Ini Dia 7 Jenis Divisi Dalam Kepanitiaan yang Mahasiswa Wajib Ketahui!

Hai guys, gimana nih kabarnya? Kabar baik selalu ya! Nah, siapa disini yang resolusi tahun barunya pengen lebih aktif ikut kegiatan baik di sekolah atau di kampus? Kalau itu kamu, kamu wajib baca sampai abis deh, khususnya kamu mahasiswa yang ingin berpartisipasi aktif dalam kepanitiaan di kampus.

Tapi, emang wajib ikut kepanitiaan? Jawabannya nggak wajib sih. Tapi, percaya deh. Ikut kepanitiaan itu sangat penting dan tentunya bermanfaat buat mengembangkan dirimu! Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan beberapa jenis divisi dalam kepanitiaan. Sebelumnya, sini aku kasih tahu alasan kenapa kamu harus mulai ikut kepanitiaan.

Manfaat Mengikuti Kepanitiaan

Image by Naassom Azevedo from Pixabay

1. Menambah Relasi

Nah, dengan ikut kepanitiaan, pasti kamu akan bertemu dengan banyak mahasiswa lain entah itu dari angkatan atas ataupun angkatan bawah. Disinilah kamu akan bisa menambah relasi dengan orang baru guys!

2. Menambah Pengalaman Baru

Yang kedua ini jelas banget dong! Dengan ikut kepanitiaan dalam suatu acara ataupun organisasi, pengalaman yang kamu punya jelas akan bertambah. Yang paling penting, pengalaman inilah yang akan membentuk kamu kedepannya. Ingat guys, pengalaman gak bisa dibeli dan nggak datang dua kali! Jadi sewaktu kuliah, pergunakan waktu yang ada dengan aktif ikut kepanitiaan ya!

3. Melatih Soft Skill

Nah, dengan ikut kepanitiaan, aku jamin skill-mu khususnya soft-skill, pasti akan sangat terasah. Gimana nggak? Dalam suatu acara, pasti aka nada tugas atau tanggung jawab yang harus kamu kerjakan. Disinilah kemampuanmu akan terasah, seperti problem solving, skill untuk  berkomunikasi dengan orang lain, dan lainnya.

4. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Buat kamu yang saat lulus nanti ingin jadi seorang pemimpin, maka ikut kepanitiaan bisa jadi suatu wadah yang membantu loh! Ingat, seorang pemimpin itu adalah orang yang mau melayani sesamanya. Dengan ikut kepanitiaan, jiwa kepemimpinanmu akan terasah, karena kamu harus saling menolong dan berkoordinasi dengan anggota tim lain bukan?

5. Menambah Pengalaman Kerja

Nah, kalau saat kuliah kamu sering ikut kepanitiaan, maka ini bisa berguna banget saat kamu bikin CV yang nantinya akan digunakan saat melamar kerja. Biasanya, rekruter akan cenderung untuk memilih pelamar yang punya banyak pengalaman dibandingkan pelamar yang hanya punya sedikit pengalaman.

Jenis Divisi Dalam Kepanitiaan

jobdesk mpk

Di atas adalah beberapa alasan kenapa kamu harus aktif dalam kepanitiaan sewaktu kuliah guys. Sekarang, aku jelasin beberapa divisi dalam kepanitiaan serta jobdesk-nya ya! Simak sampai habis!

1. Divisi Acara

Nah, divisi pertama adalah divisi acara. Dari namanya udah kelihatan banget kan, kalau divisi ini yang bertugas untuk mengatur rangkaian suatu acara. Disini, kamu yang akan bertanggung jawab dalam hal membuat konsep suatu acara yang nantinya harus kamu susun secara lebih spesifik agar acara bisa berjalan semestinya.

Yang jelas, kamu bakal super sibuk karena harus mengatur acara mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga acara selesai nantinya. Untuk kamu yang hobi atau jago public speaking, divisi acara bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu, karena disini kamu akan dilatih untuk menjadi pembawa acara alias MC!

2. Divisi Perlengkapan

Divisi yang biasanya dikenal dengan divisi equipment ini biasanya diisi oleh para cowok nih! Eits, tapi cewek juga ada kok! Kalau kamu masuk divisi perlengkapan, kamu bertugas untuk menyediakan segala macam peralatan yang diperlukan saat acara berlangsung, mulai dari meja, kursi, sound system, laptop, dan masih banyak lainnya. Biasanya, divisi perlengkapan juga berkoordinasi dengan divisi lain untuk memastikan peralatan yang dibutuhkan oleh setiap divisi.

3. Divisi PDD

Divisi yang ketiga adalah divisi PDD alias kependekan dari publikasi, dekorasi, dan dokumentasi. Dari namanya aja udah kelihatan banget kalau divisi ini bertugas untuk mempublikasikan acara agar acara tersebut dikenal banyak orang.

Kamu juga bertugas untuk mendekorasi ruangan atau tempat yang digunakan sesuai dengan tema acara, dan bertugas juga untuk mendokumentasikan tiap rangkaian acara, bisa dalam bentuk video, foto, dan lainnya. Nah, kalau kamu suka foto atau jago editing digital seperti bikin poster atau edit video, kamu cocok banget deh masuk divisi ini!

4. Divisi Konsumsi

Ini nih divisi yang paling populer! Apalagi kalau bukan divisi konsumsi? Kalau kamu mau masuk divisi ini, sini nih aku kasih tau jobdesk nya! Yang pertama, kamu harus menyiapkan menu makanan entah itu makanan ringan atau makanan berat ya! Kamu harus sesuaikan dengan waktu acara dan budget yang tersedia. Nantinya, kamu harus bagikan makanan tersebut tepat waktu sesuai dengan rundown acara ya!

Oh iya, biasanya divisi ini juga sering dikaitkan dengan kesehatan loh! Jadi nggak hanya mengurus makanan, kamu juga harus mengurus kesehatan dari peserta acara atau panitia yang lain. Disini, kamu bisa memberi pertolongan pertama pada peserta yang sakit atau yang membutuhkan pertolongan.

5. Sekretariat

Nah, divisi ini cocok banget diisi oleh orang-orang yang teliti. Kamu termasuk tipe orang yang teliti nggak? Divisi ini nantinya akan bertugas untuk mengurus keperluan surat menyurat seperti surat kerja sama, surat undangan, dan surat penting lainnya.

Kamu juga bertugas untuk merekap semua data peserta yang hadir dalam acara tersebut. Yang jelas, kamu harus tetap berkoordinasi dengan divisi lain terkait keperluan administrasi ya! Kalau kamu mau masuk divisi ini, kamu perlu belajar cara menggunakan google form, microsoft excel, google docs, dan aplikasi lainnya yang diperlukan dalam hal kesekretariatan!

6. Divisi Sponsorship

Nah, divisi keenam yang biasanya ada di kepanitiaan adalah divisi sponsor. Divisi ini punya banyak jobdesk loh, dan biasanya berkaitan dengan pendanaan suatu acara. Disini, kamu bertugas untuk mencari pihak yang dapat memberikan sponsor berupa dana dan bekerja sama dengan pihak tersebut.

Selain itu, kamu juga bertugas untuk membuat proposal sponsor dan nantinya kamu harus mengajukannya ke pihak yang akan kamu tuju. Nah, kalau berkaitan dengan pencarian sponsor dan dana nggak mungkin hanya dari satu pihak kan? Makanya, kamu juga harus merencanakan sumber pendanaan lain yang bisa memberikan pemasukan dana! Gimana, tertarik nggak masuk divisi ini?

7. Divisi Keamanan

Divisi satu ini biasanya diisi para cowok-cowok nih! Urusan keamanan dalam suatu acara merupakan tanggung jawab divisi ini ya! Kamu juga bertugas untuk mengatur serta mempersiapkan peralatan yang berkaitan dengan keamanan acara serta berkoordinasi dengan pihak keamanan seperti satpam agar acara bisa berlangsung dengan lancar dan aman.

Nah, itu aja guys beberapa divisi yang umumnya ada dalam suatu kepanitiaan. Oh iya, kalau kamu masuk kepanitiaan, kamu harus mengikuti beberapa tahap seperti interview ya! Wajib banget untuk jujur dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan ya guys!

Ingat, kalau kamu ingin masuk ke sebuah kepanitiaan atau organisasi, kamu harus bisa bagi waktu dengan baik ya! Tetap perhatiin prioritasmu yaitu kuliah! Jangan sampai terbengkalai! Semangattt!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kamar Berantakan Tanda Kamu Orang yang Kreatif Lho!

Selama ini kita selalu disuruh untuk menjadi rapi. Kemeja harus rapih. Naruh barang di tas…