Homeschooling Jakarta untuk Anak SD dan PAUD | Altaschool

Homeschooling Jakarta | Homeschooling merupakan sebuah metode pendidikan di mana anak-anak belajar di rumah di bawah bimbingan orang tua atau tutor, bukan di sekolah formal. Dalam homeschooling, pembelajaran dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan belajar masing-masing anak.

Manfaat Homeschooling

1. Kustomisasi Pembelajaran

Salah satu manfaat utama homeschooling adalah kemampuan untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Dengan pendekatan yang individual, anak dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien.

2. Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman

Anak-anak dalam homeschooling dapat belajar dalam lingkungan yang lebih terkontrol dan akrab, tanpa tekanan sosial atau gangguan yang mungkin ada di lingkungan sekolah. Hal ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman dan kondusif.

3. Fleksibilitas Waktu

Homeschooling memberikan fleksibilitas dalam menentukan waktu belajar. Anak-anak dapat belajar pada waktu yang sesuai dengan ritme dan kegiatan keluarga, sehingga dapat mengoptimalkan waktu belajar mereka.

4. Pembelajaran yang Lebih Mendalam

Dengan pembelajaran yang individual dan fokus, anak-anak dalam homeschooling dapat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran. Mereka memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi topik secara lebih luas dan mendalam.

5. Hubungan yang Dekat antara Orang Tua dan Anak

Homeschooling memungkinkan orang tua untuk terlibat secara langsung dalam proses pendidikan anak-anak mereka. Hal ini memperkuat hubungan antara orang tua dan anak, serta memungkinkan orang tua untuk lebih memahami kebutuhan dan minat anak mereka.

Perbedaan dengan Belajar Reguler

1. Struktur Pembelajaran

Di sekolah reguler, pembelajaran terstruktur dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sedangkan dalam homeschooling, pembelajaran lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak.

2. Lingkungan Belajar

Anak-anak di sekolah reguler belajar dalam lingkungan yang lebih formal dan terpisah dari rumah. Sementara dalam homeschooling, mereka belajar di lingkungan rumah yang lebih akrab dan terkontrol.

3. Pengajar

Di sekolah reguler, pengajar adalah guru yang memiliki kualifikasi pendidikan tertentu. Namun, dalam homeschooling, pengajar bisa menjadi orang tua atau tutor yang dipilih sendiri oleh keluarga.

4. Interaksi Sosial

Anak-anak di sekolah reguler memiliki lebih banyak interaksi sosial dengan teman sekelas dan guru. Sedangkan dalam homeschooling, interaksi sosial bisa lebih terbatas, meskipun masih bisa dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler atau kelompok belajar.

5. Evaluasi dan Sertifikasi

Di sekolah reguler, evaluasi dan sertifikasi dilakukan secara sistematis oleh lembaga pendidikan yang diakui. Namun, dalam homeschooling, orang tua bertanggung jawab untuk mengevaluasi kemajuan belajar anak dan mempersiapkan mereka untuk ujian sertifikasi.

Homeschooling Jakarta Terbaik | Altaschool

Salah satu rekomendasi homeschooling Jakarta terbaik adalah Althascool. Althaschool menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan homeschooling untuk putra-putri anda agar mendapatkan pendidikan yang terbaik dan bisa memaksimalkan potensi anak anda.

Sekolah online Alta School berkolaborasi dengan Ruangguru dalam menciptakan generasi unggul Indonesia di masa depan. Dengan metode dan gaya belajar yang menyenangkan, kurikulum dan metode belajar yang interaktif, serta para pengajar terbaik. Hal ini ditujukan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.

Althaschool menggunakan metode pembelajaran blended learning dengan memberikan contoh-contoh konkrit sehingga lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Konsep live teaching interaktif dan aktivitas mandiri di sekolah online Alta School ini dapat mengembangkan dan menggali minat dan potensi anak secara maksimal.

Alta School percaya bahwa metode pembelajaran untuk anak bisa didesain menjadi adaptif sesuai perkembangan zaman dan teknologi, tanpa mengesampingkan kualitas pendidikan yang diberikan dan tanpa berkompromi terhadap perkembangan karakter anak agar menjadi berbudi luhur. Selain itu Alta school juga memegang kepercayaan bahwa setiap anak memiliki cara sendiri dalam belajar dan mengekspresikan kreativitas.

7 Fasilitas Belajar di Altaschool

fasilitas belajar alta school

1. Live Teaching Interaktif

Pembelajaran tatap muka secara interaktif sebanyak 5-6 kali pertemuan di tiap minggunya. Durasi belajar 40 s.d 60 menit.

2. Home-based Project

Metode belajar blended learning mengombinasikan antara live teaching dengan kegiatan berbasis proyek dan eksperimen online.

3. Pendidikan Karakter

Program konseling untuk jenjang sekolah dasar (SD) secara online untuk membangun kecerdasan sosial-emosional anak.

4. Modul

Modul digital untuk menunjang kegiatan belajar homeschooling untuk siswa SD (sekolah dasar)

5. Learning Kit

Fasilitas penunjang kegiatan belajar anak yang dikirim langsung ke rumah siswa setiap 2 bulan sekali.

6. Aktivitas Mandiri (Self Assesment)

Kelas online berisi materi yang sudah dipersonalisasi menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak di jenjang sekolah dasar.

7. Laporan Pembelajaran

Laporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pemberian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.

Kurikulum Altaschool Jenjang SD

Belajar online di Alta School khususnya di jenjang SD (sekolah dasar), fokus pada Laporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pemberian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.

NoMateriKeterangan
1Literasi Baca-tulisMenulis dan mengolah bacaan menjadi sebuah bentuk yang memiliki makna dan informasi.
2Literasi NumerasiMengolah angka dan simbol menjadi informasi yang bisa diaplikasikan ke dalam permasalahan sehari-hari.
3Literasi SaintifikKemampuan menerapkan penguasaan sains mengenai Fenomena-fenomena alam yang dialami siswa sehari-hari.
4Literasi Sosial Budaya/ Life skillsKemampuan individu dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa.
5Bahasa InggrisPembelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan kompetensi abad ke-21 dan akan berkonsentrasi pada keterampilan percakapan bahasa Inggris, yang bertujuan untuk mengembangkan komunikasi, interaksi dan kefasihan bahasa Inggris.
6Aspek Seni & OlahragaMelakukan aktivitas interaktif dari segi kreativitas dan jasmani dengan tujuan melatih kemampuan seni dan motorik.

Bagaimana Proses Belajarnya?

Dengan metode belajar blended learning, kegiatan homeschooling secara virtual di Alta School untuk jenjang sekolah dasar (SD) tetap mengacu pada kurikulum nasional, menyenangkan dan efektif.

1. Virtual live teaching interaktif

Learning 1

2. Mengerjakan tugas metode home-based project

Learning 2

3. Sesi belajar dengan aktivitas mandiri (self-assesment)

Learning 3

Jadwal Belajar SD Alta School

Jadwal Belajar SD Sesi 1

JamSeninSelasaRabuKamisJumat
08.00 – 09.00Live teaching Literasi BahasaLive Teaching Literasi SosialLive teaching Literasi NumerasiLive Teaching EnglishLive teaching Seni Musik/Menggambar
09.00 – 09.30Aktivitas mandiriAktivitas mandiri /Home-Based ProjectAktivitas mandiri /Home-Based ProjectAktivitas mandiri /Home-Based ProjectAktivitas mandiri /Home-Based Project
09.30 – 10.30Live Teaching Literasi SainsHome-Based Project (Paid)Elective: PJOK; Agama; Parents Meet; Students MeetLive Teaching EnglishHome-Based Project (Paid)
10.30 – 11.00Aktivitas mandiriPenilaian MandiriAktivitas mandiri /Home-Based Project

Jadwal Belajar SD Sesi 2

SeninSelasaRabuKamisJumat
13.00 – 14.00Live teaching Literasi BahasaLive Teaching Literasi SosialLive teaching Literasi NumerasiLive Teaching EnglishLive teaching Seni Musik/Menggambar
14.00 – 14.30Aktivitas mandiriAktivitas mandiri /Home-Based ProjectAktivitas mandiri /Home-Based ProjectAktivitas mandiri /Home-Based ProjectAktivitas mandiri /Home-Based Project
14.30 – 15.30Live Teaching Literasi SainsHome-Based Project (Paid)Elective: PJOK; Agama; Parents Meet; Students MeetLive Teaching EnglishHome-Based Project (Paid)
15.30 – 16.00Aktivitas mandiriPenilaian MandiriAktivitas mandiri /Home-Based Project
  • Siswa akan menerima Learning kit, modul pembelajaran, dan aktivitas mandiri melalui platform ruangkelas di aplikasi Ruangguru
  • Assessment/Penilaian Kelas antara lain: Aktivitas mandiri dan Home-Based project.
  • Parents meet-up 1 bulan 1x
  • Kelas Home-Based Project adalah: Kelas tambahan (Paid) untuk mengembangkan minat bakat dan kreativitas

Harga Paket Homeschooling Alta School Jenjang SD

1. Paket Reguler Tahun Ajaran 2023-2024

Harga NormalDiskon 10%
Rp11.000.000Rp9.900.000
  • Registrasi & Program Tahunan Rp2.500.000 
  • Modul belajar & Leaning Kit Rp1.400.000
  • Administrasi & Assessment (Test/Observasi) Rp1.750.000
  • SPP per bulan Rp 450.000 (dibayar sekaligus)

2. Paket Reguler + Bilingual Tahun Ajaran 2023-2024

Harga NormalDiskon 10%
Rp17.625.000Rp15.862.500
  • Registrasi & Program Tahunan Bilingual Rp4.000.000 
  • Modul belajar & Learning Kit Reguler Program Rp1.200.000
  • Modul belajar & Learning Kit Program Internasional Rp1.400.000
  • Administrasi & Assessment (Test/Observasi) Rp2.000.000
  • SPP per bulan Rp 753.000 (dibayar sekaligus)

3. Paket Reguler Tahun Ajaran 2024-2025

Harga NormalDiskon 20%
Rp13.750.000Rp11.000.000
  • Registrasi & Program Tahunan Rp3.500.000 
  • Modul belajar & Leaning Kit Rp1.400.000
  • Administrasi & Assessment Rp2.000.000
  • SPP per bulan Rp 570.000 (dibayar sekaligus)

4. Paket Reguler + Bilingual Tahun Ajaran 2024-2025

Harga NormalDiskon 20%
Rp21.250.000Rp17.000.000
  • Registrasi & Program Tahunan Rp4.500.000 
  • Modul belajar & Learning Kit Program Reguler Rp1.400.000
  • Modul belajar & Learning Kit Program Internasional Rp2.000.000
  • Administrasi & Assessment Rp2.750.000
  • SPP per bulan Rp 880.000 (dibayar sekaligus)

Kurikulum PAUD Alta School

Illustration kurikulum

Sekolah playgroup online untuk jenjang PAUD di Alta School menawarkan berbagai aktivitas yang membangun aspek sosial, emosional, kognitif, dan fisik anak agar dapat mewujudkan profil Altarian seutuhnya. Anak-anak diajak untuk berinteraksi secara sehat, menumbuhkan kemampuan komunikasinya sesuai dengan perkembangannya.

1. Alpha (4-5 tahun)

Anak didorong untuk mengenali dirinya sendiri serta lingkungan sekitar melalui aktivitas motorik, alunan musik serta permainan yang menarik.

2. Beta (5-6 tahun)

Anak diberi kepercayaan untuk mulai berani bertindak mandiri, berkomunikasi serta mengenali konsep huruf dan angka untuk kehidupan sehari-hari.

Proses Belajar PAUD di Alta School

Homeschooling Alta School untuk jenjang PAUD menggunakan metode belajar blended learning, sehingga pembelajaran tetap efektif sekaligus menyenangkan.

Virtual live teaching interaktif

Learning 1

Mengerjakan tugas metode home-based project

Learning 2

Sesi belajar dengan aktivitas mandiri (self-assesment)

Learning 3

Jadwal Belajar PAUD Alta School

Jadwal Sesi 1

SeninSelasaRabuKamisJumat
08.00 – 08.40Live teaching Literasi BahasaHome-Based Project PaidLive teaching Literasi NumerasiHome-Based Project PaidLive teaching Seni Musik/Menggambar
08.40 – 09.10Aktivitas mandiriAktivitas mandiri / Home-Based ProjectAktivitas mandiri / Home-Based Project
09.10 – 09.50Live Teaching Literasi SainsAktivitas mandiri / Home-Based ProjectElective: PJOK; Agama; Parents Meet; Students Meet
09.50 – 10.20Aktivitas mandiriPenilaian Mandiri: English

Jadwal Sesi 2


Senin
SelasaRabuKamisJumat
10.00 – 10.40Live teaching Literasi BahasaHome-Based Project PaidLive teaching Literasi NumerasiHome-Based Project PaidLive teaching Seni Musik/Menggambar
10.40 – 11.10Aktivitas mandiriAktivitas mandiri / Home-Based ProjectAktivitas mandiri / Home-Based Project
09.10 – 09.50Live Teaching Literasi SainsAktivitas mandiri / Home-Based ProjectElective: PJOK; Agama; Parents Meet; Students Meet
11.50 – 12.20Aktivitas mandiriPenilaian Mandiri: English
  • Siswa akan menerima Learning kit, modul pembelajaran, dan aktivitas mandiri melalui platform ruangkelas di aplikasi Ruangguru
  • Assessment/Penilaian Kelas antara lain: Aktivitas mandiri dan Home-Based project.
  • Parents meet-up 1 bulan 1x
  • Kelas Home-Based Project adalah: Kelas tambahan (Paid) untuk mengembangkan minat bakat dan kreativitas

Harga Paket Homeschooling Alta School Jenjang PAUD

1. Paket Reguler Tahun Ajaran 2023-2024

Harga NormalDiskon 10%
Rp9.750.000Rp8.775.000
  • Registrasi & Program Tahunan Rp2.000.000 
  • Modul belajar & Leaning Kit Rp1.200.000
  • Administrasi & Assessment (Test/Observasi) Rp1.750.000
  • SPP per bulan Rp 400.000 (dibayar sekaligus)

2. Paket Reguler + Bilingual Tahun Ajaran 2023-2024

Harga NormalDiskon 10%
Rp16.375.000Rp14.737.500
  • Registrasi & Program Tahunan Bilingual Rp3.600.000 
  • Modul belajar & Learning Kit Reguler Program Rp1.200.000
  • Modul belajar & Learning Kit Program Internasional Rp1.200.000
  • Administrasi & Assessment (Test/Observasi) Rp2.000.000
  • SPP per bulan Rp 700.000 (dibayar sekaligus)

3. Paket Reguler Tahun Ajaran 2024-2025

Harga NormalDiskon 20%
Rp12.500.000Rp10.000.000
  • Registrasi & Program Tahunan Rp3.500.000 
  • Modul belajar & Leaning Kit Rp1.200.000
  • Administrasi & Assessment Rp2.000.000
  • SPP per bulan Rp 483.000 (dibayar sekaligus)

4. Paket Reguler + Bilingual Tahun Ajaran 2024-2025

Harga NormalDiskon 20%
Rp20.000.000Rp16.000.000
  • Registrasi & Program Tahunan Rp4.500.000 
  • Modul belajar & Learning Kit Program Reguler Rp1.200.000
  • Modul belajar & Learning Kit Program Internasional Rp1.600.000
  • Administrasi & Assessment Rp2.250.000
  • SPP per bulan Rp 870.000 (dibayar sekaligus)

Testimoni Siswa yang Sudah Belajar di Alta School

Berikut testimoni siswa-siswi yang sudah merasakan manfaat belajar di Alta School. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih Alta School untuk kebutuhan Homeschooling putra-putri anda, khususnya bagi anda yang sedang mencari Homeschooling Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kode Diskon Ruangguru September + Bonus!

Mau dapat diskon gede? Coba pake kode diskon di bawah ini guys khusus Bulan September, lum…