5 Cara Membuat Rangkuman dari Video Youtube dan Zoom, Dijamin Anti Sistem Kebut lagi guys!

Guys, merasa ga sih kalau salah satu perubahan paling besar antara pembelajaran offline dan online adalah perihal catat-mencatat? Biasanya nih, kalau sekolah offline kita terbiasa dengan berbagai tulisan di papan tulis yang penuh banget. Di akhir waktu sebelum pembelajaran selesai, maka kita dipersilahkan menyalin semua catatan tersebut. Berbeda dengan pembelajaran online yang hanya dijelaskan via zoom atau PPT aja guys.

Salah satu teman penulis pernah bertanya, gimana sih cara membuat rangkuman dari video Zoom? Apakah kamu pernah berpikir demikian juga guys? Kalau iya, maka artikel kali ini tepat banget buat kamu. Kali ini penulis mau memberikan beberapa langkah dalam membuat rangkuman dari video nih. Mulai dari video penjelasan via Zoom sampai Youtube juga guys! Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini ya!

Cara Membuat Rangkuman dari Video Zoom

1. Siapkan alat tulis yang lengkap

Hal pertama yang biasa penulis lakukan ialah menyiapkan segala peralatan dengan lengkap guys. Mulai dari buku ajar atau paket, buku tulis catatan, sampai pernak-pernik bolpoin, spidol, dan stabilo nih. Ga lupa, sebelum memulai pelajaran tersebut penulis sempatkan diri ke kamar mandi terlebih dahulu. Supaya nanti di tengah penjelasan, tidak terganggu dengan urusan ‘ke belakang’ hehehe.

Kalau udah, jangan lupa set tempat belajar kamu ya! Mulai dari meja, lampu atau pencahayaan, sampai tempat duduk. Hal ini berpengaruh banget guys untuk kegiatan mencatatmu nanti. Misalnya aja, pencahayaan yang kurang akan membuatmu cepat mengantuk. Bisa juga kursi terlalu pendek, membuat belajarmu sedikit terganggu atau terdistract.

2. Ketahui materi yang hendak dibahas

Cara membuat rangkuman dari video berikutnya ialah mengetahui materi yang hendak dibahas. Apabila pembelajaran hari itu ialah melanjutkan materi penjelasan kemarin, maka sebelum memulai pelajaran kamu bisa membaca-baca dulu guys. Fungsinya apa? Tentu kalau ada pertanyaan yang terlintas atau ketidakpahaman kamu bisa bertanya sewaktu penjelasan.

Baca Juga:  Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Selain itu, kamu juga bisa memetakan secara langsung materi yang akan dibahas dalam buku catatan kamu guys. Misalnya, dalam Bab Teks Resensi. Apabila kamu telah mengetahui materinya, maka dengan mudah kamu catat bahwa materi teks resensi dibagi menjadi struktur, unsur kebahasaan, penggunaan, dan contoh teksnya. Setelah itu kamu tinggal mencatat penjelasan guru via zoom sebagai notes atau catatan tambahan aja deh.

3. 5W + 1H

Gimana kalau misalnya kamu engga tahu materi apa yang hendak dibahas? Maka jangan khawatir guys, kamu kan sudah menyiapkan buku paket di dekatmu. Jadi, jangan ragu untuk bertanya saat sebuah pertanyaan terlintas ketika membuka buku paket. Selain itu, tips yang biasa penulis lakukan ialah menuliskan 5W + 1H ke dalam catatan.

Kamu bisa membuatnya dalam bentuk bagan berisi, apa? Kenapa? Bagaimana? Mengapa? Siapa? Dimana? Artinya, ketika dijelaskan nanti kamu tinggal menjawab masing-masing dari pertanyaan tersebut. Misalnya, materi tentang peristiwa Rengasdengklok.

Di mana kamu bisa langsung menjawab, apa kejadian yang dibahas? Kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi? Bagaimana kronologinya? Dan lain sebagainya sesuai dengan penjelasan gurumu di Zoom. Ga hanya karena lebih simple saja guys, 5W + 1H membuatmu mencatat dengan lebih terarah dan tentunya dipastikan akan keluar di materi ujian.

4. Rangkum bagian penting

Di luar 5W+ 1H, kamu juga bisa mencatat beberapa tips atau pernyataan dari guru ya guys. Hal ini dikarenakan beberapa tipe guru yang mengeluarkan soal plus jawaban sesuai dengan apa yang beliau katakan. Namun, kamu ga harus mencatat pernyataannya secara full kok. Cukup tulis bagian penting atau kata kuncinya aja ya!

5. Salin ulang

Sebenarnya langkah satu ini cukup opsional guys. Namun, biasanya mencatat ketika Zoom dilakukan secara cepat apalagi ketika materi yang dibahas baru, maka penulis anjurkan untuk menyalin ulang. Kenapa? Karena kemungkinan sangat kecil bagimu untuk belajar melalui sebuah catatan yang acak-acakan.

Baca Juga:  Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Biasanya kegiatan belajar dan menghafal akan lebih nyaman dilakukan ketika catatan rapi, berwarna-warni, dan juga ringkas. Kegiatan menyalin ulang ini bisa kamu anggap sebagai aktivitas mengulang materi secara mandiri guys. Lumayan untuk menambah pemahaman kamu!

Cara Membuat Rangkuman dari Video Youtube

Lantas gimana nih cara membuat rangkuman dari video Youtube secara efisien? Eits, penulis juga memiliki tipsnya kok. Buruan ikuti langkah di bawah ini ya guys!

1. Tonton hingga tuntas

Hal pertama yang biasa penulis lakukan ialah menonton sebuah tayangan tersebut hingga tuntas. Umumnya untuk video penjelasan yang berdurasi pendek ya guys, sekitar 10-20 menit aja. Hal ini dikarenakan ketika kamu belajar menggunakan media gambar atau video, otomatis otak akan membentuk sebuah imajinasi.

Nah, imajinasi dalam belajar ini penting banget lho. Menurut guru Sosiologi penulis, belajar yang efisien akan lebih mudah dilakukan jika kamu mengimajinasikannya. Apalagi imajinasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misal seperti, kehidupan di Nigeria. Bagian utara yang lebih kering dan panas, membuat mereka terpaksa melakukan perdagangan daripada pertanian. Berbeda dengan daerah selatan yang lembab dan membuat mereka cukup mudah melakukan pertanian mandiri.

Setelah mengimajinasikannya, maka penulis bisa menyimpulkan bahwa bagian utara akan menjadi lebih terbuka terhadap bangsa asing sebagai salah satu taktik perdangan. Sementara itu, bagian selatan yang mandiri menjadi cukup sulit untuk tunduk pada bangsa asing. Kira-kira seperti itu guys.

2. 5W + 1H

Sama seperti metode pencatatan di video zoom, kamu juga memerlukan 5W + 1H lho guys. Hal ini sangat bermanfaat banget untukmu menulis catatan dengan efisien. Setelah menonton video tersebut secara full, kini saatnya kamu menuliskannya dengan menggunakan metode 5W + 1H guys.

Bisa kamu bayangkan dalam kepala, apa yang sedang dibahas? Kenapa sih ‘materi’ ini bisa terjadi? Siapa saja sih tokoh atau benda yang terlibat di dalamnya? Kamu bisa banget nih menerapkan metode satu ini.

Baca Juga:  Ion dan Karakteristik Benda

3. Baca kembali rangkuman

Terakhir, ialah membaca kembali rangkuman yang kamu buat. Hal ini selain mengoreksi beberapa materi, tulisan, pengertian yang mungkin kurang tepat juga bisa dijadikan ajang untukmu menghafal guys. Tahu ga sih, hal ini worth it banget! Penulis yang menerapkan metode ini, hasilnya ga harus SKS (Sistem Kebut Semalam) lagi sebelum ujian.

Dikarenakan sebelumnya telah menghafal materi tersebut, sehingga ketika hendak ujian atau ulangan cukup membaca sekilas dan melakukan berbagai latihan soal untuk mempertajam materi yang ada di kepala.

4. Catatan tambahan!

Guys, berkaitan dengan poin nomor 1 tentang imajinasi maka penulis menyarankan supaya kamu engga mencatat kemudian pause, catat kemudian pause. Hal ini dirasa kurang efisien dan mengganggu imajinasi di dalam kepalamu guys. Sehingga lebih baik, kamu tonton full kemudian catat sederhana apabila ada yang kurang dipahami. Kemudian ulang kembali video tersebut, untuk menjawab pertanyaan 5W + 1H.

Sisanya apabila masih ada pertanyaan, kamu bisa mencatatnya terlebih dahulu. Setelah video selesai, baru kamu bisa melakukan search atau riset di Google ya. Terbukti ga hanya efisien melainkan juga lebih tertanam di kepala guys.

Oke, segitu dulu tips dan cara membuat rangkuman dari video versi penulis. Mungkin kamu juga memiliki cara atau tips tambahan, bisa komen di kolom komentar ya guys! Siapa tahu bisa membantu pelajar lain juga!

Buah nangka, buah pepaya. Jangan lupa belajar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

4 Alasan Bergabung dengan Career Mentoring Skill Academy, Solusi Pra-Kerja di Tengah Pandemi!

Di tengah pandemi seperti ini, kita tidak hanya diterpa masalah kesehatan saja. Melainkan …