3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

Gaya belajar yang dimiliki setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kemampuan otak dan daya serap manusia yang juga berbeda. Secara umum gaya belajar dibagi 3 jenis, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinetik. Yang membedakan ketiga gaya belajar tersebut adalah bagaimana cara seseorang mempelajari sesuatu.

Oleh karena itu, kali ini penulis akan membagikan beberapa cara mengetahui gaya belajar dengan mudah dan dapat kamu ikuti di rumah! Karena masing-masing orang memiliki gaya belajar yang berbeda, kamu tidak bisa belajar dengan cara mengikuti cara temanmu belajar atau bagaimana kebanyakan orang belajar.

So, yuk kepoin ulasannya di bawah ini!

Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah

1. Menyesuaikan dengan ciri-ciri gaya belajar

cara mengetahui gaya belajar
Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Cara mengetahui gaya belajar yang pertama yaitu dengan mencari tahu jenis-jenis gaya belajar beserta ciri dan karakterisitiknya dari berbagai sumber. Kamu bisa mencari di internet, membaca artikel, atau kamu juga bisa mencari buku yang membahas mengenai macam-macam gaya belajar anak.

Dari sumber-sumber ini kamu akan mengetahui dan memahami karakteristik dari setiap gaya belajar. Setelah itu, kamu sesuaikan dengan dirimu sendiri. Bagaimana kamu belajar sehari-hari apakah sesuai dengan ciri salah satu gaya belajar? Bagaimana cara kamu menangkap pelajaran yang kamu dapat?

Hal-hal ini dapat kamu lihat dan sesuaikan dengan ciri salah satu gaya belajar. Setelah kamu merasa cocok dan sesuai dengan salah satu jenis gaya belajar, cobalah untuk belajar dengan gaya belajar tersebut.

Apakah kamu dapat lebih mudah mempelajari dan memahami pelajaran ataukah tidak? Jika kamu merasa lebih mudah, dapat disimpulkan gaya belajar tersebut merupakan gaya belajar kamu. Gunakan terus ketika belajar agar kamu dapat belajar dengan efektif dan mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Dominasi Otak Kiri, Apakah Kamu Termasuk?

2. Mencoba beberapa gaya belajar

crop woman writing down notes in diary
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Cara mengetahui gaya belajar  juga bisa dilakukan dengan membaca beberapa materi mengenai gaya belajar. Di internet terdapat berbagai artikel mengenai jenis gaya belajar dari bermacam sumber. Atau kamu juga bisa membaca dari buku yang membahas macam-macam gaya belajar anak.

Coba baca, pelajari, dan ikuti setiap cara belajar dari maisng-masing gaya. Dari situ, kamu dapat menyimpulkan cara belajar yang mana yang paling sesuai dengan dirimu. Cara belajar mana yang dapat membuat kamu lebih mudah untuk fokus, memahami, dan mempelajari suatu hal.

Cara ini memang kurang efektif karena akan membutuhkan waktu lama untuk kamu mencoba berbagai cara belajar, tetapi hal ini bisa menjadi sangat akurat karena kamu mencobanya secara langsung cara belajar dari setiap gaya belajar. Gunakanlah cara belajar kamu yang telah kamu temukan agar hasil belajar kamu dapat lebih maksimal.

3. Mengikuti tes gaya belajar

photo of woman carrying book
Photo by Eren Li on Pexels.com

Terakhir, cara mengetahui gaya belajar dengan mandiri juga bisa dilakukan dengan mengikuti tes untuk mengetahui gaya belajarmu. Tes ini berisi beberapa pertanyaan seperti kuis. Hasil jawaban kamu dari pertanyaan dalam tes ini dapat menentukan gaya belajar mana yang paling sesuai dengan kamu.

Kamu bisa mengikuti tes gaya belajar ini secara mudah dan gratis di internet. Salah satunya adalah Quipper. sebagai layanan teknologi dalam bidang edukasi. Quipper menyediakan tes gaya belajar yang dapat kamu ikuti secara gratis di internet. Hasilnya juga dapat kamu lihat langsung.

Atau kamu juga bisa pergi ke psikiater atau pihak yang menyediakan layanan tes psikologi untuk mengetahui gaya belajar. Tes dari pihak ahli akan lebih akurat dan terpercaya hasilnya, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu harus mengeluarkan biaya untuk mengikuti tes tersebut.

Baca Juga:  6 Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Setelah Kuliah

Itu dia beberapa cara mengetahui gaya belajar dengan mudah! Kamu dapat mencari tahu gaya belajar yang sesuai dengan kemampuan otak dan daya serap milikmu. Dengan begitu kamu dapat belajar dengan efektif dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jadi, segera cari tahu gaya belajar kamu ya! Jangan lupa juga untuk rajin belajar menggunakan cara belajarmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…