Cara Belajar yang Tepat dan Efektif

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Tahukah kamu jika otak berpotensi untuk menghafalkan informasi sebesar 2.5 Pentabyte atau setara dengan 30 juta jam kamu memutar video Youtube. Namun agar potensi otak dapat kamu gunakan secara efektif, ada beberapa tips belajar tepat dan efektif yang bisa kamu terapkan.

Cek ulasan di bawah ini yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan belajarmu.

Belajar yang Tepat dan Efektif

1. Spaced Repetition atau Pengulangan Berkala

Untuk belajar yang maksimal, kamu bisa menerapkan pola belajar sebentar namun sering. Pakar neurosaintis membuktikan bahwa sinapsis atau titik temu antara terminal salah satu neuron dengan neuron yang lain akan membuat kamu mengingat dan memahami banyak hal. Cobalah untuk belajar 15 menit setiap hari dalam seminggu. Cara belajar ini menunjukkan kemajuan yang siginifikan

2. Temukan Gaya Belajar Kamu Sendiri

Kamu pasti punya cara belajar dengan gaya kamu sendiri yang mungkin berbeda dengan orang lain. Ada yang cepat menangkap pelajaran dengan menonton video, namun ada juga yang lebih mudah dengan belajar bersama dengan teman, atau bahkan lebih senang belajar di tempat yang sepi dan menyendiri. Kamu termasuk tipe yang mana, yang penting kamu nyaman.

Baca Juga:  Bimbel Online Terbaik di Indonesia

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan hal yang penting dalam menyimpan informasi di dalam otak. Orang dengan istirahat yang cukup pada malam harinya dapat mengingat bahan pelajaran sebesar 35% lebih baik daripada yang belajar pada pagi hari tanpa tidur pada malam harinya. Jadi jangan dibiasakan begadang ya, cukupkan istirahat agar otak bisa menyimpan materi dengan baik.

4. Fokus

Masih suka menunda belajar karena terlalu asyik dengan gadget. Stop kebiasan seperti ini cobalah untuk menemukan titip fokus kamu. Simpan atau silent gadget kamu yang mungkin akan mengganggu konsentrasimu saat belajar. Atau bisa juga mencoba belajar di perpustakaan dengan suasananya yang kondusif dan cenderung sunyi.

5. Terapkan Teknik Podomoro

Apa itu teknik podomoro? Teknik ini mengajarkan kamu untuk belajar dengan cara sebagai berikut:

  1. Atur timer selama 25 menit untuk kamu belajar.
  2. Jika timer sudah berbunyi maka gunakan 5 menit untuk break dan istirahat agar pikiran lebih rileks dan tenang
  3. Set kembali timer selama 25 menit dan belajarlah kembali
  4. Ulangi langkah tersebut

6. Selesaikan Hal yang Sulit Terlebih Dahulu

Usahakan setiap hari untuk menyelesaikan hal yang sulit terlebih dahulu. Ketika kamu sudah selesai mengerjakan hal yang sulit maka perasaanmu akan menjadi lebih baik dan percaya diri sepanjang hari. Selain itu juga kamu termotivasi untuk bisa menyelesaikan hal lain yang relatif lebih mudah. Kamu pun akan merasa ringan sepanjang hari

7. Olahraga, Meditasi, dan Bersosialisasi

Ada beberapa aktivitas yang telah terbukti dapat mengembangkan kemampuan otak, contohnya olahraga, meditasi rutin atau bisa juga dengan berkonsultasi dengan teman-teman kamu. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk bisa merangsang pembentukan neuron-neuron baru di dalam otak agar bisa menyegarkan dan memulihkan memori.

Baca Juga:  Fakta Unik dan Prestasi Akademik dari Maudy Ayunda

*Meditasi atau disebut juga semadi, adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. (sumber: wikipedia.org)

8. Belajar di Lingkungan yang Kaya Visual

Tahukah kamu jika kamu bisa menghafal dengan jauh lebih cepat dan efektif jika dilakukan di lingkungan yang kaya akan keragaman secara visual. Dengan mencoba teknik belajar yang berpindah tempat atau mencari suasana baru bisa membuat kemampuan mengingat kamu meningkat 40% dibandingan jika hanya berdiam di satu tempat yang sama.

9. Belajar dengan Menyenangkan Namun Serius

Dengan kamu menerapkan pembelajaran yang santai atau menyenangkan maka kamu bisa mempercepat tingkat pemahaman dan mengingat akan suatu hal atau materi yang dipelajari. Oleh sebab itu, energi positif akan sangat berpengaruh pada proses belajar yang kamu lakukan.

10. Belajar dengan Interval

Agar kamu bisa mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lama, ulangi belajarmu dengan berkala atau berinterval rutin. Contohnya ketika kamu akan menghafalkan sebuah kosa kata di dalam sebuah kamus. Cara belajar yang peling efektif adalah dengan mereview kata-kata tersebut dalam 1 atau 2 hari kedepan setelah kamu menghafal kata tersebut untuk pertama kali.

Setelah mengulang selama 2 hari lalu ulangi kembali satu minggu selanjutnya, dan satu bulan setelahnya. Dengan pola belajar ini akan jauh lebih efektif dibandingan dengan mengulang materi setiap harinya. Tentu saja cara ini tergantung pada kebutuhan bejalarmu tentang materi tersebut dan waktu menuju hari ujian kamu.

11. 30% Membaca, 70% Mengulangnya

Jika kamu mempunyai waktu sekitar 1 jam untuk mempersiapkan presentasi atau pidato, maka gunakan 20 menit untuk membaca dan mempelajari materi yang akan kamu sampaikan. Kemudian gunakan 40 menit untuk mempraktekkan. Jadi gunakan sekitar 2/3 waktu yang tersedia untuk mengulang dan mempraktekkannya. Sisa 1/3 dari waktu digunakan untuk memahami materi.

Baca Juga:  Waktu Efektif Belajar dengan Video

12. Lakukan Tes Diri

Setelah kamu selesai belajar dengan materi-materi yang ada, usahakan untuk melakukan tes pada dirimu sendiri secara cepat dari materi yang telah kamu pelajari sebelumnya. Bukan berupa tes yang susah dan lama, tapi buatlah tes yang cepat atau instant test yang bisa mewakili materi yang telah kamu pelajari.

13. Jangan Memaksakan Diri

Ketika mood kamu sedang turun untuk melakukan aktivitas belajar, lakukan sesuatu yang dapat mengembalikan mood kamu. Jangan terlalu biarkan mood kamu jelek saat akan memulai belajar, agar kamu dengan senang hati tanpa ada paksaan dari orang lain ataupun hal lainnya.

Beberapa cara belajar yang efektif bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan kamu sehari-hari. Pilihlah mana yang cocok atau tepat dengan kondisi kamu. Tidak semua cara cocok buat tiap orang karena pasti mempunyai cara dan teknik masing-masing. Yang penting buatlah belajar kamu senyaman mungkin agar hati dan pikiran juga ikut senang dalam menerima materi yang kamu pelajari. Selamat belajar. 🙂

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Fitur Ruangguru Daily Challenge, Dapat Pulsa Gratis!

Fitur ini keren banget buat kamu yang suka dengan tantangan, daily challenge berisi soal l…