Categories: Bahasa InggrisBuku

Resensi E-Book Grammar Berbasis Latihan Seri 1

Share

Buku digital kini menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk membaca buku. Membaca buku digital bisa kamu baca dimanapun dan kapanpun karena mudah untuk diakses. Salah satu buku yang recommended adalah E-book Grammar Berbasis Latihan Seri 1.

Buku ini merupakan buku latihan untuk memperdalam ilmu Bahasa Inggrismu khususnya grammar yang ditulis oleh Dwi Perbina Sinaga yang diterbitkan oleh Diandra Kreatif. Penasaran isinya apa saja? Yuk simak informasi berikut!

Resensi E-Book Grammar Berbasis Latihan Seri 1

1. Article dan Noun

Pada bab pertama, buku ini membahas mengenai article dan noun. Materi ini penting dan cukup mengecoh lho saat kamu tes TOEFL. Walaupun kelihatannya sederhana, namun kamu harus memahaminya dengan baik. Bab ini menjelaskan mengenai penjelasan dan penggunaan artikel A dan An. Selain itu ada latihannya juga lho. Tentu saja ini akan membantumu memahami materinya dengan baik.

Materi selanjutnya yang dibahas adalah Pronoun. Disini kamu akan belajar sepuluh bahasan mengenai pronoun dalam Bahasa Inggris, yaitu subjective pronoun, objective pronoun, possessive adjective, possessive pronoun, reflexive pronoun, intensive pronoun, indefinite pronoun, demonstrative pronoun, interrogative pronoun, dan relative pronoun.

Masing-masing dijelaskan secara padat dan jelas namun mudah untuk dipahami. Setelah itu kamu bisa melatih dirimu apakah kamu sudah mengerti materinya atau belum dalam enam latihan soal.

Selanjutnya, bab ini juga membahas Countable dan Uncountable Noun yang kadang membuat kita terkecoh saat tes TOEFL lho. Materi yang dibahas padat dan jelas sehingga memudahkan kamu mempelajarinya yang dilengkapi dengan contoh penggunaan dalam kalimat. Terdapat tiga latihan soal untuk mengasah kemampuanmu yang mirip dengan soal TOEFL lho.

Materi yang dibahas selanjutnya adalah mengenai Singular dan Plural Nouns yang menjelaskan pengertian dan perbedaannya terlebih dahulu. Kemudian dijelaskan lebih rinci mengenai Singular dan Plural Nouns, cara penulisan, cara penggunaan dalam kalimat, dan masih banyak lagi. Ada dua latihan soal yang bisa kamu kerjakan.

Materi terakhir yang dibahas dalam bab ini adalah Collective Noun, yang membahas mengenai kata benda yang digunakan untuk menyatakan suatu nama kelompok atau kumpulan (terdiri dari lebih dari satu anggota). Penjelasan yang diberikan sangat jelas dilengkapi dengan contoh dan dua macam latihan soal yang dapat kamu kerjakan.

2. Subject-Verb Agreement

Materi yang dibahas pertama kali pada bab kedua ini adalah Quantifier, yaitu kata yang digunakan untuk memberikan informasi tentang berapa banyak suatu benda berdasarkan kategori bendanya, yaitu benda yang bisa dihitung, benda yang tidak bisa dihitung, dan dapat digunakan oleh keduanya.

Masing-masing diberikan penjelasan dan contoh yang mudah dipahami. Setelah itu kamu bisa mengerjakan tiga macam latihan soal untuk melihat seberapa jauh kamu memahami materi.

Materi yang dibahas selanjutnya adalah mengenai Parallelism yang merupakan kesetaraan atau kesejajaran dengan maksud elemen di sebelah kiri sama dengan elemen di sebelah kanan. Diberikan penjelasan yang menarik dan mudah dipahami serta contoh penggunaannya. Kemudian kamu dapat mengerjakan lima macam latihan soal.

Materi terakhir yang dibahas di bab kedua adalah mengenai Concordance/Subject-Verb Agreement yang terdiri dari empat sub bab, yaitu Subject-Verb Agreement Frasa Preposisi, Subject-Verb Agreement Setelah Kuantiti, Subject-Verb Agreement Setelah Kata Kerja Posisinya Tertukar, Subject-Verb Agreement Setelah Kata Tertentu. Masing-masing sub bab menjelaskan secara detail dan dapat menemukan soal-soal di latihan soal.

3. Tenses

Bab ketiga membahas materi Tenses yang terdiri dari Present Simple Tense, Regular dan Irregular Verbs, Past Simple Tense, Present Continuous Tense, Past Continuous Tense, Present Perfect Tense, Present Perfect Continuous Tense, Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense, Future Simple Tense, Past Future Tense, Present Future Continuous Tense, Past Future Continuous Tense, Present Future Perfect Tense, Present Future Perfect Continuous Tense, Past Future Perfect Continuous Tense.

Masing-masing sub bab menjelaskan tujuan atau penggunaan tenses, rumus, dan latihan untuk mengasah kemampuan dalam memahami materi.

Itulah resensi buku Grammar Berbasis Latihan Seri 1, selain dalam bentuk ebook, kamu juga bisa membelinya dalam bentuk buku cetak lho. Kamu bisa merekomendasikan buku ini kepada teman-temanmu yang sedang belajar Bahasa Inggris. Atau bahkan bisa kamu gunakan sendiri untuk meningkatkan kemampuanmu. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on September 18, 2020 8:04 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Review Pahamify, Kelebihan dan Kekurangannya!

Review Pahamify - Guys ada kabar gembira nih buat kamu yang lagi kebingungan mencari bimbingan… Read More

Oktober 28, 2020

5 Manfaat Ikut Try Out UTBK dan Jadwal Try Out Ruangguru

Halo guys! Mendekati bulan November nih, pastinya semakin dekat juga dengan UTBK yang akan diadakan… Read More

Oktober 27, 2020

10 Rekomendasi Buku Untuk Mempersiapkan UTBK

Apakah kamu sudah mempersiapkan dengan matang berbagai materi maupun persiapan untuk mengerjakan UTBK? Mulai dari… Read More

Oktober 27, 2020

7 Inspirasi Membuat Agenda Belajar yang Menarik!

Gimana nih kabar belajar kamu selama pandemi ini? Apakah selama pandemi ini kamu jadi semakin… Read More

Oktober 23, 2020

Pengalaman Menggunakan Pahamify, Worth It Gak Sih?

Kali ini aku mau share tentang pengalamanku menggunakan Pahamify, salah satu aplikasi belajar online terbaik… Read More

Oktober 22, 2020

10 Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Lulus Kuliah

Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari - Siapa nih di antara kamu yang suka mempelajari bahasa… Read More

Oktober 22, 2020