Cara Mudah untuk Mengetahui Kekuatan Gaya Magnet

Share

Magnet merupakan benda yang bisa menarik bahan yang terbuat dari besi, baja, nikel, logam, tembaga, dan lain-lain. Magnet memiliki dua kutub yaitu, kutub utara (U), dan kutub selatan (S). Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara mengetahui kekuatan gaya magnet atau medan magnet?

Memang ada alat khusus yang digunakan untuk mengetahui kekuatan gaya magnet tersebut yaitu, Teslameter. Tapi, kali ini Saya tidak akan menjelaskan Anda tentang cara mengetahui kekuatan medan atau gaya magnet menggunakan Teslameter. Karena alat ini sangat jarang ditemukan kecuali ditempat-tempat tertentu, seperti di laboratorium sekolah.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi kepada pembaca tentang cara mudah dan sederhana untuk mengetahui kekuatan gaya atau medan magnet dengan cara yang sangat sederhana, Anda tidak perlu membutuhkan alat apapun untuk mengetahuinya, cukup menerapkan eksperimen sederhana ini Anda pasti bisa melakukannya.  

Alat dan bahan yang Anda siapkan dalam eksperimen sederhana ini agar bisa membuktikan bahwa setiap sisi magnet memiliki kekuatan yang sangat berbeda. Misalnya bagian tengan dan samping atau ujung kutub akan memiliki kekuatan yang sangat berbeda.

Apa yang menyebabkan ini bisa terjadi demikian? Dengan ekperimen sederhana ini akan menjawab semua pertanyaan Anda, mulai dari cara mengetahui kekuatan gaya magnet, dan mengetahui gaya magnet yang dimiliki disetiap sisi magnet tersebut, mulai dari pusat atau tengah sampai di ujung kutub.

Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan

1. Siapkan magnet yang berbentuk batang atau bentuk magnet yang lain,

2. Penjepit kertas atau klip, atau bisa Anda menggunakan paku ukuran kecil.

Langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui kekuatan magnet

1. Susunlah klip atau penjepit kertas pada bagian tengah magnet

2. Susun juga magnet pada ujungnya. Dan lihat perbedaan jumlah klip atau penjepit kertas yang menempel.

3. Jika kamu melakukannya dengan benar maka akan terbentuk seperti gambar di bawah ini! Pada ujung magnet memiliki gaya tarik magnet yang lebih kuat.

Kenapa terjadi demikian? Karena pada bagian ujung magnet memiliki garis gaya magnet yang lebih rapat bila dibandingkan dengan pada posisi bagian tengah. Sesuai dengan bentuk dari garis khayal pada magnet tersebut, seperti pada gambar di bawah ini!

Apa yang dimaksud dengan garis khayal? Garis yang menunjukkan kekuatan pada magnet. Namun, tidak bisa diamati secara langsung atau hanya khayalan sehingga disebut dengan garis khayal.

Bagaimana cara mengetahui garis khayal pada magnet? Kita bisa melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan selembar kertas dan serbuk besi.

Dengan menaburkan serbuk besi pada selembar kertas dan menaburkan serbuk besi pada bagian permukaan kertas. Dan meletakkan magnet di bagian bawah kertas. Sehingga garis khayal ini akan bisa nampak seperti pada gambar di bawah ini!

Tonton versi videonya klik di sini>>

Kesimpulan :

Gaya magnet pada ujung kutub magnet lebih kuat bila dibandingkan pada bagian tengah. Ini disebabkan karena garis gaya magnet pada ujung kutub magnet memiliki garis gaya magnet yang lebih rapat bila dibandingkan bagian magnet yang di tengah.

Itulah percobaan sederhana tentang cara mengetahui kekuatan gaya magnet. Semoga penjelasan singkat bisa kalian pahami dan bisa menambah pengetahuan kalian tentang IPA khususnya materi tentag magnet.

This post was last modified on Juli 30, 2020 6:27 am

Lalu UWK

Mengajar mata pelajaran IPA untuk SMP sejak 2009 sampai sekarang, suka berbagi pengalaman lewat tulisan.

Leave a Comment
Published by
Lalu UWK

Recent Posts

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik - Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang penting untuk diperhatikan adalah… Read More

November 25, 2020

Tips Konsisten Belajar Agar Dapat Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar - Hai, Readers! Di tengah pandemi ini, banyak pelajar tidak bisa konsisten… Read More

November 25, 2020

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Haii Readers! Dalam melakukan kegiatan penelitian atau observasi IPA, seringkali kita harus bekerja di laboratorium.… Read More

November 23, 2020

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terdapat banyak faktor… Read More

November 23, 2020

10 Lagu Lawas Indonesia Untuk Menambah Semangat Mengejar Mimpi

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita mengalami rasa lelah dan letih dalam mengejar mimpi yang ingin… Read More

November 23, 2020

5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi atau Sistem Informasi Akuntansi adalah salah satu jurusan bidang teknologi yang berfokus pada… Read More

November 23, 2020