Info Jurusan Filsafat! Mulai dari Mata Kuliah sampai 4 Prospek Pekerjaan Paling Menguntungkan!

Filsafat. Tentu kamu sering mendengar kata tersebut, tetapi masih asing untuk dipahami bukan? Yap, banyak orang berkata filsafat itu ilmu yang sulit. Ada juga yang sering bertanya, “Ih, buat apa belajar ilmu filsafat?” atau “Mau kerja apa jadi lulusan filsafat?”. Eits, jangan salah! Ada banyak banget prospek pekerjaan dan keseruan ilmu filsafat lho.

Oleh karena itu, kali ini penulis mau membagikan berbagai info jurusan filsafat khusus untuk kamu Kawan! So, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya gengs!

Kenalan yuk dengan Jurusan Filsafat!

Info jurusan filsafat
The term Philosophy – dictionary definition highlighted with yellow marker

Seperti biasa sebelum masuk ke berbagai info jurusan filsafat, ada baiknya kita kenalan dulu dengan disiplin ilmu satu ini. Apa sih filsafat itu? Filsafat bisa disebut sebagai salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang ilmu itu sendiri guys. Eh, kok bisa?

Yap, karena di jurusan ini kamu akan mempelajari sebab-sebab terjadinya sebuah ilmu pengetahuan. FYI guys, filsafat ini bisa disebut sebagai ilmu dari semua ilmu pengetahuan. Kebanyakan filsuf atau tokoh di ilmu filsafat sendiri yang mengembangkan berbagai teknologi, sastra, sampai ilmu kedokteran lho guys!

Nah, info jurusan filsafat berikutnya ialah ciri-ciri mahasiswa yang cocok di jurusan ini nih! Seperti apa sih kira-kira? Tentunya mereka yang rajin membaca (ini wajib banget fix!), kritis, memiliki penalaran dan logika yang tinggi dan juga semangat mempelajari hal baru guys.

Belajar Apa Aja sih di Jurusan Filsafat?

Info jurusan filsafat
A plaster cast of a classical Roman or Greek statue on an open book.

1. Sejarah filsafat

Yup, info jurusan filsafat yang pertama ialah mata kuliah mengenai sejarah filsafat. Materi satu ini hukumnya wajib pake banget guys! Tentu karena di setiap universitas dalam maupun luar negeri, mata kuliah satu ini akan selalu ada.

Baca Juga:  5 Tips Menulis Karya Ilmiah dengan Mudah dan Benar

Nah, umumnya sejarah filsafat dibagi menjadi 2 guys. Ada sejarah filsafat Yunani dan juga sejarah filsafat barat. Hal ini dikarenakan 2 pondasi awal filsafat berasal dari tempat tersebut. Di sini juga kamu akan mengenal berbagai filsuf seperti Plato, Socrates, sampai Jean-Sartre atau Hegel.

2. Epistemologi

Aduh, apa tuh epistemologi? So, epistemologi ialah konsep tentang asal mula dari sebuah pengetahuan. Terlihat seru sekaligus membagongkan bukan? Eits, mata kuliah epistemologi ini memang menarik banget guys untuk dipelajari.

Nantinya kamu akan mengidentifikasi sekaligus menganalisis berbagai cabang ilmu pengetahuan dan dari mana konsep-konsep di dalamnya berasal. Gimana sih kok sebuah metode itu bisa muncul atau bahkan kebenaran sebuah teori dalam ilmu pengetahuan tuh kaya gimana? Kamu akan temui jawabannya di jurusan filsafat!

3. Metafisika

Buat kamu yang sering nonton Kisah Tanah Jawa pasti ga asing dengan istilah metafisika bukan? So, info jurusan filsafat berikutnya penulis akan bagikan apa sih metafisika itu? Singkatnya, metafisika ialah sebuah cabang di filsafat yang membahas hakikat sebuah benda sampai hal-hal yang mungkin ‘tak tersentuh manusia’.

Mata kuliah ini termasuk cukup sulit karena kamu akan diajak mengarungi bagaimana sebuah benda atau suatu hal bisa terjadi. Tentang eksistensi, keberadaan, maupun berbagai penyebab terjadinya.

4. Filsafat + disiplin ilmu lain

Ke-4 ada materi mengenai filsafat + disiplin ilmu lain. Maksudnya apa sih? So, filsafat itu ada banyak banget guys. Ga harus berdiri sendiri sebagai ilmu filsafat, melainkan juga ada filsafat hukum, filsafat politik, filsafat lingkungan, dan masih banyak lagi.

Tentunya kamu akan mempelajarinya di jurusan filsafat ini. Info jurusan filsafat lainnya ialah kamu wajib banget nih mengetahui berbagai mazhab di ilmu filsafat. Mulai dari mazhab strukturalisme, mazhab post-modernisme, mazhab renaissance, dan masih banyak lagi hehehe.

Universitas dengan Jurusan Filsafat Terbaik di Indonesia

photography of people graduating
Photo by Emily Ranquist on Pexels.com

1. Universitas Gadjah Mada

Yap, universitas pertama dengan jurusan filsafat terbaik ialah UGM atau Universitas Gajdah Mada. Kampus satu ini tentu ga asing dong bagi kamu? Terletak di Yogyakarta dan menjadi salah satu kampus terfavorit bagi sebagian besar pelajar Indonesia.

Baca Juga:  Panduan Penulisan Proposal Skripsi

2. Universitas Indonesia

Next, info jurusan filsafat satu ini khusus untuk kamu yang tertarik melakukan berbagai penelitian secara mendalam tentang filsafat guys. Ada kampus UI atau identik dengan Jakun (Jaket Kuning) yang rajin banget melakukan berbagai penelitian di bidang sosial-humaniora. Salah satunya di cabang ilmu filsafat.

3. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara

Yup, sekolah satu ini khusus untuk kamu yang ingin belajar filsafat sekaligus keagamaan. Kampus satu ini termasuk sebagai universitas swasta yang terletak di Jakarta. FYI, budayawan terkenal asal Indonesia Franz-Magnis Suseno menjadi direktur di program pasca-sarjana sekolah ini lho gengs!

4. Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta

Info jurusan filsafat kali ini khusus untuk kamu yang ingin belajar ilmu filsafat dan juga keagamaan Islam. Ada UIN Syarif Hidayatullah yang terletak di Tangerang Selatan, yang akan membantumu memperdalam filsafat dan keagamaan. FYI, sekolah ini termasuk negeri ya guys!

Prospek Pekerjaan Jurusan Filsafat

man in beige blazer holding tablet computer
Photo by fauxels on Pexels.com

1. Jurnalis atau penulis

Prospek pekerjaan pertama bagi kamu lulusan filsafat ialah jurnalis atau penulis. Ada banyak banget lho gengs jurnalis yang berasal dari jurusan ini. Salah satunya jurnalis yang bekerja di BBC Indonesia yang berasal dari jurusan filsafat UGM, Ayomi Amindoni.

Hal ini dikarenakan ilmu filsafat yang mempelajari sosial-budaya secara kompleks dan juga hubungan antar manusia. Belum lagi berbagai materi mengenai politik, hukum, sampai sastra yang akan kamu dapatkan di jurusan ini gengs.

2. Dosen atau akademisi

Info jurusan filsafat yang berikutnya ialah prospek pekerjaan sebagai seorang dosen atau akademisi. Kamu yang tertarik mendalami ilmu filsafat sekaligus melakukan riset yang mendalam, bisa banget mewujudkan mimpi ini dengan bekerja sebagai seorang dosen atau akademisi.

Baca Juga:  5 Tips Agar Tidak Salah Memilih Peminatan Studi

Umumnya seorang dosen akan mengajar di almamater tempat ia menempuh ilmu dahulumnya. Selain itu, sudah menjadi hal wajar apabila kamu bekerja sebagai dosen sekaligus melakukan riset proyek-proyek untuk dalam maupun luar negeri gengs.

3. Pejabat pemerintahan

Yap, kamu tertarik bekerja di pemerintahan? Maka jurusan filsafat bisa menjadi salah satu langkah tepat untuk mengejar cita-cita tersebut. FYI guys, jurusan filsafat menjadi satu dari beberapa jurusan yang seringkali kamu temui di berbagai staff pemerintahan.

Tentunya hal ini disebabkan bidang ilmu dalam jurusan filsafat yang berhubungan dengan pemerintahan, keadaan politik, sekaligus manusia di dalamnya. So, kamu bisa banget nih mulai melamar menjadi seorang staff kementerian sampai staff di pemerintahan daerah atau provinsi.

4. Para legal

Info jurusan filsafat yang terakhir nih, prospek pekerjaan khusus untuk kamu yang senang belajar filsafat sekaligus hukum! Ada pekerjaan para legal yang mungkin cocok untukmu gengs. By the way, kamu tahu ga sih apa itu para legal?

So, secara sederhana para legal adalah seseorang yang bekerja di pengadilan untuk membantu pengacara dalam menyelesaikan berbagai kasus. Kamu ga perlu gelar hukum maupun ijin untuk berpraktik untuk bekerja sebagai para legal.

Cukup kemampuan atau keterampilan khusus di bidang hukum sehingga kamu bisa membantu pengacara dalam menangani kasus para kliennya.

Nah, itu tadi berbagai info jurusan filsafat guys. Mulai dari apa sih jurusan filsafat? Sampai berbagai prospek pekerjaan untuk kamu lulusan filsafat! Yap, kalau kamu memang menyukai bidang ilmu ini maka penulis sarankan untuk banyak membaca ya. Hal ini dikarenakan banyak sekali buku filsafat dan juga filsuf yang akan menemani hari-harimu di perkuliahan.

So, semangat selalu guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…