Categories: OSIS

Cara Membuat Visi Misi OSIS

Share

Cara membuat visi misi OSIS – Dari beberapa chat di wa saya, banyak banget yang nanyain tentang contoh visi misi OSIS, dari beberapa contoh yang saya berikan katanya sih belum ada yang cocok, dan beberapa siswa juga yang bilang disuruh bikin visi misi sendiri dan gak boleh ambil dari google.

Hmm, apakah kamu juga disuruh seperti itu? Jika iya, kamu harus bikin sendiri visi misinya nih. Calon ketua OSIS memang harus begitu sih, harus kreatif dan inovatif. Sebagai bahan referensi kamu, silahkan lihat contoh visi misi OSIS SMP dan SMA.

Sebelum saya bahas Cara Membuat Visi Misi OSIS, perlu kamu tahu dulu arti dan pengertian dari visi misi tersebut. Apa sih arti dari visi misi? Yuk baca sampai habis ya!

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi

Pengertian visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah organisasi. Visi merupakan pikiran-pikiran yang ada di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.

Pengertian Misi

Sedangkan misi adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa organisasi tersebut berada.

Perbedaan Visi dengan Misi

NoVisiMisi
1Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukanMisi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.
2Visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan.Misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.
3Visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya.Misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. Biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi
4Visi lebih bersifat jangka panjang.Misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.
5Visi dibuat untuk masa depan dan bersifat secara umum.Misi dibuat untuk masa kini atau saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.
sumber: liputan6.com

Setelah mengetahui pengertian serta perbedaan dari visi misi, barulah kita bisa menjabarkan untuk membuat visi misi tersebut. Apakah kamu sudah paham pengertian dari visi misi di atas? Jika belum paham, kamu bisa tanya ke admin kami di kontak whatapps web ini ya.

Oke, mari kita lanjut ke cara membuat visi misinya sekarang.

Cara Membuat Visi Misi OSIS

1. Membuat Visi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, visi adalah impian atau cita-cita yang akan kamu capai dalam OSIS tersebut. Berikut contoh visi OSIS!

Contoh Visi OSIS:

Menjadikan OSIS sebagai sarana menampung kreativitas, inspirasi dan aspirasi, juga meningkatkan sekolah menjadi yang bermutu, berani tampil beda, berakhlak mulia, jujur, adil, dan disiplin.

Silahkan kamu kreasikan sendiri Visi OSIS yang ingin kamu buat, usahakan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah kamu ya, agar visi yang kamu buat memang sesuai dengan kebutuhan sekolah kamu. Misalnya di sekolah kamu siswanya masih kurang disiplin, kamu bisa menekan Visi untuk meningkat kedisiplinan tersebut.

2. Membuat Misi

Misi merupakan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi dari visi tersebut.

Berikut contoh Misi dari penjabaran Visi OSIS di atas.

Contoh Misi OSIS

  1. Mengaktifkan dan memajukan organisasi-organisasi dan ekstrakulikuler yang ada disekolah
  2. Meningkatkan mutu kerja OSIS
  3. Melaksanakan program-progam yang tersusun sesuai rencana
  4. Menjalin hubungan yang harmonis antara seluruh anggota sekolah
  5. Menjadikan siswa/siswi yang kreatif, pintar, berdisiplin tinggi, dan takwa kepada Tuhan
  6. Mengadakan kegiatan-kegiatan dibidang sosial dan keagamaan.

3. Membuat Program Kerja

Program kerja merupakan upaya yang harus dilakukan untuk merealisasikan Visi Misi OSIS tersebut. Program kerja merupakan bentuk penjabaran poin-poin yang sudah dituliskan pada Misi OSIS di atas.

Contoh program kerja OSIS

Mari kita ambil satu contoh poin dari misi di atas:

  1. Mengaktifkan dan memajukan organisasi-organisasi dan ekstrakulikuler yang ada disekolah

Untuk program kerja kamu bisa membuat program ektrakurikuler, misalnya program ekskul seperti, Basket, Futsal, Seni Tari, dll. Mulai dari waktu latihannya kapan? Jam berapa? Berapa kali seminggu?

Hal-hal tersebut perlu kamu buat sedetail mungkin untuk membuat sebuah program. Untuk contoh program masing-masing seksi, kamu bisa melihat di halaman Contoh Program Kerja OSIS.

Program kerja ini dibuat oleh masing-masing seksi yang sudah terbetuk dalam pengurus OSIS. Jadi tidak semua tugas itu dibebankan kepada ketua OSIS, melainkan dibantu oleh staf atau seksi-seksi yang memegang jabatan tersebut. Untuk melihat jenis seksi bidang OSIS kamu bisa baca di halaman 10 Seksi Bidang OSIS dan Fungsinya!.

Tugas ketua adalah mengontrol dan mengoordinasikan segala bentuk program yang dibuat, dan tidak lupa juga setiap program yang kamu buat, kamu bisa meminta saran dan masukan dari pembina OSIS di sekolah kamu. Dan pastikan semua program kerja yang kamu buat atas persetujuan dari pembina OSIS, Kesiswaan dan Kepala Sekolah.

Kesimpulan

Visi merupakan impian yang ingin kamu capai dalam jangka panjang, sedangkan Misi adalah poin penjabaran dari Visi tersebut, antara visi dan misi harus relevan jangan sampai tumpang tindih atau tidak sejalan. Sedangkan program kerja adalah usaha yang akan kamu lakukan untuk mencapai Visi dan Misi OSIS tersebut. Jadi, antara Visi Misi dan Program kerja harus menyatu atau terhubung dan saling berkaitan.

Sekian dulu cara membuat visi misi OSIS semoga bermanfaat buat kamu yang masih bingung dalam membuat visi misi OSIS. Jangan lupa baca juga Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik.

This post was last modified on November 11, 2020 7:13 am

Admin

Temukan informasi seputar dunia pendidikan, tips belajar, tips memilih jurusan, persiapan UN, dan SBMPTN.

Leave a Comment
Published by
Admin

Recent Posts

7 Keuntungan Jadi Kpopers, Gak Selalu Merugikan Kok!

Anyyeonghaseyo! Hi Readers! Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tersebut, baik yang kpopes… Read More

November 21, 2020

Kisi – Kisi Soal PAS IPA Kelas 8 Semester 1 Tahun 2020/2021

Buat kamu yang sedang mencari kisi - kisi soal PAS IPA kelas 8 semester 1,… Read More

November 19, 2020

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang.… Read More

November 18, 2020

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan.… Read More

November 18, 2020

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik untuk Pelajar

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk… Read More

November 18, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Rangkuman… Read More

November 16, 2020