5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau International Undergraduate Programme merupakan sebuah program yang disediakan beberapa universitas Indonesia, seperti UGM hingga Universitas Diponegoro di Semarang.

Lantas, apa sih yang membuat kelas IUP ini berbeda dengan kelas biasa? Apakah perbedaannya memengaruhi ke pekerjaan di masa depan? Kemudian, apakah ada hal spesial yang tidak ditemukan di kelas reguler?

Yap, kali ini penulis mau membagikan beberapa fakta kelas IUP yang wajib kamu ketahui sebelum mendaftar ke program ini. Ketahui juga berbagai kekurangan atau kelebihan dari program ini, sehingga kamu bisa menjalankan perkuliahan secara lebih maksimal guys. So, buat kamu yang udah penasaran, yuk langsung cek ulasannya di bawah ini ya!

Kenalan Dulu Yuk dengan Kelas IUP

fakta kelas IUP

Sebelum masuk ke berbagai fakta kelas IUP di Indonesia, ada baiknya kamu berkenalan dulu guys dengan apa sih yang disebut oleh kelas IUP? Yap, ketika hendak memasuki dunia perkuliahan, biasanya adan banyak tawaran jenjang maupun pilihan kelas yang wajib kamu simak dengan baik-baik guys.

Mulai dari jenjang D-1 hingga S1 maupun kelas reguler atau IUP. Kelas IUP sendiri memiliki banyak penyebutan, tetapi sama dalam hal program. Persamaannya ialah kelas ini menggunakan kurikulum atau taraf belajar dalam tingkat internasional. Yap, sesuai namanya International Undegraduate Program.

Beberapa universitas seperti Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada menyebut kelas internasional sebagai kelas IUP. Sedangkan, Universitas Indonesia atau Instituts Sepuluh Nopember menyebutnya sebagai kelas internasional.

Jadi, kalau setelah ini kamu tertarik masuk ke kelas IUP, tetapi tidak menemukan sebutan IUP di form pendaftaran, bisa jadi universitas tersebut menyebutnya sebagai kelas internasional. Pada prinsipnya tetap sama kok guys, beda sebutan saja. Kalau kamu penasaran mengenai kelas IUP lebih lanjut, yuk cek beberapa fakta kelas IUP di bawah ini guys!

Fakta Kelas IUP

fakta kelas IUP

1. Mendapat Dua Gelar

Fakta kelas IUP yang pertama ialah mendapatkan dua gelar ketika lulus nanti. Sebenarnya tidak semua universitas menyediakan dua gelar guys, hanya saja mayoritas pasti memberikan dua gelar kepadamu ketika lulus nanti. Satu gelar dari universitas asal Indonesia (tempatmu belajar) dan satu gelar dari universitas luar negeri.

Baca Juga:  7 PTN dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat Akreditasi B di Indonesia

Hal ini dikarenakan kelas IUP yang mempunyai prinsip untuk setengah semester belajar di Indonesia, dan setengah semesternya lagi belajar di kampus luar negeri yang menjadi mitra dari kampus dalam negeri. Jadi, gelar yang kamu dapat sama-sama untuk S-1 hanya saja dari dua universitas yang berbeda ya guys.

2. Ada Banyak Beasiswa

Salah satu mitos yang sering beredar di kalangan mahasiswa ialah kelas IUP yang terkenal mahal dan pelajarnya yang memiliki gaya hidup mewah. Penulis rasa hal ini tidak sepenuhnya benar guys.

Memang bukan hal yang mengejutkan kalau sebagian masyarakat mengira bahwa kelas IUP ini hanya ‘dihuni’ oleh siswa dari kalangan menengah ke atas karena biaya kuliahnya bisa 3 kali lipat dari biaya kuliah kelas reguler. Hanya saja, tidak semua anaknya memang berasal dari keluarga cukup kok guys.

Fakta menariknya, di kelas IUP sendiri tersedia banyak beasiswa yang mampu merecover keseluruhan biaya kuliah atau sebagian biaya kuliah. Tidak hanya itu, tawaran beasiswa untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 di luar negeri juga ada banyak guys. Jadi, jangan salah sangka terlebih dahulu ya!

3. Mata Kuliah Berbahasa Inggris

Fakta kelas IUP berikutnya ialah mata kuliah berbahasa Inggris. Sebagian pelajar menghindari kelas IUP atau kelas internasional, seringkali diakibatkan karena hal ini guys. Padahal bahasa Inggris sendiri sangat penting untuk dipelajari lho.

Kalau kamu memang tertarik masuk kelas IUP dan merasa minder dalam bahasa Inggris, maka kamu bisa mengambil kursus terlebih dahulu. Setidaknya, kamu bisa belajar Bahasa Inggris sewaktu di Indonesia dengan maksimal sebelum akhirnya landing untuk belajar ke luar negeri.

Oh iya, kebanyakan bahasa pengantar yang menggunakan Bahasa Inggris juga memengaruhi dosen-dosen pengajarnya lho. Ada banyak dosen yang berasal dari luar negeri yang mengajar di kelas internasional ini guys. So, ada lebih banyak pengetahuan yang bisa kamu ambil dan pelajari di banding kelas reguler.

Baca Juga:  5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Masuk Kuliah! Apakah Kamu Sudah Siap?

4. Memiliki Koneksi Perteman yang Luas

Berikutnya, fakta kelas IUP yang akan memperluas koneksi pertemanan memang bukan mitos belaka lho. Tahukah kamu kalau setiap tahunnya universitas di Indonesia menerima banyak pelajar dari negara asing juga guys. Pelajar ini baisanya mengikuti program pertukaran belajar untuk bisa belajar di Indonesia.

Akibat dari hal ini, secara tidak langsung kamu akan memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas guys. Tidak hanya teman-teman yang berasal dari Indonesia saja, melainkan juga luar Indonesia. Ditambah lagi, ketika kamu menghabiskan setengah semester untuk berkuliah di luar negeri, tentu akan ada banyak teman dan relasi baru.

Manfaatnya adalah ketika kamu hendak pergi ke luar negeri, entah dalam tujuan untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja, setidaknya kamu memiliki ‘kenalan’ di negara tersebut yang bisa membantumu untuk beradaptasi.

5. Prospek Kerja Hingga Luar Negeri

Fakta kelas IUP yang terakhir ialah prospek kerja taraf internasional. Yap, tidak hanya tawaran beasiswa yang berasal dari luar negeri saja, kamu juga akan mendapat lebih banyak kesempatan untuk bekerja di perusahaan internasional maupun di luar negeri.

Apalagi kamu sudah fasih berbahasa Inggris dan menyelesaikan ebrbagai syarat kebahasaan sedari kuliah, maka akan sangat besar kemungkinan untuk bekerja hingga level internasional. Dengan bekerja di perusahaan internasional, maka gaji yang kamu dapatkan pun akan semakin besar.

Mungkin kamu juga bisa tinggal sekaligus bekerja di luar negeri sesuai dengan cita-cita sebagian dari pelajar di Indonesia. Kamu juga bisa melanjutkan pendidikan sembari bekerja di luar atau kembali ke Indonesia apabila memang lebih nyaman.

Universitas yang Bekerja Sama dengan PTN Indonesia

fakta kelas iup
Clocktower Building University of Otago Dunedin New Zealand

Setelah mengetahui berbagai fakta kelas IUP, kini kamu pasti bertanya-tanya universitas luar mana saja sih yang menjadi mitra PTN atau PTS di Indonesia? Ada banyak guys, penulis akan spill beberapa universitas ya.

Baca Juga:  15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Untuk Universitas Indonesia sendiri bekerja sama dengan Universitas Sydney, Monash University, hingga Queensland University. Berbeda dengan Universitas Diponegoro yang menjalin mitra dengan Saxion University-Belanda, hingga Universitas Leiden di Belanda.

Kebanyakan PTN maupun PTS di Indonesia memang bekerja sama dengan universitas terdekat, seperti yang ada di Sydney, Singapura, Malaysia, bahkan hingga berbagai universitas di Eropa. Bagaimana guys, sampai sini apakah kamu tertarik untuk masuk ke kelas IUP?

Nah, di atas adalah beberapa fakta kelas IUP yang mungkin baru kamu ketahui atau bahkan bisa memengaruhi pertimbanganmu untuk masuk ke kelas ini. IUP sendiri bisa menjadi batu loncatan untuk sebagian pelajar, seperti melanjutkan S2 atau bekerja di luar negeri.

Di sisi lain, IUP juga bisa menjadi ‘malapateka’ kalau kamu tidak mempersiapkan berbagai keperluan atau tidak sungguh-sungguh dalam belajar karena persaingan belajar yang ketat ditambah biaya kuliah yang cukup pricey.

So, penulis harap kamu bisa mempertimbangkan dengan matang-matang, apakah di perkuliahan nanti kamu ingin mengambil kelas IUP atau kelas reguler. Toh, keduanya juga sama-sama baik apabila kamu dapat menjalakannya dengan maksimal. Semangat teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi b…