Info Jurusan Biomedis Beserta 4 Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Halo guys! Apa kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Kali ini penulis ingin sedikit meringankan dilematismu, khususnya kelas 12 yang sedang bingung untuk memilih jurusan di perkuliahan nanti.

Ada berbagai info jurusan biomedis yang bisa memberi pencerahan sekaligus pertimbangan bagi kamu yang memilih SAINTEK. Jurusan kali ini berkaitan dengan medis, tetapi bukan kedokteran. Masuk ke rumpun teknik, tetapi banyak membahas mengenai biologi. Wah, keren banget kan? So, langsung simak ulasannya di bawah ini.

Kenalan Dulu Yuk dengan Jurusan Biomedis

info jurusan biomedis
Technological Prosthetic Robot Arm is Tested by Two Professional Development Engineers in a High Tech Research Laboratory with Modern Futuristic Equipment. Compare Data on a Personal Computer.

Sebelum masuk ke berbagai info jurusan biomedis di bawah, penulis mau mengajakmu mengenal lebih dekat tentang jurusan ini dulu guys. Jadi, seperti yang disinggung di atas bahwa jurusan biomedis menggabungkan teknik dengan medis.

Artinya, di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai prinsip teknik khususnya di bidang medis. Kamu tentu tau dong teknologi bernama X-Ray, tangan buatan, Rontgen, sampai CT Scan? Yap, berbagai teknologi tersebut engga semata-mata dibuat oleh para dokter guys melainkan lulusan dari jurusan biomedis ini.

Sederhananya, kamu akan membuat berbagai perangkat atau terobosan di bidang teknologi kesehatan. Bahkan berbagai metode diagnosis sampai penggunakan AI (Aritificial Intellegence) juga sedikit banyak kamu temui di berbagai mata kuliah dalam jurusan biomedis. So, sejauh ini, apakah kamu tertarik dengan jurusan biomedis?

Mata Kuliah Jurusan Biomedis

info jurusan biomedis
Scientists Working in The Laboratory

1. Sains Dasar

Beralih ke info jurusan biomedis yang pertama, ada mata kuliah wajib di jurusan ini guys. Apalagi kalau bukan sains dasar. Apa sih sains dasar itu? Tentu kamu ga asing dengan biologi, fisika, dan kimia bukan?

Baca Juga:  Ingin Masuk Fakultas Kedokteran? Ketahui 6 Hal Ini!

Di jurusan ini kamu akan sering-sering ketemu dengan tiga materi tersebut guys. Bahkan ada beberapa mata kuliah yang menggabungkan dua ilmu tersebut gengs, seperti biokimia sampai biofisika.

Wah-wah, memang jurusan biomedis ini IPA banget deh. Kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini wajib mempersiapkan kemampuan berhitung, menghafal, sampai berlogika dengan baik.

2. Elektro sampai Robotik

Selain berbagai materi sains dasar, kamu juga akan menemui mata kuliah mengenai elektro dan robotik. Yap, materi ini akan mengisi setidaknya seperempat kehidupan kuliahmu di jurusan biomedis.

Bahkan untuk kamu yang tertarik mendalami robotik, maka bukan tidak mungkin skripsimu akan membahas mengenai teknologi satu ini. Di atas penulis sempat katakan mengenai inovasi tangan buatan sampai X-Ray bukan?

Kedua benda tersebut menjadi salah satu hasil karya penggabungan sains dengan mata kuliah robotik guys. So, kalau sedari SMA sendiri kamu sudah pernah mengikuti perlombaan robotik atau olimpiade robotik, maka jurusan ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk berkuliah nanti.

3. Pemrograman Komputer

Info jurusan biomedis kali ini wajib banget kamu ketahui. Kata siapa deh jurusan biomedis hanya berkisar antara sains dasar aja? Ternyata kamu juga akan menemui mata kuliah mengenai pemrograman komputer lho guys.

Masih menyambung tentang mata kuliah robotik di poin nomor 2, untuk mengendalikan sekaligus mempelajari lebih dalam sistematika dalam elektro atau robotik maka kamu memerlukan kemampuan untuk memprogram komputer. Itu sebabnya akan ada mata kuliah ini jurusan biomedis.

4. Matematika Teknik

Last but not least, mata kuliah wajib jurusan biomedis ialah matematika teknik. Waduh, apa bedanya dengan matematika biasa? To be honest, matematika teknik merupakan aplikasi dari materi matematika dasar sampai terapan yang mungkin kamu temui sehari-hari nih guys.

Di matematika teknik kamu akan berhadapan langsung dengan permasalahan dan kamu wajib memecahkannya sesuai dengan hukum mekanika yang berlaku. Ga hanya itu, matematika satu ini memerlukan tingkat logika berpikir yang tinggi guys.

Universitas dengan Jurusan Biomedis Terbaik di Indonesia

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. I3L (Indonesia International Institute for Life Science)
  3. Universitas Indonesia
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Sosial dan Politik

Prospek Pekerjaan Jurusan Biomedis

info jurusan biomedis
Mid adult female electrician working on drone at desk in industry, using magnifying glass

1. Peneliti

Setelah berbagai info jurusan biomedis mengenai mata kuliah sampai universitas, maka ga lengkap rasanya kalau ga bahas prospek pekerjaan dari jurusan ini. Di urutan pertama dalam prospek jurusan biomedis, ada peneliti nih guys.

Yap, jurusan ini memang cukup banyak melahirkan peneliti terkenal karena bidang yang ditekuni membuatnya terus berinovasi. Tenang aja guys, mungkin di Indonesia jurusan biomedis engga se-hype kedokteran atau teknik sipil. Namun, kalau di luar negeri? Jangan ditanya deh.

Jurusan biomedis di luar negeri memang memiliki prospek yang tinggi banget lho. Mulai dari pendidikan seperti beasiswa sampai lapangan pekerjaan bagi lulusan ini. Apalagi di negara-negara Eropa yang demen banget mengembangkan teknologi seperti Jerman, Perancis, Inggris, bahkan sampai Amerika Serikat.

2. Teknisi

Next, prospek pekerjaan jurusan biomedis yang kedua ialah teknisi. Kamu bisa banget nih menjadi teknisi dalam sebuah lembaga riset sampai perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi kesehatan.

Mulai dari alat-alat kesehatan secara umum sampai teknisi di bidang pengembangan. Di dalamnya kamu akan bersinggungan langsung dengan alat-alat yang sudah jadi dan melakukan controlling secara berkala pada berbagai alat tersebut guys.

3. Dosen

Kamu gemar belajar biomedis dan melakukan riset? Selain peneliti, kamu juga bisa menjadi seorang dosen lho guys. Yap, dalam pekerjaan ini kamu juga akan menemui berbagai penelitiaan sampai riset yang menguras energi.

Di sisi lain, kamu bisa mengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di dalam dan luar negeri. FYI, belakangan ada banyak perguruan tinggi yang mulai membuka program jurusan biomedis ini.

Mau bagaimana lagi, kita ga bisa memungkiri bahwa perkembangan teknologi medis apalagi di masa pandemi saat ini memang sangat diperlukan guys. So, apakah kamu tertarik dengan profesi satu ini?

Baca Juga:  10 Jurusan yang Paling Banyak Diminati SNMPTN UI

4. Staff Medis sampai PNS

Info jurusan biomedis yang terakhir ialah prospek pekerjaan di bidang pemerintahan. Yap, kata siapa sih lulusan biomedis hanya bisa bekerja di lembaga swasta atau perusahaan swasta aja?

Ternyata, di tubuh pemerintahan pun membutuhkan jurusan biomedis lho guys. Kamu bisa banget kok bekerja di lembaga kesehatan pemerintah sampai Kementerian Kesehatan Indonesia. Wah, keren banget kan?

Oh iya, mirip-mirip dengan teknisi, kamu lulusan biomedis juga menjadi salah satu sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan tiap rumah sakit lho. So, selain menjadi PNS kamu juga bisa kok mempertimbangkan menjadi staff ahli di rumah sakit khususnya di bidang peralatan kesehatan.

Nah, itu dia beberapa info jurusan biomedis yang mungkin masih jarang kamu ketahui. Yap, penulis bisa sebut bahwa jurusan satu ini memang sangat diperlukan apalagi di masa depan guys. Jadi, kalau kamu memang memiliki passion di bidang ini maka jangan pernah berhenti untuk mengejarnya sampai dapat.

Ga hanya itu, ada banyak prospek pekerjaan sampai keuntungan lain yang akan kamu dapat apabila bersungguh-sungguh belajar di jurusan ini. So, untuk kamu yang ingin masuk jurusan biomedis maka jangan lupa belajar dari sekarang ya. Semangat kawan-kawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau Internation…