Categories: Belajar OnlineTips

Cara Cepat Menghafal Pelajaran dalam Waktu Singkat!

Share

Gimana sih cara cepat menghafal pelajaran biar cepat masuk ke otak? Bagi kamu yang anak sekolahan, ini bakalan bermanfaat banget, karena banyak mata pelajaran yang membutuhkan hafalan. Tapi jarang yang tau nih tentang tips dan trik cara menghafal efektif dengan cepat, yuk simak pembahasan ini ya.

Cara Cepat Menghafal Pelajaran

1. Menulis ulang

Photo by Thirdman on Pexels.com

Cara ini mungkin agak sedikit melelahkan bagi kamu yang males nulis karena PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) keseringan ngetik. Tapi sebenarnya cara ini cukup ampuh bagi kamu yang sering kesulitan dengan teknik menghafal biasa (membaca), karena seringkali kalau kita lihat buku bawaannya malas mulu yah.

Teknik ini menurutku cukup efektif buat ngafalin bentuk-bentuk aksara jawa, hanzi mandarin, dll. Karena menghafal bentuk-bentuk kayak gitu tuh paling gak bisa banget kalau disuruh baca terus langsung hafal. Teknik ini juga bisa kamu gunakan pas mapel lain kok!

Kamu bisa pakai buku kecil atau notes, alhasil apa yang kamu tulis itu masuk ke otak deh! (Soalnya aku pernah gaes, ngafalin aksara jawa dalam semalam dan aku pakai cara ini, dan nilanya bagus dong, haha )

2. Menggaris bawahi!

Photo by Armin Rimoldi on Pexels.com

Bagi kamu yang gak terlalu suka nulis dikarenakan tulisanmu buriq, kamu bisa pakai cara ini. Kamu cukup siapin aja penggaris sama bolpoin, tapi kalau kamu punya stabillo itu lebih bagus karena lebih mudah dan lebih rapi sih.

Capcus deh, tinggal garis bawahin yang menurut kamu penting! Kamu juga bisa menggaris bawahi sambil dengerin guru ngenjelasin materi, karena biasanya guru akan memberikan soal ulangan berdasarkan apa yang sudah dijelasin sebelumnya.

3. Dengerin penjelasan guru!

Photo by Arthur Krijgsman on Pexels.com

Cara ini agak sulit karena pada saat PJJ kayak gini biasanya sinyal saat vicon kurang mendukung, jadi suaranya putus-putus, dan pada akhirnya gak bisa dengerin penjelasan guru.

Tapi kalau kamu sudah masuk seperti biasa, seharusnya cara ini cukup ampuh ya kalau kamu terapkan, karena aku juga sering dengerin penjelasan guru sambil corat-coret di buku apa aja tambahan dari penjelasan guru yang mungkin gak ada di buku, dan eng ing eng!

Nilai aku pun selalu bagus di kelas, tapi kamu juga bisa loh download aplikasi belajar yang ada penjelasan materinya atau dalam bentuk video pembelajaran, biar bisa kalian catet, atau kalau bisa sih di screenshot yah kalau ada penjelasan di layar.

4. Membuat singkatan unik!

Photo by Gabby K on Pexels.com

Nah, bagi kamu yang sukanya buat meme, pasti sering dong melesetin kata-kata jadi lucu? Cara ini juga kalian bisa terapkan dalam belajar, karena ini juga terbukti efektif agar otak tuh gak kesel atau capek dalam mengingat suatu kata, otak kamu bakalan have fun terus deh kalo lagi belajar.

Kamu bisa buat singkatan dari kata-kata yang kamu anggap susah untuk dihafalin. Contohnya, Si Al dalam pelajaran geografi, ini artinya adalah : Silisium alumunium, ada satu lagi nih, namanya Si Ma, artinya : Silisium Magnesium. Selain itu, ada banyak lagi yang bisa kamu buat singkatan atau plesetan supaya kata katanya mudah dihafal.

5. Membuat rangkuman

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Cara ini beda ya sama cara yang pertama, kenapa? Cara yang pertama lebih untuk menghafalkan suatu bentuk tulisan, sedangkan cara ini digunakan buat mata pelajaran yang banyak banget mengandung tulisan seperti, Sosiologi, Biologi, PPKn, dll. Biasanya tulisan di buku itu sulit dipahami dan bikin pusing saking rengketnya (gak ada jarak antar paragraf) dengan cara ini, kamu bisa membuat tulisan yang ruwet jadi mudah dipahami.

Kamu bisa mengelompokkan tulisan yang ber bab-bab itu menjadi beberapa sub bab dan menulis ulang hal-hal yang perlu aja, jangan semua, samjubong kalau gitu mah, dalam merangkum bukan berarti kamu menghilangkan sebagian kata-kata, tapi pengertian ngerangkum adalah supaya tulisan itu menjadi lebih ringkas.

Nah, gimana nih? Udah pada dicoba belum nih? Teknik menghafal setiap orang memang berbeda, ada yang pintar Matematika tapi gak pintar hafalan, ada juga yang gak bisa semua.

Oya, jangan sepelekan pelajaran menghafal ya guys! Soalnya bakalan berguna di masa depan.

This post was last modified on Februari 9, 2021 7:21 am

Angelina Chintya

I'm Just An ordinary girl that have a big dream

Leave a Comment
Published by
Angelina Chintya

Recent Posts

Pelangi Bisa Muncul di Malam Hari

Fakta Sains tentang Pelangi ⎮ Pelangi adalah suatu busur yang berwarna - warni dan sangat… Read More

Desember 2, 2023

Sepanjang Tahun Turun Hujan di Tempat Ini!

Fakta Sains Tentang Hujan| merupakan salah satu jenis musim di Indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis,… Read More

Desember 1, 2023

Mengapa Telapak Tangan Berkeringat? Ini Penyebabnya!

Mengapa Telapak Tangan Bisa Berkeringat?|Tangan berkeringat bisa terjadi karena masalah yang wajar dan juga tidak… Read More

November 30, 2023

Tryout UTBK SNBT 2024 Ruangguru, untuk Para Siswa Menghadapi Ujian PTN

Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 mungkin masih lama. Namun, bukan berarti kamu bisa bersantai tanpa ada persiapan… Read More

November 29, 2023

Jantung Bisa Berdenyut, Meskipun Berpisah dari Tubuh

Fakta SainsTentang Otot Jantung|Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Jantung berfungsi sebagai… Read More

November 29, 2023

Sering Cegukan? Hati-Hati Bisa Kena Operasi!

Cegukan atau hiccups adalah kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang terjadi secara tak sengaja. Dalam istilah… Read More

November 28, 2023