Categories: Kuliah

7 Fakta Tentang Dunia Perkuliahan yang Wajib Kamu Ketahui!

Share

Sebagian orang melihat gambaran dunia perkuliahan dari televisi, mendengar cerita dari orang-orang yang kuliah, atau membaca sekilas dari berbagai media. Tidak banyak orang yang tahu mengenai fakta tentang dunia perkuliahan, beberapa diantaranya siswa yang masih di bangku sekolah. Berikut fakta tentang dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui untuk menambah wawasanmu.

7 Fakta Tentang Dunia Perkuliahan

1. Ada kontrak perkuliahan

Seperti halnya saat bekerja, kuliah juga mempunyai kontrak. Kontrak perkuliahan yang dimaksud adalah kontrak yang menjelaskan mengenai waktu pertemuan kuliah, bab setiap pertemuan, dosen yang mengajar, toleransi keterlambatan, ketentuan penilaian, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, satu sesi pertemuan kuliah adalah 50 menit. Ada mata kuliah yang hanya satu sesi dan ada yang dua sesi. Untuk kelas praktikum dan responsi, biasanya adalah tiga sesi sehingga waktunya adalah 150 menit. Bab setiap pertemuan biasanya juga diberikan daftarnya pada saat penjelasan kontrak perkuliahan beserta dosen yang mengajar.

Masing-masing dosen akan menyepakati toleransi keterlambatan untuk pertemuan kuliah. Kesepakatan toleransi keterlambatan disepakati oleh dosen beserta mahasiswa yang hadir. Biasanya toleransinya adalah 10-15 menit. Sedangkan toleransi keterlambatan untuk kelas responsi atau praktikum akan disepakati dengan asisten praktikum atau asisten dosen yang akan memandu kelasnya.

Ketentuan penilaian suatu mata kuliah, ditetapkan oleh dosen-dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. Masing-masing mata kuliah punya ketentuan penilaian yang berbeda. Presentase UTS, UAS, tugas lainnya, serta kehadiran mahasiswa sudah ditentukan pada kontrak perkuliahan. Termasuk standar untuk mendapatkan nilai A dan nilai lainnya.

2. Sering membawa laptop

Mungkin kamu sempat berpikir bahwa kuliah hanya membawa satu buku saja beserta alat tulis. Namun, faktanya mahasiswa sering membawa laptop untuk keperluan kuliah, responsi, praktikum, dan mengerjakan tugas. Karena tugas mahasiswa yang banyak dan deadline pengumpulan tugas yang cepat, membuat mahasiswa harus dapat membagi waktu. Banyak mahasiswa yang membawa laptop saat kuliah untuk mengerjakan tugas baik tugas individu maupun tugas kelompok.

3. Ada aturan berpakaian

Walaupun saat kuliah kita bisa memakai pakaian bebas atau bukan seragam, namun ada aturannya lho. Mahasiswa harus memakai kemeja dan tidak boleh memakai kaos. Jika ingin memakai kaos maka harus memakai kaos yang berkerah. Tidak boleh memakai rok atau celana di atas lutut bagi mahasiswa perempuan. Serta tidak boleh memakai celana pendek bagi mahasiswa laki-laki.

Selain itu, mahasiswa juga harus memakai sepatu tertutup. Boleh memakai flat shoes namun tidak boleh yang terbuka bagian depan maupun belakang. Mahasiswa juga tidak diperkenankan untuk mewarnai rambut mereka. Bahkan, mahasiswa laki-laki juga tidak boleh memanjangkan rambutnya. Intinya harus rapi dan sopan.

4. Jam kuliah bervariasi

Jika jam sekolah telah ditentukan, maka jam kuliah bervariasi. Ada yang kuliah pagi, siang, sore, bahkan malam. Jam kuliah ditentukan oleh pihak penyelenggara mata kuliah. Mahasiswa harus mengetahui jam suatu mata kuliah yang akan diambil saat mengatur rencana studi. Hal ini dilakukan agar tidak ada jadwal yang bentrok.

5. Tidak ada jam kosong

Kamu mungkin tidak asing dengan jam kosong saat dibangku sekolah. Namun, tahukah kamu bahwa di bangku perkuliahan tidak ada yang namanya jam kosong? Saat kamu ada kelas dan dosenmu tidak datang, maka kelas akan diganti dengan pada jam dan hari lainnya. Ketentuan waktu kuliah pengganti akan ditentukan oleh dosen yang bersangkutan. Bahkan saat ada hari libur di hari weekdays, maka kuliah hari itu akan diganti di hari lain sesuai dengan kebijakan kampus.

6. Jam tidur lebih sedikit

Sebagian dari kamu mungkin ada yang merasa kurang tidur saat masih di bangku sekolah. Namun, faktanya mahasiswa lebih banyak yang kurang tidur. Ketika sudah kuliah, kamu akan dihadapkan oleh beberapa kuliah, responsi, praktikum, tugas, dan kegiatan kampus lainnya. Tugas yang banyak akan menyita waktumu terlebih jika kamu tidak segera mengerjakannya. Ketika masuk kuliah, kamu harus pandai-pandai mengatur waktu agar mendapatkan jam tidur yang cukup.

7. Ada berbagai macam tugas

Tugas di dunia perkuliahan ada bermacam-macam. Ada yang mengerjakan soal-soal yang merupakan tugas dari kelas responsi. Ada tugas review jurnal dari dosen. Ada tugas membuat laporan setelah melakukan survey, penelitian, terjun lapang, maupun praktikum. Ada tugas membuat makalah, business plan, dan masih banyak lagi. Tugas-tugas tersebut membutuhkan referensi yang valid dan berbobot. Itulah kenapa saat kuliah, mahasiswa harus mencari referensi dari buku maupun jurnal, baik jurnal nasional atau internasional.

Sekarang kamu sudah mengetahui fakta mengenai dunia perkuliahan. Jika kamu adalah calon mahasiswa baru, kamu harus menyiapkan mental dan kesehatan mulai sekarang. Jika kamu masih di bangku sekolah, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal ini agar kelak kamu tidak kaget saat masuk kuliah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu agar tidak ketinggalan artikel mengenai dunia perkuliahan. Salam sukses. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on July 8, 2020 11:38 pm

Mirna Rahmasari

Alumni Gizi Masyarakat IPB angkatan 49. Konselor ahli gizi dan hobi menulis. Follow Instagram : @mirna__r

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2 | Sistem Reproduksi pada Tumbuhan

Sistem Reproduksi tidak hanya terdapat pada manusia, hewan dan tumbuhan pun memiliki sistem reproduksi. Sistem… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 8 Bab 2 | Usaha dan Pesawat Sederhana

Apa yang kamu ketahui tentang pesawat sederhana? Apakah sebuah pesawat terbang? Apa sajakah jenis –… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 6 | Transformasi Energi, Metabolisme, Sistem Pencernaan

Energi bisa bertransformasi kedalam sel? Apakah yang disebut anabolisme dan katabolisme? Jawabannya adalah... ada didalam… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 6 | Energi dalam Sistem Kehidupan

Sering mendengar energi terbarukan dan energi tak terbarukan ketika menonton berita? Sebenarnya apa sih energi… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 5 | Kalor dan Perpindahannya

Mengapa ketika menjemur baju, baju yang lebih hitam lebih cepat kering daripada warna yang lain?… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 4 |Suhu dan Perubahannya

Sudah mengerti tentang termometer? Apa saja jenis – jenis termometer? Sudah mengerti tentang pemuaian? Pemuaian… Read More

July 31, 2020

Website ini menggunakan Cookie