Harga Buku VS Langganan Video Belajar

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Mungkin kamu pernah mengalami masa ketika bingung menentukan apakah akan mengikuti bimbingan belajar atau tidak. Hal ini juga mungkin berlaku bagi orang tua yang harus mengikutkan anaknya untuk bimbingan belajar ataukah cukup belajar sendiri dirumah. Tentunya pertimbangan ini berkaitan dengan finansial yang harus dikeluarkan jika mengikutkan bimbingan belajar.

Sebenarnya kamu bisa kok membandingkan harga yang akan kamu keluarkan ketika mengikuti bimbingan secara online dengan belajar sendiri dirumah yang dibantu dengan beberapa buku yang sesuai.  Perbandingan ini akan memberikan kamu gambaran apakah kamu lebih baik mengambil bimbel online ataukah membeli berbagai macam buku untuk kamu belajar sendiri di rumah. 

Pilih Mana, Buku atau Langganan Video Belajar?

Sebelum membandingkan dari kedua hal tersebut, coba kamu membuat daftar atau list beberapa buku yang kamu butuhkan ketika kamu harus belajar sendiri di rumah dengan bantuan buku tersebut. Apalagi bagi kamu yang saat ini duduk di bangku SMA yang tentunya sangat membutuhkan sesi belajar lebih untuk bisa menguasai materi dan mempersiapkan diri ke jenjang selanjutnya.

1. Harga Buku SMA

Ketika kamu jalan-jalan ke toko buku cobalah melihat harga buku pelajaran inti kamu di rak buku. Harga satu buku dari pelajaran pokok kamu bisa sekitar Rp 50.000 – Rp 200.000. Jika kamu kalikan jumlah buku yang harus kamu miliki untuk persiapan SBMPTN kamu misalkan sekitar 5 buku maka kamu akan mengeluarkan uang sekitar Rp 1.000.000 sebagai kompensasi untuk buku.

Baca Juga:  Cara Daftar Ruangguru Paket Ruangbelajar

Nominal itu belum termasuk jika kamu harus membeli beberapa buku tambahan misalkan, latihan soal, tips mengerjakan soal dengan mudah, kumpulan soal SBMPTN, kumpulan soal UN dan juga banyak buku lainnya yang harganya hampir sama sekitar 150.000 sampai 250.000. Dengan harga tersebut kamu bisa mengeluarkan uang lebih dari 1.000.000 untuk bukui tambahan kamu. buku-buku tersebut berlaku untuk1 semester dan kamu harus membeli lagi semeter depannya.

2. Harga Langganan Video belajar

Untuk langganan video belajar di Ruangguru kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari biaya yang kamu keluarkan untuk membeli buku pelajaran tersebut. Di Ruangguru ada beberapa pilihan paket langganan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. paketannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk kelas 10,11,12 SMA IPA dan IPS dengan durasi paket langganan selama 1 bulan di harga Rp. 250.000
  • Untuk durasi waktu langganan 1 semester hanya Rp. 625.000
  • Untuk durasi waktu langganan 1 tahun sebesar Rp. 930.000
  • Untuk durasi waktu langganan 2 tahun sebesar Rp. 1.450.000

Bisa kamu hitung dengan biaya langganan yang begitu murah kamu akan lebih bisa berhemat lebih untuk keperluan kamu nantinya. Langganan video belajar di Ruangguru juga menyediakan materi yang bisa kamu simpan dan kamu buka kembali untuk belajar di waktu lain kok jadi tidak hanya dalam bentuk video saja yang langsung hilang ketika selesai pembelajaran.

Plus Minus Belajar dengan Buku Vs Langganan Video Belajar

Pertimbangan ketika memutuskan untuk belajar sendiri dengan bantuan buku dengan mengikuti bimbel online via langganan video belajar memang adalah pertimbangan finansial. Dengan membeli buku sendiri dalam satu semester sekitar Rp.2.000.000 maka dengan bimbel online Ruangguru hanya mengeluarkan sekitar Rp. 625.000, artinya anda bisa berhemat sekitar 1.375.000. Tentu sangat hemat dong.

Baca Juga:  Kode Diskon Ruangguru Terbaru, Diskon 50%

1. Video Belajar Ruangguru

a. Waktu belajar fleksibel

Ruangguru adalah metode belajar yang terbaru dan kekinian karena hanya mengunakan gadget. Aplikasi ini dapat di download dan kamu bisa belajar dengan flesibel diamana saja dan kapan saja. Kamu bisa memilih waktu dan tempat yang paling nyaman menurut kamu untuk mulai belajar. Jadi tidak ada keharusan untuk belajar di waktu tertentu.

b. Biaya Sedikit

Ruangguru ini mengemas materi pelajaran dalam bentuk paket-paket yang dibayar dalam satu kali. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lagi ketika akan menggunakannya. Kamu juga tidak memerlukan alat tulis untuk mencatat atau merangkum materi karena kamu bisa download materi dengan visual yang menarik.

c. Materi Pelajaran Lengkap

Ruangguru menyediakan materi pelajaran secara lengkap. Muali dari Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi. Materi pelajaran juga disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku sehingga tidak akan melenceng dari materi yang kamu dapatkan di sekolah resmi.

d. Materi Pelajaran Bisa Dibaca Berulang

Jangan khawatir jika yang kamu lihat di video akan hilamg ketika sesi belajar selesai. Kamu bisa mendownload materi tadi dan bisa membacanya kembali kapanpun dan dimanapun kamu mau. Tampilan materi juga dilengkapi dengan visual yang menarik agar kamu tidak bosan dan sesi belajar lebih menyenangkan

2. Belajar dari Buku

a. Gampang Bosan

Beberapa siswa mengeluhkan tentang mudah bosannya ketika harus belajar sendiri dengan cara membaca buku teks yang kurang menarik dan terlihat monoton. Untuk satu jam pertama mungkin masih bisa namun selanjutnya akan muncul rasa bosan dan akhirnya belajar terganggu.

b. Harga Mahal

Memang untuk membuat buku tidaklah mudah, jadi wajar jika harga buku juga terbilang mahal. Namun dengan harga yang mahal belum tentu juga menjamin kamu bisa tahu semua isi materi di buku tersebut.

Baca Juga:  Cara Bayar Ruangguru Lewat Bank Permata

c. Tampilan Kurang Menarik

Desain buku yang kebanyakan memunculkan tulisan dari pada gambar tentunya menjadikan kamu merasa tidak ada visual yang menarik untuk membuat belajar yang nyaman. 

Dengan perbandingan yang ada, kamu bisa melihat mana yang lebih baik antara kamu membeli aneka buku yang kamu butuhkan atau dengan berlangganan video belajar yang lebih menarik dan efektif.  Memang tidak ada salahnya kamu belajar menggunankan media buku, namun untuk membuat belajar lebih menyenangkan kamu bisa mencoba dengan video belajar berlangganan Ruangguru.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kisah Sukses Pendiri Rungguru, Belva Devara

Siapa yang nih yang gak kenal dengan Ruangguru? Pasti kamu udah tahu kan aplikasi belajar …