels.com

Cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter yang kedua ialah melankolis. Tipe melankolis memiliki karakter perfeksionis dan detail. Orang dengan karakter ini akan sulit untuk berhubungan dengan orang lain karena sulit untuk percaya terhadap orang lain.

Tipe ini akan selalu menginginkan segala yang ia lakukan dapat memiliki hasil yang sempurna, meski begitu tipe ini bukan tipe kompetitif. Mereka tidak memperdulikan hadiah atau reward dari pekerjaannya, tetapi ia menginginkan pekerjaannya sempurna.

Sehingga jika kamu merupakan anak dengan tipe karakter melankolis, kamu akan kesulitan dalam melakukan belajar kelompok. Belajarlah secara mandiri, hal ini dapat membantu kamu belajar secara maksimal.

Buatlah target-target kecil untuk membantu kamu menata pekerjaan kamu. Karena kamu cenderung akan bekerja secara teliti dan mengharapkan hasil yang sempurna kamu bisa saja menjadi lupa waktu.

Karena kamu lebih suka dan mampu untuk bekerja secara mandiri, persiapkanlah segala sesuatu dengan baik. Seperti materi, informasi mengenai tugas-tugas dan hal lain. Selain itu, kamu tak perlu takut atau malu untuk bertanya kepada guru atau bahkan ahlinya.

3. Karakter Koleris

Cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter
Photo by Breakingpic on Pexels.com

Berikutnya ada tipe kepribadian koleris. Tipe karakter koleris memiliki rasa percaya diri yang cukup baik. Mereka juga bekerja secara cerdas dan mandiri. Orang dengan tipe kepribadian koleris cenderung memiliki keinginan atau tujuan besar dan akan sangat fokus pada tujuan tersebut.

Sehingga orang dengan tipe koleris merupakan orang yang konsisten dengan pekerjaan yang dimiliknya namun juga keras kepala jika diberi masukan mengenai pekerjaannya. Jika kamu merupakan anak dengan tipe karakter koleris maka kamu bisa belajar dengan cara memasang target belajar yang akan kamu capai selama satu semester.

Baca Juga:  7 Kegiatan Produktif Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Dengan memiliki tujuan yang jelas kamu akan termotivasi untuk terus belajar agar dapat mencapai tujuan yang sudah kamu buat tersebut. Kamu harus banyak berbicara dengan orang tua atau keluargamu, agar pikiran yang kamu miliki dapat lebih terbuka.

Jika kamu memiliki pikiran yang terbuka kamu dapat melihat segala sesuatu dengan lebih luas dan kamu memiliki pemikiran yang fleksibel. Memiliki pemikiran fleksibel dapat membantu kamu mencapai tujuan belajar kamu, kamu tidak hanya terfokus pada satu jalan namun kamu bisa mencoba berbagai jalan lainnya.

4. Karakter Plegmatis

teacher asking a question to the class
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Terakhir, dari cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter ada kepribadian plegmatis. Tipe kepribadian plegmatis cenderung berkarakter tenang. Mereka menyukai keadaan damai dan terhindari segala konflik, sehingga orang dengan karakter plegmatis tidak memiliki ambisi.

Tipe karakter plegmatis merupakan karakter yang senang memperhatikan lingkungan sekitar serta hubungan antar manusia. Mereka merupakan orang yang penuh perhatian terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.

Jika kamu merupakan anak dengan tipe kepribadian plegmatis maka kamu merupakan tipe pendengar yang baik. Gunakan kemampuan ini untuk berusaha mendengarkan penjelasan guru di sekolah.

Kamu juga bisa meminta tolong kepada teman kamu untuk membantu menjelaskan pelajaran jika kamu merasa kurang faham terhadap penjelasan guru kamu. Biasanya penjelasan dari teman sendiri akan lebih mudah untuk dimengerti.

Akan tetapi, kelemahan yang dimiliki orang dengan tipe plegmatis adalah takut salah dan suka menunda pekerjaan. Untuk mengatasinya kamu harus belajar berani untuk berbicara dan bertanya tanpa takut salah. Lakukanlah di lingkup kecil terlebih dahulu seperti saat belajar kelompok.

Nah, itu tadi cara belajar berdasarkan 4 tipe karakter yang bisa kamu pelajari untuk mempermudah proses belajarmu gengs. Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing sehingga cara belajar mereka juga tidak dapat disamakan.

Baca Juga:  6 Tips Semangat Walau Tugas Numpuk! Yuk, Cobain Mulai Sekarang!

Setelah kamu mengetahui kepribadian kamu, kamu dapat mengikuti cara belajar yang disarankan berdasarkan tipe karakter kamu, agar hasil belajar kamu dapat lebih maksimal.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi kepada orang terdekat atau ahli untuk mengetahui tipe karakter dengan lebih rinci dan pasti. So, jangan lupa semangat belajar untuk kamu seorang pelajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…