10 Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa Yang Umum Ditanyakan

Mengikuti program beasiswa merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi secara gratis maupun dengan potongan biaya. Terdapat lembaga yang menyediakan program beasiswa secara full atau beasiswa dengan nominal tertentu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu yang saat ini sedang melakukan perburuan program beasiswa dari pemerintah atau lembaga swasta tertentu, alangkah baiknya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal, terlebih lagi jika terdapat sesi wawancara yang biasa diadakan oleh penyedia program beasiswa yang terkemuka.

10 Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa

1. Apa yang kamu ketahui tentang program jurusan Ini?

Jika kamu ditanya oleh pihak yang mewawancarai kamu tentang pertanyaan seperti ini, alangkah baiknya kamu mempelajari banyak hal yang terkait dengan program beasiswa yang diajukan terlebih dahulu.

Seperti filosofi lembaga atau instansi yang terkait, program, dan tujuan beasiswa tersebut. Hal ini kamu lakukan jauh jauh hari sebelum hari H ketika tes wawancara dimulai.

2. Apa alasan kamu ingin mendapatkan beasiswa ini?

Mungkin kamu bisa memanfaatkan pertanyaan seperti ini dengan jawab yang menceritakan minat dan bakat anda yang ditawarkan oleh program beasiswa ini.

Baca Juga:  Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

Kamu pasti menerima program beasiswa yang sejalan dengan minat dan bakat kamu. Nah kesempatan itu bisa kamu manfaatkan untuk menunjukkan kelebihan kamu itu apa dan dari mana, seperti itu.

3. Ceritakan tentang diri kamu!

Momen yang paling bagus memanfaatkan kelebihan kamu adalah ketika para pemberi pertanyaan meminta kamu untuk menceritakan tentang diri kamu sendiri. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menceritakan diri kamu, minat kamu, latar belakang kamu, dan hal-hal yang mungkin tercantum di dalam CV.

Pihak penyelenggara beasiswa ingin memastikan bahwa kamu adalah kandidat yang benar-benar pas dan tepat untuk menerima program beasiswa tersebut.

4. Kenapa kamu memilih sekolah atau program jurusan ini?

Jika kamu memilih suatu jurusan yang ingin kamu tempuh, sudah pastinya kamu telah melakukan riset yang mendalam tentang apa saja hal-hal yang terkait dengan sekolah maupun jurusan yang kamu pilih. Riset yang kamu lakukan bisa bermanfaat ketika kamu mendapatkan pertanyaan seperti ini.

Kamu bisa menjelaskan ketertarikan kamu dalam jurusan ini, kelebihan dari jurusan ini, atau bahkan prospek kedepan yang ingin kamu ambil jika kamu mengambil jurusan yang kamu tempuh saat ini.

5. Apa saja kelebihan yang kamu miliki?

Ada pertanyaan dari wawancara program beasiswa yang menjebak sehingga kamu harus pandai-pandai dalam memilih jawaban yang menarik. Di saat kamu menjawab tentang kelebihan kamu, maka perhatikanlah bahwa kamu tidak begitu rendah diri atau terlalu tinggi hati. Sampaikanlah kelebihanmu secukupnya tanpa melewati batas yang kamu sanggupi.

Misalnya, kelebihan saya adalah dapat mengatur waktu dengan efisien, karena saya orangnya yang tidak suka membuang waktu. Lalu bisa juga dengan menyampaikan kelebihan kamu pada bidang tertentu. Tentu jawab tersebut bisa membuat para pemberi pertanyaan tertarik dengan jawabanmu yang menarik

Baca Juga:  10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

6. Apa yang menjadi kelemahan anda?

Setiap orang tidaklah sempurna, di sisi lain dia punya kelebihan, di sisi lain pula ia mempunyai sebuah kekurangan. Pada dasarnya pertanyaan ini sama seperti pertanyaan sebelumnya, yakni tentang kelebihan kamu. Nah, disini kamu memberikan apa sih kekurangan kamu.

Sebaiknya kamu membicarakan kekurangan dari diri kamu disertai dengan bukti kongkrit pada sang pewawancara. Dan sembari menambahkan usaha nyata yang kamu lakukan untuk memperbaiki atau menutupi kelemahan yang kamu miliki saat ini.

7. Apa kamu terlibat di organisasi atau komunitas di sekolah?

Kamu yang terlibat dalam organisasi maupun komunitas yang adakan di sekolah maupun di lingkungan kampus, mungkin keaktifan kamu dalam berorganisasi bisa menjadi salah satu kelebihan yang kamu miliki.

Kamu tentu bisa menggambarkan diri kamu sebagai seorang yang memiliki etos kerja yang profesional termasuk bisa bekerja sama sebagai tim dalam kondisi apapun dan dimanapun.

8. Apa yang kamu lihat atau kamu lakukan dalam 5-10 tahun yang akan datang?

Kamu sebagai mahasiswa tentu merencanakan jangka panjang adalah suatu keharusan yang telah kamu rencanakan dari awal. Menanyakan rencana jangka panjang merupakan hal yang ingin diketahui oleh pemberi beasiswa kepadamu.

Hal ini menggambarkan bahwa hidup yang kamu jalani memiliki tujuan berarti sehingga tidaklah bimbang dalam memilih tujuan hidup. Nah, sebaiknya kamu memberikan gambaran pencapaian yang ingin kamu wujudkan dengan visi dari hidupmu

9. Apakah kamu pernah gagal selama ini?

Pewawancara sangat ingin melihat tingkat dari kepercayaan diri dari seorang siswa atau mahasiswa yang ingin mendapatkan program beasiswa yang ingin dicapai. Namun, sebaiknya kamu berupaya untuk memilih tekad yang kuat untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Baca Juga:  Daftar PTN S1 Psikologi Terakreditasi A di Indonesia

Sehingga kamu dapat menunjukkan rasa kepercayaan yang tinggi sehingga pewawancara tidak salah untuk memilih orang yang tepat untuk mendapatkan program beasiswa yang diberikan.

10. Kenapa kamu layak menerima beasiswa Ini?

Pertanyaan yang cukup umum namun terkadang sulit untuk dijawab bagi sebagian orang adalah ‘mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa ini? Nah, saran untuk kamu harus fokus pada poin-poin yang kamu miliki sesuai dengan pengalaman dan wawasan yang telah kamu alami selama ini.

Sebagai contoh kamu bisa membuktikan dan meyakinkan kepada para pemberi program beasiswa bahwa mereka tidaklah salah pilih orang untuk memberi beasiswa ini. Dan kamu dapat membuktikan dengan tindakan yang nyata sehingga pemberi beasiswa makin yakin dengan kamu.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mengetahui pertanyaan-pertanyaan dasar ketika terdapat tes wawancara ketika mengikuti seleksi program beasiswa? Pastikan kamu telah menyiapkan diri untuk melakukan tes wawancara sehingga kamu dapat memberikan jawaban yang matang dan menarik.

Sehingga pewawancara tertarik dengan kamu untuk memberikan program beasiswanya kepada kamu. Dan jangan lupa tetap giat belajar dan jangan pantang menyerah bagi yang belum diterima di tes beasiswa yang kamu jalani. Masih banyak kesempatan yang akan dating yang menanti kamu. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…