Simak Yuk 4 Cara Membuat Pembatas Buku Cantik dengan Mudah dan Cepat

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bagi sebagian orang. Kebiasaan ini sendiri mengundang sejuta manfaat yang sangat berguna bagi jangka panjang guys. Namun, salah satu hal yang seringkali mengganggu ketika sedang asyik membaca buku ialah kehilangan pembatas buku. 

Eits, jangan salah, hal ini bisa jadi sangat mengganggu apalagi di waktu-waktu tertentu lho guys. Sebagai seorang yang gemar membaca, penulis juga acap kali kesal apabila harus kehilangan pembatas buku di saat mengantuk berat atau sedang terburu-buru untuk melakukan kegiatan lain. 

Oleh karena itu, di artikel kali ini, penulis hendak membagikan informasi mengenai cara membuat pembatas buku menarik dan cantik dengan mudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bookmarks yang seringkali dibandrol harga yang cukup mahal, melainkan dapat memanfaatkan berbagai barang di sekitarmu guys. So, langsung simak ulasannya di bawah ini!

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

cara membuat pembatas buku
Image by Mahesh Patel from Pixabay

1. Kertas

Sebelum masuk ke berbagai cara membuat pembatas buku yang cantik dan menarik, maka hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menyiapkan berbagai bahan-bahan. Nah, bahan pertama yang super penting dan harus ada dalam membuat pembatas buku adalah kertas guys. 

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis kertas nih. Mulai dari kertas bufalo, kertas cokelat, hingga kertas koran. Namun, penulis sarankan untuk menggunakan kertas berbahan tebal sebagai alas ya, misalnya seperti karton. Kemudian kamu bisa menggunakan kertas berbahan ringan sebagai hiasan yang menarik. 

2. Solasi Aesthetic

Next, ga kalah penting dari kertas, penulis menyarankanmu untuk menggunakan berbagai solasi dalam membuat pembatas buku yang menarik. Solasi aesthetic ini dapat dengan mudah kamu jumpai di toko alat tulis, hingga e-commerce guys. 

Baca Juga:  Tata Tertib dan Panduan UNBK 2019

Oh iya, solasi aesthetic sendiri tidak hanya dapat kamu manfaatkan dalam membuat pembatas buku cantik guys, melainkan juga sebagai hiasan di jurnal harian maupun catatan belajarmu. Dijamin deh, kamu akan semakin semangat dalam belajar!

3. Pita Beraneka Warna

Eits, jangan sampai ketinggalan nih guys! Selain beberapa bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan pita beraneka warna sebagai salah satu bahan menarik dalam membuat pembatas buku. 

Pita beraneka warna ini bisa kamu gunakan sebagai hiasan di bagian atas, umumnya kamu harus menggunakan pembolong untuk memasukkan pita. Alhasil pita bisa menjadi salah satu pegangan dalam pembatas bukumu guys. 

4. Stiker Menarik

Bahan berikutnya yang perlu disiapkan sebelum membuat pembatas buku yang cantik ialah stiker. Kamu bisa menggunakan berbagai stiker bergambar yang dengan mudah dijumpai di berbagai e-commerce maupun mencari dan print secara pribadi guys. 

Dijamin deh, stiker-stiker ini akan sangat menarik untuk digunakan sebagai hiasan dalam pembatas buku milikmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan foto polaroid sebagai hiasan untuk pembatas bukumu guys. 

5. Alat-alat

Last but not least, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai alat yang digunakan dalam membuat pembatas buku guys. Mulai dari lem kertas, gunting, solasi bening, pembolong kertas, dan alat lain yang sekiranya diperlukan. 

Oh iya, apabila dirasa bahan-bahan yang kamu gunakan agak berat (pita atau benda yang timbul), maka penulis sarankan untuk menggunakan lem tembak alih-alih lem kertas. Berhubung lem kertas dirasa kurang kuat apabila kamu hendak menggunakan benda-benda berat di pembatas buku milikmu. 

Cara Membuat Pembatas Buku dengan Mudah

Image by Markus Winkler from Pixabay

Yap, setelah menyiapkan berbagai bahan di atas, maka tiba saatnya untuk penulis memberikanmu informasi mengenai cara membuat pembatas buku dengan mudah sekaligus cantik. Di bawah ini tersedia beberapa cara yang bisa menjadi inspirasimu berdasarkan berbagai bahan yang telah kamu siapkan di atas guys. Kepoin yuk!

1. Cara Membuat Pembatas Buku dari Origami

Hal pertama yang kamu butuhkan untuk membuat pembatas buku dari origami, tentu adalah kertas origami. Kamu bisa menggunakan kertas origami berukuran kecil, sedang, atau besar guys. 

Baca Juga:  Tips Berprestasi Sejak Dini, Dijamin Bikin Bangga Orang Tua!

Caranya, pertama kamu siapkan selembar kertas berukuran 6×6 dengan warna apapun. Kemudian, lipat bagian bawah kertas sehingga membentuk segitiga. Selanjutnya, lipat bagian sudut kanan dan kiri kertas ke tengah. 

Setelahnya, buka lipatan kertas kertas hingga membentuk segitiga kembali, dilanjutkan dengan menutup bagian tengah kertas ke bawah. Terakhir, selipkan sudut kiri dan kanan kertas ke bagian tengah. Taraa! Pembatas bukumu sudah jadi dengan waktu kurang dari 10 menit aja guys!

2. Cara Membuat Pembatas Buku Aesthetic

Next, cara kedua ialah membuat pembatas buku aesthetic dengan memanfaatkan beberapa bahan seperti kertas karton, solasi aesthetic, stiker, dan juga kertas cokelat. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah memotong kertas karton sesuai ukuran yang kamu inginkan sebagai pembatas.

Umumnya penulis menggunakan ukuran panjang 12cm dan lebar 5cm, tetapi kamu juga bisa perkecil menjadi ukuran 10×3 atau 6×6 guys. Kemudian, gunakan kertas cokelat untuk melapisi permukaan kertas karton. Pastikan seluruh permukaan tertutup dengan kertas cokelat ya guys. 

Nah, sekarang saatnya menghias! Kamu bisa padukan solasi aesthetic di bagian pinggir kertas karton, kemudian gunakan stiker yang lucu-lucu, hingga huruf lettering sebagai hiasan utama di bagian tengah pembatas buku. 

3. Cara Membuat Pembatas Buku Bertema Floral

Berikutnya, ada pembatas buku bertema floral nih guys. Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, yakni kertas karton, kemudian pita, gambar print bertema floral, dan juga stiker lucu-lucu. 

Langkah pertama, seperti biasa gunting kertas karton sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan bentuk pembatas buku yang kamu inginkan guys. Setelah itu, tempel permukaan kertas karton dengan gambar print bertema floral. Pastikan seluruh permukaan telah tertutup gambar floral tersebut ya. 

Kemudian kamu bisa gunakan pembolong kertas untuk melubangi bagian tengah atas pembatas buku. Masukkan pita berukuran kira-kira 6-10 cm, selanjutnya ikat pita dengan cantik. Terakhir, tempel berbagai stiker lucu dan unik bertema floral milikmu!

Baca Juga:  Lelah Kuliah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Oh iya, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara yang lebih sederhana lho guys. Misalnya, ketika kamu menemukan daun yang unik atau memiliki warna lucu, maka kamu bisa melaminating daun tersebut untuk kamu simpan dan jadikan pembatas buku bertema floral milikmu. 

4. Cara Membuat Pembatas Buku dengan 3 Bahan Saja

Yap, ga kalah menarik dengan berbagai cara membuat pembatas buku di atas, berikutnya penulis juga akan memberikan inspirasi terkait pembatas buku dengan menggunakan 3 bahan saja. 

Kali ini, kamu tidak harus menggunakan kertas karton guys. Kamu bisa menggunakan kertas HVS atau Bufallo, dengan catatan apabila kamu menggunakan kertas HVS maka pastikan menggunakan 2 layer ya. 

Selanjutnya, gunting kertas sesuai ukuran yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa hias menggunakan berbagai bahan yang dimiliki. Terakhir, untuk mempercantik, maka jangan lupa lubangi bagian tengah atas pembatas buku untuk pita, serta  laminating pembatas buku untuk hasil terbaik guys. Gimana mudah kan?

Di luar berbagai cara membuat pembatas buku di atas, sebetulnya masih ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan guys. Hanya saja memerlukan lebih banyak bahan atau sedikit membutuhkan keuletan dalam pembuatannya. 

Misalnya, kamu bisa membuat pembatas buku dari resin yang didinginkan. Ketika mencair kamu bisa isi dengan berbagai jenis bunga-bunga cantik atau bahkan foto seseorang. Di luar itu, kamu juga bisa menggunakan benang rajut sebagai bahan pembuatan pembatas dan juga cat air di media kanvas mini sebagai pembatas buku atau bookmarks. 

Nah, di atas ialah cara membuat pembatas buku dengan mudah dan sederhana. Bagaimana guys? Setelah ini kamu tidak perlu lagi repot-repot membeli bookmarks atau mungkin kehilangan bookmarks di saat genting. 

Ga hanya itu, kamu bisa menjadikan tips membuat bookmarks ini menjadi sebuah ide online shop yang menarik banget. So, selamat mencoba dan selamat berkreasi teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Tips Menyusun Skripsi dengan Mudah, Dijamin Lulus Lebih Cepat!

Skripsi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi setiap mahasiswa untuk mencapai ke…