Gimana Sih Rasanya Belajar di Bangku Kuliah? Yuk, Baca Di Sini!

Beberapa dari siswa masih belum mengetahui gambaran tentang bangku perkuliahan. Mungkin ada diantara kamu yang sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Gambaran Tentang Kuliah yang Perlu Kamu Ketahui Part 1. Saya sudah menjelaskan beberapa gambaran disana. Dalam artikel ini, saya akan melanjutkan penjelasan saya mengenai gambaran tentang kuliah. Apa saja? Yuk simak informasi berikut !

Gambaran Tentang Kuliah yang Perlu Kamu Ketahui (Part 2)

1. Ada UTS dan UAS setiap semester

Setiap semester di perkuliahan pada umumnya selama 14 minggu, yang dibagi menjadi 7 minggu periode UTS dan 7 minggu periode UAS. Setiap selesai periode tersebut, akan ada ujian yaitu UTS dan UAS. Dalam ujian UTS, materi yang akan keluar saat ujian adalah materi yang diajarkan saat periode UTS saja, begitu juga saat UAS. Berbeda dengan SMA/MA/SMK, materi-materi yang keluar saat UAS adalah materi sejak awal semester.

2. Diajar dan dibimbing oleh dosen  

Saat sekolah, siswa diajar oleh guru. Sedangkan di bangku perkuliahan, guru yang mengajar mahasiswa disebut dengan dosen. Dosen di perguruan tinggi pada umumnya sudah menyelesaikan minimal pendidikan magister atau S2. Ada juga beberapa universitas yang mengharuskan dosennya mempunyai latar belakang pendidikan minimal S3.

Dosen tidak hanya mengajar mahasiswa, namun ada juga yang disebut dosen pembimbing akademik. Dosen pembimbing akademik akan membantu, mengarahkan, dan membimbing kamu sebagai mahasiswa dalam mengatur jadwal kuliahmu, mengatur mata kuliah apa saja yang kamu ambil, memantau perkembangan akademikmu, dan sebagainya. Ada juga yang disebut dosen pembimbing, dosen yang akan menjadi pembimbingmu dalam menyelesaikan tugas akhir, skripsi, dan sebagainya. 

Baca Juga:  Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

3. Tidak ada OSIS, adanya BEM

Saat sekolah sejak SMP hingga SMA, kamu pasti sudah mengetahui di sekolah ada organisasi yaitu OSIS. Ada juga organisasi Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). Saat kuliah, organisasi yang ada yaitu Himpunan Profesi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilah Mahasiswa (DPM), dan beberapa orgnaisasi lainnya.

Himpunan profesi adalah himpunan yang beranggotakan mahasiswa dari satu jurusan dengan anggota beberapa angkatan. BEM yang ada di perkuliahan ada BEM Fakultas dan juga BEM KM. BEM Fakultas adalah BEM yang menaungi satu fakultas yang terdiri dari beberapa jurusan atau beberapa departemen.

Misalnya BEM Fakultas Pertanian, maka anggotanya adalah mahasiswa dari Fakultas Pertanian, bisa dari jurusan yang berbeda asalkan jurusan tersebut masih di bawah naungan Fakultas Pertanian. Sedangkan BEM KM atau BEM Keluarga Mahasiswa adalah BEM yang menaungi satu kampus. Anggota BEM KM berasal dari berbagai jurusan dan fakultas dalam kampus tersebut. BEM dalam pemerintahan memegang peran sebagai badan eksekutif. 

4. Tidak ada UN, adanya tugas akhir

Sebagai siswa, kamu pasti menghadapi ujian nasional atau ujian sekolah agar kamu lulus sekolah. Sedangkan mahasiswa harus mengerjakan tugas akhir agar lulus dari bangku kuliah. Tugas akhirnya berbeda-beda di setiap jenjang. Jika kamu mengambil D3 maka syarat lulus salah satunya adalah mengerjakan tugas akhir, S1 mengerjakan skripsi, S2 mengerjakan tesis, dan S3 mengerjakan disertasi.

Proses mengerjakan tugas-tugas tersebut berbeda-beda setiap universitas. Namun, pada umumnya diawali dengan membuat proposal penelitian, seminar proporsal, penelitian, seminar hasil penelitian, sidang, yudisium, wisuda. Ada beberapa universitas yang tidak mengadakan seminar hasil penelitian dan yudisium. Tahapan-tahapan tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing program studi dan juga universitas.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Sosial dan Politik

Sekarang pengetahuanmu mengenai dunia perkuliahan sudah bertambah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang masih awam dengan dunia perkuliahan. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…