panduan-ruangguru

Google Project X Ruang Guru, Cerdas Berinternet

Tanggal 26 September 2019 kemarin, Ruang guru kembali berkolaborasi untuk menciptakan konten menarik, dengan mepromosikan tolerasi, dan membangun ketahanan digital terhadap radikalisme dan intimidasi. Ruang guru berkolaborasi dengan Google Project meluncurkan konten video edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan litrasi digital siswa dan guru Indonesia yaitu program Yuk, Cerdas Berinternet!.

Diawal dengan berbagai dampak negatif internet bagi kalangan pelajar, sehingga dengan 27 materi bertema internet, berpikir kritis di internet, dan juga mengelola diri di internet. Program ini dapat diakses oleh siswa SMP atau SMA di seluruh Indonesia secara gratis. Untuk dapat mengakses program Yuk, Cerdas Berinternet!, kamu bisa membuka aplikasi Ruang guru.

Daftar Isi

Apa itu Program Yuk, Cerdas Berinternet?

Program Yuk Cerdas Berinternet! merupakan salah satu program yang menggabungkan empat organisasi sosial yaitu Cameo Project, Maarif Institute, Love Frankie dan Peacegen. Tujuanya untuk meningkatkan ketahanan digital untuk seluruh pengguna internet. Yuk Cerdas Berinternet! berada di bawah Spirit Rejuvenation Project dari Google.org dan berkolaborasi dengan Ruang guru.

Ruang guru sudah berkalaborasi dengan Google.org untuk menciptakan program belajar yaitu Yuk, Cerdas Berinternet!. Dari program tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dan guru mengenai berbagai macam informasi yang disebar secara digital di internet serta penggunaan internet yang lebih produktif dan bertanggung jawab lagi.

Program Yuk, Cerdas Berinternet! berisi konten positif dan edukatif melalui video. Yuk, Cerdas Berinternet! mempunyai tiga tema besar yang kemudian menjadi sub topik yang lebih spesifik lagi yaitu Nilai dan Budaya Online, Kenali Kesalahan Berpikir, Cerdas Berinternet, Menemukan Informasi yang Valid, Cyberbullying, Kelola Diri, Preventif!, Membandingkan Diri di Media Sosial, Interaksi Digital yang Baik, Tekanan di Internet, dan yang terakhir Sesat Pikir, Apa Tuh?.

Baca Juga:  Jadwal Sekolah Online Ruanggru untuk SMA Jurusan IPS

Yuk Cerdas Berinternet! mempunyai 27 konten video dan materi edukatif yang dapat menjadi tambahan bahan pembelajaran untuk meningkatkan ketahanan digital bagi para pelajar. Kurikulum yang dikembangkan di Yuk Cerdas Berinternet! juga dapat membantu mempersiapkan sumber daya manusi yang lebih cerdas dan unggul serta dapat memanfaatkan internet dengan baik.

Manfaat Program Yuk Cerdas Berinternet!

Banyaknya konten di internet yang berdampak negatif bagi pelajar membuat muncul ide untuk menciptakan program Yuk Cerdas Berinternet!. Berikut manfaat dari program besutan Google.org dengan Ruang guru.

Mewadahi pelajar menjadi lebih cerdas

Yuk Cerdas Berinternet! berisi berbagai konten edukatif yang bermanfaat bagi pelajar Indonesia. Dengan program tersebut diharapkan pelajar menjadi generasi yang cerdas dan melek teknologi serta dapat menciptakan konten yang positif di internet.

Membantu berpikir kritis

Program Yuk Cerdas Berinternet! bertujuan untuk membantu para pelajar untuk berpikir kritis dan mendorong menjadi pribadi yang cerdas khususnya di dunia digital. Yuk Cerdas Berinternet! berisi konten edukatif yang dapat diakses secara gratis di aplikasi Ruang guru.

Workshop belajar

Konten workshop tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pelajar yang keratif, inovatif dan cerdas dalam menciptakan berbagai konten positif di media maya atau internet sehingga konten negatif dapat dikurangi.

Mading online

Mading online menjadi program untuk mengajak pelajar dalam menyalurkan kreatifitas dan inovasinya melalui platform. Mading tersebut dapat dilihat oleh seluruh pengguna di Indonesia sehingga dapat memingkatkan potensi pelajar di dunia jurnalisme.

Ruang guru sudah memberikan pelatihan materi Yuk Cerdas Berinternet!, kepada 300 guru yang berada di Samarinda, Tabanan, Cilacap, Bandung dan Palembang. Tujuanya agar guru dapat menerapkan materi digital tersebut sebagai bahan pelajaran di kelas. Pelatihan ini akan digelar di sekolah di seluruh Indonesia seiring berjalanya waktu.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih…