Categories: JurusanKuliah

Info Jurusan Oseanografi Paling Lengkap! Ternyata Hanya Ada di 2 Universitas Negeri Indonesia!

Share

Guys, apakah kamu pernah mendengar jurusan oseanografi? Yap, jurusan satu ini memang cukup asing bagi sebagian besar pelajar Indonesia. Padahal jurusan oseanografi memiliki prospek yang besar lho di Indonesia. Penulis sendiri baru mengetahui keberadaan jurusan ini setelah salah satu kakak kelas masuk ke jurusan oseanografi.

Oleh karena itu, kali ini penulis akan membagikan berbagai info jurusan oseanografi yang super menarik khusus untuk kamu! Selain memiliki prospek yang besar, jurusan ini juga termasuk langka dan jarang peminatnya. So, menjadi peluang yang besar banget untuk kamu yang tertarik. Tanpa menunggu lama, yuk simak ulasan di bawah ini ya!

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Yap, istilah tak kenal maka tak sayang memang menjadi ungkapan paling cocok untuk jurusan satu ini gengs. Dikarenakan kelangkaan kampus yang menyediakan jurusan ini, maka tak banyak juga siswa-siswi Indonesia yang menyadari keberadaan ‘emas’ di jurusan oseanografi.

Sesuai dengan namanya, oseanografi maka kamu bisa langsung membayangkan bahwa jurusan ini akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan tentang laut guys. Namun, berbeda dengan jurusan kelautan atau perikanan, oseanografi lebih berfokus mempelajari berbagai fenomena alam yang berkaitan dengan laut.

Mulai dari bencana alam, rekaya lingkungan, sampai bermacam-macam teknologi untuk menyelamatkan laut kita. Jurusan oseanografi juga termasuk ke dalam fakultas teknik, yang artinya akan berhubungan dengan berbagai materi SAINTEK seperti fisika sampai matematika.

Sehingga jurusan oseanografi membutuhkan siswa-siswi yang teliti, memiliki kemampuan analisa kritis, detail, dan juga kemampuan perhitungan yang kuat guys. Gimana? Kira-kira kamu tertarik ga nih masuk jurusan oseanografi?

Belajar Apa Aja Sih?

Handsome african american male student posing in campus library, empty space

1. Fisika

Info jurusan oseanografi yang wajib banget kamu ketahui sebelum masuk jurusan ini ialah mata kuliah utama jurusan ini ialah fisika. Hehehe, agak berat ya gengs? Apalagi untuk kamu yang menghindari ilmu matematis di perkuliahan, maka jurusan oseanografi bukan jurusan yang tepat.

Di dalamnya terdapat berbagai pelajaran mengenai fisika khususnya perhitungan gelombang, kalkulus, sampai mekanika fluida. Jurusan ini cocok banget untuk kamu yang senang berhitung, tetapi juga cukup santai (karena tidak seberat teknik fisika atau fisika murni) di saat yang sama.

2. Meteorologi dan klimatologi

Next, info jurusan oseanografi satu ini berkaitan juga dengan prospek pekerjaan yang dimiliki lulusan jurusan ini. Umumnya, lulusan oseanografi bekerja di berbagai bidang kelingkungan seperti BMKG maupun badan penelitian seperti LIPI.

Oleh karena itu, salah satu mata kuliah yang akan kamu temui ialah meteorologi. Meteoreologi ialah sebuah disiplin lmu yang mempelajari tentang atmosfer dan gejala alam yang berhubungan dengan benda-benda langit.

Ilmu satu ini berkaitan erat dengan klimatologi gengs. Jadi, ga jarang selain bertemu dengan mata kuliah meteorologi maka klimatologi bisa menjadi materi kuliah kamu berikutnya nih.

3. Oseanografi

Hehehe, namanya aja jurusan oseanografi maka tentu aja kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai ocean guys. Apa aja sih? Mulai dari arus laut, pasang surut air laut, sampai gelombang laut akan menjadi mata kuliahmu nih.

Eits, ga hanya itu guys! Ada beberapa materi unik yang hanya kamu temui di jurusan ini aja. Seperti hidrooceanography, geologi kelautan, sampai manajemen kelautan. Wah, kompleks juga kan?

4. Kimia

Terakhir, info jurusan oseanografi berkaitan tentang mata kuliah ialah materi kimia. Walaupun sebagian besar materi jurusan ini berkaitan tentang fisika, tetapi materi kimia juga ga ketinggalan guys.

Kimia yang kamu pelajari umumnya zat-zat yang dapat mencemari laut, kimia lingkungan, sampai proses kimiawi yang terjadi di bawah laut kita guys. Umumnya kimia di jurusan oseanografi ini dipadukan dengan materi biologi juga.

Universitas Dengan Jurusan Oseanografi Terbaik di Indonesia

Sumber: Pinterest

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selain berbagai info jurusan oseanografi mengenai mata kuliah, maka kamu wajib tahu bahwa universitas negeri yang menyediakan jurusan ini hanya ada 2 di Indonesia guys. Pertama adalah Institut Teknologi Bandung.

Di ITB sendiri jurusan oseanografi berada di bawah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumia (FITB). Skor UTBK yang diperlukan untuk masuk jurusan ini berkisar antara 650 sampai 730.

2. Universitas Diponegoro Semarang

Kampus kedua yang menyediakan jurusan oseanografi ialah Universitas Diponegoro atau akrab disapa UNDIP Semarang. Jurusan oseanografi UNDIP berada di bawah naungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Nah, skor UTBK yang diperlukan untuk masuk jurusan oseanografi di Universitas Diponegoro berkisar antara 620 sampai 670.

Prospek Pekerjaan Jurusan Oseanografi

Caucasian man engineer staff worker with tablet in hand and offshore rig background concept.

1. Staff BMKG

Info jurusan oseanografi kali ini berkaitan tentang pekerjaan setelah kamu lulus nanti guys. So, kamu tentu tahu dong kalau Indonesia termasuk sebagai negara maritim. Artinya sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan.

Hal ini tentu membawa dampak positif maupun negatif bagi Indonesia guys. Salah satu dampak negatifnya ialah bencana alam yang diakibatkan dari laut seperti tsunami. Sehingga, diperlukan orang-orang yang mampu memprediksi bencana alam atau melakukan pencegahan.

Hal inilah yang menjadi pekerjaan utama staff  BMKG. BMKG atau Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geologi sendiri terletak hampir di seluruh wilayah Indonesia guys.

2. Peneliti

Prospek pekerjaan lulusan oseanografi berikutnya ialah peneliti. Masih berkaitan dengan Indonesia yang termasuk negara maritim, maka aktivitas untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi kelautan adalah peluang yang menjanjikan guys.

bisa banget nih mendedikasikan diri sebagai peneliti di LIPI atau badan penelitian lain untuk mengamati, melakukan pencegahan, bahkan membuat teknologi rekayasa berkaitan dengan laut.

3. Coastal Modeler

Info jurusan oseanografi satu ini penting banget nih untuk diketahui. Kenapa sih emangnya? Ada prospek pekerjaan super menjanjikan dari jurusan oseanografi nih. Apalagi kalau bukan coastal modeler.

Apa sih coastal modeler itu? Coastal modeler adalah seorang yang melakukan simulasi dinamika laut untuk kebutuhan tertentu. Mulai dari penelitian atau riset sampai kebutuhan perusahaan minyak dan tambang.

Berbeda dengan prospek pekerjaan oseanografi pada umumnya, coastal modeler cukup bekerja di balik komputer dan perangkat lunak lainnya untuk melakukan simulasi.

4. Dosen Oseanografi

Yap, info jurusan oseanografi berikutnya adalah prospek pekerjaan sebagai dosen. Mungkin saat ini baru ada 2 universitas yang membuka jurusan oseanografi guys, tetapi semakin bertambahnya kebutuhan akan ilmu pengetahuan mengenai laut maka jurusan oseanografi bisa saja dibuka di berbagai universitas kenamaan Indonesia.

Sehingga, akan menjadi kesempatan yang bagus untuk kamu lulusan oseanografi. Tentunya dengan bakat dan keinginan mengajar yang tinggi, maka profesi dosen bisa menjadi referensi pekerjaan di masa depan.

5. Metocean Engineer

Prospek pekerjaan jurusan oseanografi yang terakhir ialah metocean engineer. Masih asing ya? So, secara sederhana metocean engineer adalah teknisi yang bertugas meneliti gelombang air laut.

Terdengar sederhana? Ternyata pekerjaan ini tidak semudah penjelasannya guys. Diperlukan kemampuan analisa dan menghitung yang kuat untuk mengerjakan tugas ini. Ga hanya itu, kamu juga memerlukan pengalaman kerja lapangan yang melimpah untuk menjadi handal di pekerjaan ini.

Lantas siapa aja yang membutuhkan metocean engineer? Umumnya metocean engineer dibutuhkan oleh perusahaan pertambangan dan minyak untuk memprediksi gelombang laut, tekanan air, angin, dan lain-lain.

Nah, itu tadi berbagai info jurusan oseanografi yang menarik banget untuk diketahui pelajar Indonesia. Semoga dengan ini, kamu yang sedang dilematis memilih jurusan kuliah bisa sedikit tercerahkan ya guys! Jangan lupa semangat belajar!

This post was last modified on Juli 29, 2021 10:29 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap, buku… Read More

Agustus 15, 2022

Kepoin Yuk 8 Rekomendasi Beasiswa S1 di Kampus Terbaik Dalam dan Luar Negeri!

Siapa sih di antara kamu yang tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yap, beasiswa menjadi salah… Read More

Agustus 14, 2022

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran… Read More

Agustus 11, 2022

7 Perjanjian Hindia Belanda dengan Indonesia, dari Masa VOC Hingga Pasca Kemerdekaan

Kamu tentu tidak asing bukan dengan sejarah mengenai Hindia-Belanda di Indonesia? Yap, Indonesia dan Belanda… Read More

Agustus 2, 2022

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sebelum Belajar, Dijamin Ampuh!

Halo guys, gimana kabarnya? Kabar baik disini. Semoga disana juga ya! Siapa sih yang nggak… Read More

Agustus 2, 2022

Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu… Read More

Agustus 1, 2022