Categories: Ruangguru

5 Cara Mengajari Anak Menulis dengan Cepat dan Lancar!

Share

Halo Moms, gimana nih kabarnya? Semoga Moms dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali ini, aku mau kasih beberapa cara mengajari anak menulis dengan cepat dan lancar. Moms tahu sendiri kalau menulis tidak masuk dalam kurikulum pendidikan.

Tapi kenyataannya, saat anak menginjak jenjang SD, kemampuan untuk membaca, menulis, dan berhitung sangat dibutuhkan bukan? Bagi Moms yang masih bingung, baca sampai habis ya supaya Moms tahu cara mengajari anak menulis.

Cara Mengajari Anak Menulis

1. Pastikan Anak Memahami Abjad

Cara mengajari anak menulis dimulai dari tips yang paling dasar. Moms harus memastikan anak paham tentang abjad. Entah itu urut dari A-Z atau acak. Jika anak masih bingung, Moms bisa memanfaatkan media seperti buku tulis kotak dan rutin memastikan anak menulis abjad secara lengkap, mulai dari A-Z. Pastikan untuk melakukan hal ini secara rutin agar anak semakin terbiasa dalam menulis.

Setelah Moms memastikan buah hati paham dengan abjad, Moms bisa mengajak anak untuk merangkai kata. Misalnya kata “buku”. Moms bisa meminta si kecil untuk mengeja terlebih dahulu, lalu menuliskannya di buku atau kertas. Dengan rutin dan konsisten melakukan ini, kemampuan anak dalam menulis maupun membaca akan semakin berkembang.

2. Gunakan Metode yang Bervariasi

Metode dalam mengajari anak menulis ada banyak ya Moms. Misalnya menebalkan huruf yang tipis atau juga menggunakan metode trace the dot. Moms bisa menggunakan buku khusus menulis atau mencetaknya sendiri. Jika Moms rutin melakukan ini, anak akan semakin memahami pola dalam penulisan masing-masing abjad.

Metode lain yang bisa dicoba adalah menulis bebas. Moms bisa meminta anak untuk menulis bebas dan jangan membatasi tulisan anak. Biarkan si kecil berkreasi ya Moms. Jika si kecil masih membuat garis atau coretan, Moms tidak perlu khawatir karena semua itu adalah proses.

Setelah itu Moms bisa mengarahkan anak agar menulis dapat dengan lebih rapi. Cara mengajari anak menulis dengan metode ini manjur banget loh!

3. Mengajak Anak Mengikuti Kursus Calistung

Cara mengajari anak menulis selanjutnya dapat dilakukan dengan kursus. Moms bisa lakuin ini jika Moms merasa kewalahan atau agak kesulitan dalam mengajari anak calistung. Moms bisa mengajak anak untuk mengikuti kursus calistung di Ruangguru for Kids ya.

Di Ruangguru for Kids, Moms tidak perlu khawatir karena anak akan belajar membaca, menulis, dan berhitung tanpa terbebani dengan konsep stimulasi berulang. Jadi, si kecil akan tetap merasa enjoy saat belajar.

Selain itu, pengajar yang digunakan juga berpengalaman di bidangnya loh! Jadi gausah khawatir lagi ya Moms! Dengan mengikuti kursus, anak bisa saja akan memiliki ketertarikan atau minat  dalam membaca, menulis, atau berhitung loh. Jadi, nggak ada salahnya kalau anak mengikuti les calistung.

4. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Teen bedroom nicely arranged

Nggak bisa dipungkiri kalau susasana belajar sangat penting dalam mempengaruhi mood anak dalam belajar. Moms harus mengusahakan untuk membuat anak tetap senang dan enjoy selama belajar. Misalnya dengan memberi reward setelah belajar, mengajaknya menyanyi dan menari, dan lainnya. Buatlah si kecil merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama belajar ya Moms!

5. Melatih Si Kecil dengan Sabar

Ini adalah cara mengajari anak menulis bagian terakhir. Yaps, Moms harus mendampingi buah hati dengan sabar ya. Si kecil bisa saja dan pasti akan membuat kesalahan. Namun, kesalahan itulah yang membuat si kecil jadi lebih berkembang dan Moms jangan asal marah ke dia ya hehe. Jangan sampai anak merasa tertekan dan berpikir terlalu jauh. Ingat ya Moms, harus sabar. Semua itu butuh proses.

Itu aja Moms, beberapa tips dari aku untuk mengajari anak lebih lancar dalam menulis. Aku berharap agar Moms bisa mendampingi si kecil dengan baik ya. Semangat!

This post was last modified on April 29, 2022 7:30 pm

Jennifer Angela

A human being on earth who is learning to write and wants to keep writing.

Leave a Comment
Published by
Jennifer Angela

Recent Posts

Prediksi Soal UN SMP Tahun

1. Perhatikan gambar alat ukur berikut! Waktu yang ditunjukkan pada stop watch tersebut adalah ....… Read More

Desember 2, 2022

7 Tempat Les Terbaik di Indonesia

Mengajar atau bimbingan belajar merupakan cara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan karena belajar di sekolah… Read More

Desember 1, 2022

Arti Mikroskop dan Jenis-Jenisnya

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu melihat benda-benda kecil atau makhluk hidup mikro organisme yang… Read More

Desember 1, 2022

Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Lensa merupakan salah satu alat yang dapat membantu kegiatan manusia, seperti lensa yang terdapat pada… Read More

November 30, 2022

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semeseter Genap

Bagi siswa kelas 8 yang akan menghadapi ujian semester genap, kamu harus mempersiapkan diri dengan… Read More

November 29, 2022

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022