Categories: KuliahTips

5 Cara Menjadi Mahasiswa Aktif dan Manfaat Berorganisasi bagi Mahasiswa

Share

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali ini, aku mau share sedikit nih tentang bagaimana sih caranya agar kamu bisa lebih aktif dalam berorganisasi, khususnya di kampus.

Pada praktiknya, organisasi itu nggak cuma di kampus ya. Jadi, tips-tips yang aku kasih bisa kamu praktikin dimanapun saat kamu mau berorganisasi! Nggak rugi loh ikut organisasi. Bagi kamu yang akan kuliah dan ingin mencoba untuk ikut suatu organisasi, jangan ngerasa minder dan takut ya!

Organisasi di kampus banyak banget loh jenisnya! Tapi jangan sampai bingung mau pilih yang mana ya, hehe. Dengan aktif berorganisasi, kamu bisa dapet banyak benefit loh! Aku jelasin dulu ya manfaatnya.

Manfaat Berorganisasi bagi Mahasiswa

1. Memperluas Jaringan Pertemanan

Yang ini jelas banget dong. Biasanya saat kuliah, kita mungkin hanya bertemu dengan orang yang sama secara terus menerus. Tapi kalau kamu ikut organisasi, temennya banyak bangettt. Bisa dari kakak tingkat, dan lainnya. Hal ini jelas bikin circle pertemananmu semakin luas dong!

2. Meningkatkan Pengetahuan dan Pengalaman

Saat kita kuliah berjam-jam, belum tentu pengalaman yang kamu dapat sama dengan saat kamu ikutan organisasi, misalnya saat mengolah suatu event di organisasi. Jelas dong, pengalaman yang kamu dapat akan sangat berbeda dibandingkan ketika kamu hanya duduk mendengarkan penjelasan dosen. Makanya, melalui organisasi kita bisa dapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru.

3. Belajar Menjalani Kehidupan Saat Hidup Bermasyarakat

Nah, menurut aku yang satu ini penting banget. Kita sekolah bukan hanya mengejar ilmu untuk bekal masa depan ya. Ilmu memang penting, tapi kehidupan kita dalam bermasyarakat juga sama pentingnya loh!

Dengan kita ikut berorganisasi, kita pasti akan menjumpai banyak hal baru seperti tekanan, deadline, belajar bersosialisasi, mengambil keputusan, public speaking, dan banyak lainnya. Nah, aku yakin hal-hal seperti itu akan sangat berguna saat kelak kita hidup di masyarakat.

Oke, udah pada tahu ya beberapa manfaat ikut organisasi. Saran dari aku, kamu bisa coba mulai untuk ikut organisasi saat tahun pertama kuliah ya.

Kalau kamu udah ngerasa enjoy dan hepi ikut organisasi yang kamu pilih, kamu bisa lanjutin sampai tahun berikutnya. Sekarang aku mau share tentang gimana sih caranya menjadi mahasiswa yang lebih aktif dalam berorganisasi. Baca sampai abis ya!

Cara Menjadi Mahasiswa Aktif di Kampus

1. Kenali Kelebihanmu

Ini nih tips pertama dari aku yaitu ketahuilah kelebihanmu, baik dalam hal karakter, skill, dan resources. Kamu bisa bikin list tentang kelebihan yang kamu punya. Misalnya, dalam hal karakter, kelebihan aku dimana ya? Kalau skill paling menonjol yang aku punya apa ya? Dengan kamu tahu kelebihanmu, kamu jadi lebih mudah saat ingin daftar organisasi.

Misalnya, kamu jago public speaking, sangat ekstrovert, punya keterampilan sosial yang bagus, kamu bisa daftar untuk peran yang sesuai dengan itu. Bisa jadi project leader dan lainnya. Dengan begitu, saat ikut organisasi kita bisa berkontribusi secara maksimal sesuai kelebihan yang kita punya.

2. Pilih Organisasi yang Bermanfaat dan Sesuai Passion

Yang satu ini jelas penting banget ya! Kamu harus milih organisasi yang sesuai dengan minat kamu. Kalau kamu terlalu memaksa atau sekedar ikutan temen tapi organisasinya bukan passion kamu, yang ada kamu bisa putus di tengah jalan loh!

Makanya, dari awal kamu harus tahu minat dan bakat kamu dimana. Jangan sekedar ikut-ikutan temen. Dijamin rugi loh! Selain itu, kamu juga harus pilih organisasi yang bermanfaat dan berguna. Kamu harus mikirin dampak apa yang diberikan kalau kamu gabung organisasi tersebut.

Ingat ya, pastikan manfaatnya bisa mengembangkan skill yang kamu punya supaya nantinya bakal jadi berguna di masa depan. Jika organisasinya seru dan bermanfaat, pasti kamu juga akan semakin aktif dalam berorganisasi.

3. Bikin Agenda Harian

Ini nih tips ketiga yang sangat bermanfaat yaitu dengan membuat agenda harian. Kesibukan kita menjadi mahasiswa kadang bikin kita jadi kewalahan loh, apalagi jika kita berencana untuk ikut berorganisasi. Pastinya banyak waktu dan tenaga yang akan kita pakai.

Supaya waktu kita tidak berantakan dan tetap terjadwal, penting banget loh untuk bikin agenda harian dan menyusun jadwal kegiatan kita sehari-hari. Bikin agenda bisa jadi langkah dan tips awal agar kamu bisa tetap aktif dan tidak melewatkan kegiatan di organisasi yang kamu ikuti, seperti rapat organisasi atau kepanitiaan.

Selain itu, materi dan tugas yang kamu dapatkan di kampus juga tidak akan terlewat karena kamu sudah bikin jadwal dan nentuin waktu untuk belajar. Kamu bisa bikin agenda di buku khusus agenda atau di HP ya. Yuk, jangan males bikin agenda!

4. Manfaatkan Waktu yang Ada

Tips keempat agar kamu dapat tetap aktif dalam berorganisasi adalah manfaatkan waktu yang ada untuk belajar di kelas dengan sebaik mungkin. Artinya, kamu harus memaksimalkan dalam menyerap materi saat dosen menjelaskan.

Caranya ada banyak loh, misalnya dengan aktif ikut tanya jawab saat di kelas, membuat catatan yang lengkap, dan bertanya kepada dosen saat ada materi yang kamu kurang mengerti. Jika kamu berhasil memaksimalkan waktu yang ada untuk aktif belajar di kelas, kegiatan di organisasi bakal nggak jadi beban untuk kamu, karena kamu udah belajar di kelas.

Kamu juga harus pandai mengatur dan bagi waktu ya. Make sure untuk tahu mana prioritasmu dan yang bukan. Oh iya, jangan sampai sering nunda tugas dan kerjaan ya. Dijamin bakal numpuk kalau sering menunda. Yuk, semangat belajarnya!

5. Tetap Menjaga Kesehatan

Yang satu ini jangan kamu remehin loh gengs! Meski terasa simpel, tapi menjaga kesehatan itu penting ya. Kalau kamu sakit, maka kegiatanmu di kampus bisa berantakan loh! Mulai dari kegiatan di organisasi dan kegiatan belajar.

Makanya, sehat itu penting ya. Untuk jaga kesehatan khususnya di masa pandemi seperti sekarang, kamu harus rutin berolahraga, banyakin makanan sehat, dan tentunya tidur yang cukup. Kurang tidur juga bisa menghambat produktivitasmu loh gengs! Yuk, jaga kesehatan ya!

Nah, itu aja gengs tips dari aku biar kamu tetap aktif berorganisasi di kampus tanpa ngerasa terbeban dengan tanggungan tugas kuliah. Buat kamu para maba, udah tau belum mau masuk organisasi apa? Eits, inget ya. Meski kamu mahasiswa baru, jangan minder dan ngerasa takut untuk gabung organisasi. Kamu bisa kok aktif di dalamnya. Yuk, tetap semangat ya!

This post was last modified on Mei 26, 2022 3:35 pm

Jennifer Angela

A human being on earth who is learning to write and wants to keep writing.

Leave a Comment
Published by
Jennifer Angela

Recent Posts

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran… Read More

Agustus 11, 2022

7 Perjanjian Hindia Belanda dengan Indonesia, dari Masa VOC Hingga Pasca Kemerdekaan

Kamu tentu tidak asing bukan dengan sejarah mengenai Hindia-Belanda di Indonesia? Yap, Indonesia dan Belanda… Read More

Agustus 2, 2022

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sebelum Belajar, Dijamin Ampuh!

Halo guys, gimana kabarnya? Kabar baik disini. Semoga disana juga ya! Siapa sih yang nggak… Read More

Agustus 2, 2022

Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu… Read More

Agustus 1, 2022

6 Rekomendasi Beasiswa S2 di Luar Negeri yang Selalu Buka Setiap Tahunnya

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat… Read More

Agustus 1, 2022

6 Tips Mengatur Keuangan Anak Kos, Mahasiswa Baru Wajib Tahu Nih!

Halo guys, gimana kabarnya? Semoga kabar baik disana ya! Sebagai pelajar, kamu pernah mengalami kesulitan… Read More

Juli 31, 2022