10 Cara Lolos Seleksi Program Beasiswa Yang Harus Kamu Ketahui

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan baik di dunia sekolah maupun sudah masuk ke dunia perguruan tinggi, mendapatkan beasiswa pendidikan merupakan impian yang sangat kamu dambakan.

Akan tetapi, untuk mendapatkan beasiswa tersebut kamu perlu berusaha ekstra untuk mengikuti serangkaian tahapan demi tahapan sebelum akhirnya kamu dinyatakan lolos dan mendapatkan program beasiswa yang kamu impikan.

Akhir-akhir ini begitu banyak program beasiswa yang beredar di media sekolah maupun media internet. Dan sekarang begitu banyak sekali para siswa atau mahasiswa yang sedang berburu beasiswa agar bisa sedikit meringankan beban orang tua mereka.

Tapi kamu jangan takut kehabisan beasiswa tersebut. Berikut adalah informasi mengenai 10 cara untuk lolos seleksi beasiswa yang mungkin bisa kamu terapkan. Yuk simak baik-baik!

10 Cara Lolos Seleksi Program Beasiswa

1. Cari informasi lengkap seputar kampus

Perlu kamu ketahui informasi yang sangat lengkap seputar dunia kampus yang sedang kamu tuju, agar pihak dari kampus yakin dan percaya bahwa kamu memang benar-benar serius menginginkan beasiswa tersebut. Banyak banyak mencari informasi seputar kampus dari berbagai media yang tersedia.

Sehingga ketika kamu sedang dalam tahapan interview, kamu telah paham akan seputar kampus jika terdapat pewawancara yang menanyakan alasan mengapa kamu memilih kampus yang kamu tuju.

2. Pilih universitas dan beasiswa yang tepat

Masing-masing universitas atau setiap jenis program beasiswa pastinya memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Agar kamu bisa lolos, pilihlah universitas atau program beasiswa yang memiliki persyaratan dengan kriteria yang kamu miliki.

Atau bisa juga kamu memilih jurusan di universitas yang setidaknya kamu minat dengan jurusan itu. Sebab, jika kamu minat terhadap bidang yang kamu pilih, kamu akan serius dalam mendalami segala materi yang diberikan pada kampus tersebut

Baca Juga:  Masalah yang Akan Kamu Hadapi Saat Mengerjakan Skripsi!

3. Sering mengecek website universitas

Informasi seputar program beasiswa biasanya terpampang jelas di laman website resmi dari kampus yang mengadakan program beasiswa. Persyaratan yang dibutuhkan dari program beasiswa tersebut juga bisa saja berubah secara mendadak atau sewaktu-waktu.

Maka, kamu harus rutin untuk mengecek website kampus setidaknya sekali dalam sehari agar kamu tetap mendapatkan informasi yang lebih up to date.

4. Tingkatkan prestasi akademik

Prestasi dalam bidang akademik biasanya menjadi persyaratan tambahan yang sangat diperhitungkan bagi penyedia program beasiswa. Nah, bagi kamu yang ingin lolos di program beasiswa yang memiliki persyaratan tersebut, kamu tentu harus memiliki prestasi akademik yang diatas rata-rata.

Sehingga kamu dapat memenuhi persyaratan tersebut dengan senyuman yang lebar. Terus tingkatkan metode belajar kamu agar prestasi akademik kamu meningkat dan berkembang agar peluang lolos untuk program beasiswa yang diikuti semakin besar

5. Apply lebih cepat

Jangan sekali-kali menunda-nunda kesempatan yang ada. Jangan sampai setelah kamu memilih program beasiswa yang sesuai dengan kriteria kamu, kamu malah menunda-nunda dalam hal mengirimkan berkas beasiswa karena deadline yang masih lama.

Pengiriman berkas beasiswa lebih cepat akan menunjukkan bahwa kamu serius dalam melamar beasiswa tersebut dan merupakan salah satu nilai plus untuk lolos seleksi beasiswanya.

6. Memiliki pengalaman berorganisasi

Selain kamu memiliki prestasi akademik yang diatas rata-rata, terkadang ada persyaratan program beasiswa yang diharuskan memiliki pengalaman berorganisasi. Pihak penyelenggara program beasiswa pasti akan mempertimbangkan orang yang memiliki pengalaman berorganisasi.

Jika kamu masih belum memiliki pengalaman dalam berorganisasi, segeralah ikut dalam organisasi baik di dalam sekolah, kampus, maupun di dalam organisasi kemasyarakatan yang ada di sekitar kamu.

Baca Juga:  Inilah Mata Kuliah Ilmu Gizi yang Akan Kamu Pelajari di IPB

7. Buat motivation letter yang menarik

Terdapat syarat yang sangat penting untuk menjadi salah satu penerima program beasiswa adalah menuliskan motivation letter. Dimana kamu dituntut untuk menulis tentang diri kamu dan alasan bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Jangan lupa untuk membuat motivation letter yang jelas dengan bahasa yang menarik sehingga dapat menarik perhatian banyak orang dan tidak membuat sang pembaca merasa bosan.

8. Melengkapi seluruh persyaratan

Semua berkas untuk persyaratan beasiswa memang terkadang cukup banyak dan rumit. Hal ini tentu membuat kamu harus benar-benar teliti ketika sedang menyiapkan seluruh persyaratan tersebut. Jangan sampai ada satu berkas yang terlewat atau terlupakan dalam melengkapi persyaratan program beasiswa dan bisa juga mengurangi penilaian kamu di mata penyedia program beasiswa.

9. Pilih beasiswa dengan pesaing sedikit

Mungkin ini terlintas dalam pikiran kamu untuk mencari program beasiswa dengan pesaing yang sedikit peminatnya. Dengan begitu kamu memiliki peluang untuk mendapatkan program beasiswa tersebut semakin besar dibanding dengan beasiswa yang memiliki banyak pesaing di dalamnya.

Untuk itu kamu harus mempertimbangkan setiap program beasiswa yang ada di dalam media-media yang telah kamu cari dan selalu membaca persyaratan yang bisa menjadi patokan banyak sedikitnya pesaing dalam program beasiswa tersebut.

10. Persiapkan diri untuk interview

Salah satu hal yang sangat terpenting dalam proses seleksi beasiswa adalah interview atau wawancara. Kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin dari jauh-jauh hari agar bisa menjawab segala pertanyaan interview dengan jawaban yang semaksimal mungkin dan menarik perhatian para penyelenggara program beasiswa.

Rajinlah mencari informasi seputar hal-hal yang mungkin ditanyakan oleh sang pewawancara kepada kamu saat proses interview atau wawancara. Kamu bisa berlatih dengan cermin atau meminta bantuan teman kamu agar meningkatkan rasa kepercayaan diri dan tidak gugup pada saat proses interview.

Begitulah 10 cara lolos dalam proses seleksi program beasiswa yang harus kamu ketahui dan mungkin bisa kamu terapkan dalam proses persiapan menjelang hari H agar proses seleksi beasiswa berjalan dengan lancar, serta kamu lolos dengan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga:  5 Skill Dasar Ini Wajib Dikuasai Mahasiswa yang Jadi Anak Kost

Kamu pasti bisa mendapatkan program beasiswa tersebut dengan hasil dari jerih payah kamu. Jangan pernah cepat menyerah. Jalan hidup kamu masih panjang, Terus belajar demi masa depan kamu yang cerah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…