Cara Merangkum Materi dengan Cepat!

Apakah kamu punya tugas untuk merangkum materi pelajaran? Tapi, masih bingung cara membuat rangkumannya? Tenang, pada artikel ini aku bakalan share gimana sih cara merangkum materi dengan cepat? Yuk, simak terus artikel ini ya guys!

Oiya, aku sering banget dapat pertanyaan di whatsapp tentang cara merangkum materi pelajaran. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, aku akan coba jelasin gimana caranya biar bisa membuat rangkuman dengan cepat.

Sebenarnya udah pernah ditulis juga tentang cara membuat rangkuman, kamu bisa baca di halaman berikut Cara Membuat Rangkuman.

Cuma bedanya pada panduan ini saya akan coba jelaskan lebih ringkas tentang cara membuat rangkuman biar cepat dan hemat waktu, jadi kamu gak perlu baca semua isi buku, yang bisa membuat waktu kamu terbuang ya guys!

Cara Merangkum Materi dengan Cepat

1. Menyiapkan buku

syarat masuk ilmu gizi
Photo by Pixabay on Pexels.com

Hal yang pertama tentu kamu harus menyiapkan bukunya dong! Gak mungkin kamu mau merangkum materi gak punya bahan atau buku yang bakal kamu rangkum. Pada tahap ini, saya anggap kamu sudah menyiapkannya ya. Kita lanjut ke tahap berikutnya guys!

2. Cek daftar isi buku

Ini bertujuan agar kamu bisa merangkum materi sesuai dengan poin-poin penting yang akan dimasukkan ke buku catatan ya guys, biar rangkumannya cepat jadi dan gak bingung mau nulis apa.

Mengecek daftar isi buku agar kamu bisa mendapatkan petunjuk kira-kira mau nyatet apa aja nih? Kamu bisa ngecek di daftar isi ya guys!

3. Tulis poin-poin pentingnya

Misalnya nih, kamu mau merangkum materi Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan (Silahkan lihat di gambar daftar isi di atas ya guys!) Contohnya seperti berikut ini!

Baca Juga:  Pengertian Gaya Adhesi, Kohesi, Sentripetal dan Sentrifugal
Judul MateriSub Bab Materi/Poin Penting
Bab 6 Energi dalam Sistem KehidupanA. Pengertian energi
B. Berbagai sumber energi
C. Makanan sebagai sumber energi
D. Transformasi energi dalam sel
E. Metabolisme sel
F. Sistem pencernaan

Dari bab 6 di atas yang harus kamu tulis atau rangkum di bagian poin-poin penting (sub bab-nya) di atas ya. Sub poin penting ini harus termuat dalam rangkuman yang akan kamu buat ya guys!

4. Catat istilah penting

person writing a to do list
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Tiap sub bab ada poin-poin penting yang harus kamu catat, poin penting ini berupa, istilah, pengertian, contoh, dll. Biasanya ditulis dengan cetak tebal atau ditulis miring untuk istilah asing. Bagian penting wajib kamu catat ya guys!

5. Catat rumus dan latihan soal

crop woman writing down notes in diary
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Ini khusus buat mata pelajaran yang ada hitungannya, seperti mata pelajaran IPA pada saat materi Fisika atau Matematika yang ada hitungannya atau banyak rumusnya. Silahkan catat rumusnya dan latihan soal yang disertai dengan pembahasannya, biar kamu lebih mudah belajarnya.

6. Buat lebih singkat!

students doing paperwork together in park
Photo by Armin Rimoldi on Pexels.com

Khusus jika kamu merangkum materi sejarah atau materi yang banyak tulisannya, buatlah rangkuman yang singkat dan padat, seperti nama tokoh, tahun kejadian, nama tempat, dll.

Karena materi sejarah ini biasanya tulisannya lebih banyak sehingga kadang membuat kamu merasa bosan dalam membaca materinya. Agar tidak mudah jenuh membaca rangkuman yang kamu buat, jangan lupa buat paragraf dengan susunan 3 – 4 baris kalimat saja agar tidak membosankan.

7. Selesai, dan cek kembali!

black tablet computer behind books
Photo by Perfecto Capucine on Pexels.com

Sampai di sini, kamu sudah bisa membuat rangkuman pelajaran dengan cepat, tanpa harus bingung mau nyatat yang mana ya? Namun, sebelum kamu menyelsaikannya kamu bisa mengecek kembali rangkuman yang sudah kamu buat, agar tidak ada materi penting yang terlewatkan.

Baca Juga:  Rangkuman Materi SMP Kelas 9 Semua Pelajaran Lengkap!

Contoh Rangkuman Materi


Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan  

A. Pengertian Energi 

Energi adalah upaya untuk melakukan usaha/kerja atau melakukan suatu perubahan. Energi ada beberapa bentuk yaitu energi potensial, kinetik, kimia, listrik, dan sebagainya. 

Energi Potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda ketika benda itu diam. Contohnya batu yang diletakkan diatas meja memiliki energi potensial karena ketinggiannya, air didalam waduk memiliki energi potensial karena kedalamannya. 

Energi potensial dapat dirumuskan sebagai : 
Ep = m x g x h

Keterangan

  • Ep = energi potensial (J)
  • m = massa benda (kg)
  • g = percepatan gravitasi (m/s²)
  • h = tinggi benda diatas permukaan tanah (m)

B. Sumber Energi 

Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi. Sumber energi ada 2 yaitu sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan. 

Sumber energi tak terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari alam dan akan habis apabila dieksploitasi secara terus – menerus. Contoh energi tak terbarukan yaitu batu bara, minyak bumi dan gas alam.


Oke, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan terkait cara membuat rangkuman materi dengan cepat, biar kamu bisa lebih hemat waktu dalam mencatat materi pelajaran. Semoga bermanfaat ya guys! Jika kamu masih bingung, kamu bisa chat langsung di website ini ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Daftar KI dan KD Matematika SMP Kelas 7, 8, dan 9 K13 Revisi Terbaru!

Bagi Bapak/Ibu guru Matematika yang sedang mencari daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompete…