Categories: Kesmas

Gaji Lulusan Kesehatan Masyarakat

Share

Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang bagus. Jurusan ini banyak diminati oleh siswa-siswi yang berasal dari jurusan IPA karena bidang yang ditekuni dalam jurusan ini adalah bidang kesehatan.

Selain itu, jurusan ini juga mempunyai ruang lingkup di bidang sosial. Menarik bukan? Lalu, berapa sih gaji lulusan kesehatan masyarakat? Yuk simak informasi berikut!

Gaji Lulusan Kesehatan Masyarakat

1. Bekerja di Puskesmas atau Rumah Sakit

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga bisa bekerja di Puskesmas atau Rumah Sakit lho. Keahlian dari lulusan Kesehatan Masyarakat bisa diterapkan dalam bidang pelayanan kesehatan, bidang administrasi, dan bidang lainnya.

Gaji bagi lulusan Kesehatan Masyarakat yang bekerja di Puskesmas atau Rumah Sakit mulai dari Rp 3.000.000,- setiap bulannya.

2. Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Salah satu lapangan pekerjaan yang berpeluang besar untuk mendapatkan gaji yang cukup tinggi bagi lulusan Kesehatan Masyarakat adalah menjadi staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan.

Beberapa perusahaan mencari staf K3 terutama perusahaan yang berkaitan dengan konstruksi, lingkungan, dan lainnya. Gajinya cukup besar, yaitu mulai dari Rp 5.000.000,- setiap bulannya.

3. Staf di Perusahaan Asuransi Kesehatan

Kamu yang sudah lulus dari jurusan Kesehatan Masyarakat bisa bekerja di perusahaan asuransi. Kamu bisa menempati banyak posisi. Pada umumnya bisa menjadi konsultan kesehatan.

Gaji yang akan kamu dapatkan mulai dari Rp 3.000.000,- setiap bulannya. Belum lagi jika kamu mendapatkan bonus target tertentu, maka gaji yang akan kamu dapatkan bisa lebih dari nominal tersebut.

4. Peneliti

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga bisa menjadi peneliti lho. Bisa menjadi peneliti di bidang epidemiologi dan bidang biostatistik. Dengan menjadi peneliti, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5.000.000,- setiap bulannya.

Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah tergantung pada penelitian yang kamu ambil atau kamu lakukan.

5. PNS

Bagi kamu yang ingin jadi PNS, lulusan Kesehatan Masyarakat juga bisa lho bekerja menjadi PNS atau yang sekarang disebut dengan ASN. Gaji yang akan kamu dapatkan kalau kamu bekerja sebagai PNS/ASN mulai dari Rp 3.000.000,- setiap bulannya.

Gajinya juga berbeda tergantung pada formasi, golongan, dan pangkat. Kamu juga akan mendapatkan tunjangan lho.

6. Dosen

Bagi kamu yang sudah lulus dari program pascasarjana Kesehatan Masyarakat, kamu bisa bekerja menjadi dosen. Saat menjadi dosen, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5.000.000,- dan bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

7. Promotor Kesehatan

Peluang kerja bagi lulusan Kesehatan Masyarakat salah satunya adalah menjadi promotor kesehatan. Promotor kesehatan gajinya lumayan lho, yaitu mulai dari Rp 3.000.000,- Gaji ini juga tergantung pada perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja. Bisa juga lebih tinggi lho.

8. Staf Gizi Kesehatan Masyarakat

Saat kuliah, mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat bisa mengambil peminatan Gizi Masyarakat. Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi staf gizi kesehatan masyarakat. Gaji yang akan kamu dapatkan mulai dari Rp 4.000.000,- setiap bulan.

9. Administrator Layanan Kesehatan

Sebagai lulusan Kesehatan Masyarakat, kamu bisa bekerja sebagai Administrator Layanan Kesehatan pada fasilitas kesehatan yang ada di sekitarmu. Gaji yang akan kamu dapatkan saat bekerja sebagai administrator layanan kesehatan adalah sekitar Rp 4.000.000,- setiap bulannya.

Itulah beberapa pekerjaan beserta gaji lulusan kesehatan masyarakat. Gaji tersebut berbeda-beda tergantung pada pada perusahaan atau institusi tempat bekerja. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang ingin tahu tentang gaji lulusan kesehatan masyarakat. Semoga bermanfaat. 

This post was last modified on Januari 4, 2021 11:34 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Belajar memang tidak terbatas sampai kapan dan dimana. Belajar bisa sampai umur berapapun dan ke… Read More

Januari 21, 2021

5 Persiapan Sebelum Belajar di Luar Negeri

Belajar atau menempuh studi di luar negeri kini sudah banyak dijalani oleh sebagian orang. Banyak… Read More

Januari 21, 2021

9 Alasan Penting Harus Membaca Buku

Banyak diantara kamu yang mungkin sudah terbiasa membaca buku. Membaca buku bagi sebagian orang memang… Read More

Januari 21, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 13 Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf

Hidup jadi lebih damai dengan ikhlas, sabar, dan pemaaf tentunya sangat penting untuk kita ketahui,… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 12 Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw

Penerus perjuangan Nabi Muhammad saw tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang bersifat spontanitas… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 11 Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan

Hijrah ke Madinah, sebuah kisah yang membanggakan tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang… Read More

Januari 17, 2021