cara mendapatkan beasiswa

8 Cara Mendapatkan Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa“Selalu ada jalan menuju Roma” adalah salah satu pepatah yang cocok untuk menggambarkan pencarian kamu dalam menemukan beasiswa yang pas. Beberapa dari kamu yang kini telah menginjak kelas 3 SMA atau bahkan mahasiswa tingkat akhir dan hendak melanjutkan studi pasti menginginkan kesempatan agar bisa menuntut ilmu di luar negeri.

Kadang kala, sebagian dari kamu merasa begitu berat untuk kuliah atau menuntut ilmu di luar. Guys, kamu tau gak sih, sekarang udah ada beasiswa yang dapat membantu kamu untuk mewujudkan cita-cita.

Jangan salah sangka, ada banyak beasiswa di Indonesia guys! Banyak beasiswa yang bahkan sering terlewat atau kekurangan peserta. Oleh karena itu, aku bakal kasih tahu ke kamu beberapa beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk kuliah di luar maupun dalam negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

cara mendapatkan beasiswa
Photo by Gerd Altmann on Pexels.com

1. Beasiswa dari pemerintah

Beasiswa pertama datang dari pemerintah. Pastinya pemerintah ingin memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia dengan memberikan tunjangan beasiswa. Selain itu, juga terdapat bermacam-macam beasiswa guys!

Terdapat beasiswa full yang mencakup uang makan, tempat tinggal, biaya kuliah, sampai biaya PP pesawat. Namun, juga ada beberapa beasiswa yang khusus untuk kuliah saja, untuk tempat tinggal saja, dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira dimana sih kamu bisa mendapatkan beasiswa? Biasanya beasiswa dari pemerintah dikeluarkan oleh beberapa instansi seperti BUMN, Kementerian, atau bahkan kedutaan Indonesia. 

Baca Juga:  Masih Bingung Ambil Jurusan Apa? Yuk, Simak Tips di Bawah Ini!

Kamu bisa rajin-rajin mengunjungi website resmi mereka untuk mendapatkan beasiswa. Biasanya beasiswa diberikan ketika mendekati pembukaan tahun ajaran baru. Artinya bisa jadi kamu diberangkatkan di tahun berikutnya atau beberapa bulan setelah pendaftaran.

2. Beasiswa Swasta

Tak hanya pemerintah, swasta pun turut membantu sistem pendidikan di Indonesia guys! Beberapa pihak swasta yang secara rajin memberikan dukungan beasiswa adalah Djarum. 

Beasiswa yang diberikan pun beragam, mulai dari fakultas ekonomi, manajemen, sampai olahraga. Tak hanya itu beasiswa juga diberikan untuk universitas dalam dan luar negeri ya. 

Jadi, jangan patah semangat apabila tak bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri karena tetap ada kesempatan untuk mendapatkan tunjangan di dalam negeri sobat! Namun, perlu diingat lagi nih beasiswa yang diberikan biasanya berupa kerja sama. 

Misalnya, kamu adalah mahasiswa atau siswa SMA yang hendak melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa dari suatu perusahaan, maka setelah lulus nanti kemungkinan besar kamu akan bekerja di perusahaan yang telah memberikanmu beasiswa.

3. Beasiswa Universitas

Beberapa universitas ternama dari luar negeri juga membuka pendaftaran untuk para pelajar Indonesia yang memiliki minat sekaligus kecerdasan untuk sekolah di luar negeri.

Sebagai contoh, Universitas London atau bahkan Columbia  University yang sempat membuka kesempatan belajar bagi seluruh pelajar di dunia untuk dapat menuntut ilmu di Universitas tersebut melalui jalur beasiswa.

Sedangkan, untuk universitas di Indonesia biasanya kamu perlu mengajukan proposal untuk mendapatkan beasiswa. Tak lupa diikuti nilai akademis yang baik serta perilaku juga guys!

Menurut beberapa sumber yang sempat mendapatkan beasiswa dari sebuah universitas di Indonesia, untuk beasiswa ke luar negeri biasanya kamu akan mengeluarkan modal awal seperti biaya pulang-pergi maupun biaya hidup.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah, Agar Kamu Berprestasi!

Lalu beasiswa akan terus mengalir apabila kamu memiliki prestasi yang baik selama menuntut ilmu di sana. Lalu dari sini biaya beasiswa akan semakin diperbesar juga guys!

4. Pertukaran pelajar

Tak hanya beasiswa, salah satu jalan untuk merasakan sensasi belajar di luar negeri adalah dengan mengikuti pertukaran pelajar. Tentunya kamu harus ahli, berprestasi, dan berbakat di suatu kampus. 

Tak hanya itu, biasanya kamu akan dipatok IP yang mengharuskan 3,5 ke atas atau nilai rapot yang 75% di atas rata-rata. Selain itu, dalam pertukaran pelajar kamu akan mendapatkan tempat tinggal dengan keluarga lokal yang ada di sana.

Salah satu organisasi pertukaran pelajar yang cukup terkenal di Indonesia adalah Rotary International yang memiliki ratusan siswa internasional dan tersebar di seluruh dunia.

5. Beasiswa kebudayaan atau olahraga

Apabila kamu memiliki bakat atau keistimewaan di bidang kebudayaan seperti menari, bernyanyi, sampai menulis maka hal ini dapat dimanfaatkan sebagai ladang mencari beasiswa.

Untuk kamu yang memiliki bakat di bidang olahraga pun juga disediakan beasiswa dan biasanya berada di Eropa guys! Di mana pekerjaan yang berkaitan dengan olahraga masih mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Sedangkan, beberapa bentuk beasiswa lainnya adalah pemberian residency berupa tempat tinggal di sebuah galeri dan nantinya kamu dapat belajar di sana.

6. Sukarelawan

Guys-guys, ga cuma beasiswa aja kok. Seperti pepatah di atas cara lain untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan mendaftarkan diri sebagai volunteer atau sukarelawan. Apakah kamu pernah mendengar AIESEC? 

AIESEC adalah sebuah program sukarelawan yang paling terkenal di antara kampus-kampus di Indonesia. Lewat program ini nantinya kamu dapat menyalurkan berbagai kegiatan sosial.

Baca Juga:  Downlod Buku Siswa Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Misalnya seperti mengajar anak SD, membuat penyuluhan di berbagai wilayah, khususnya yang masih minim pendidikan, sekaligus membuat beberapa riset kecil-kecilan.

Oke, dari sini biasanya kamu akan diminta untuk membayar biaya pesawat maupun kehidupan secara pribadi. Namun, perlu diingat sertifikat yang kamu dapat serta riset yang dihasilkan dapat membantu kamu untuk mendapatkan beasiswa dengan lebih mudah.

7. Student Loan

Student Loan sendiri adalah uang peminjaman kuliah. Banyak dari mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Singapore, Malaysia, sampai Jepang menggunakan sistem Student Loan.

Mekanismenya cukup sederhana guys, kamu akan diberikan fasilitas untuk menuntut ilmu di sebuah universitas yang kamu inginkan. Nantinya setelah kamu lulus dan mendapat pekerjaan maka setelah itu kamu bisa membayar biaya pinjaman tersebut.

Akan tetapi, poin paling penting yang harus kamu perhatikan dari student loan ini adalah kontrak yang diadakan. Pastikan kamu menyanggupi kontrak dan jangka waktu yang diberikan ya guys!

8. Summer Course, Riset, dan Seminar

Ketiga kegiatan di atas adalah beberapa kegiatan yang dapat menunjang kamu untuk mendapatkan beasiswa guys. Umumnya memerlukan pendaftaran ataupun biaya akomodasi. Namun, bekal pembelajaran maupun sertifikat yang didapat mampu menunjangmu dalam mendapatkan beasiswa.

Jadi guys, intinya selalu ada cara untuk melanjutkan studi baik di dalam maupun luar negeri bahkan untuk mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk bermimpi kuliah di luar negeri!

Terus berusaha karena akan selalu ada jalan menuju Roma!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…