Categories: SBMPTNAplikasiBimbel

Tips Lolos SBMPTN yang Jarang Diketahui!

Share

Tips Lolos SBMPTN – Bagi siswa kelas 12, lolos seleksi masuk PTN favorit merupakan kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak? Dari ratusan ribu peserta, hanya beberapa ribu saja yang lolos untuk melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi yang bergengsi. Karenanya SBMPTN sebagai pintu gerbang untuk memasuki PTN favorit terkadang menjadi momok tersendiri bagi calon mahasiswa baru.

Apakah seleksi masuk perguruan tinggi negeri begitu sulit dan menyeramkan? Apakah hanya calon mahasiswa terpilih yang mampu untuk lolos seleksi tersebut? Untuk kamu yang mempunyai kemampuan akademik biasa-biasa saja tidak perlu berkecil hati. Nyatanya, SBMPTN tidak hanya meloloskan peserta yang mempunyai potensi akademik tinggi tetapi juga mereka yang mau berusaha.

Alasan Mengikuti SBMPTN

Bagaimana cara agar lolos seleksi masuk PTN meskipun kemampuan akademik terbilang standar? Bersaing dengan ratusan ribu peserta memang tidak mudah. Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak mempunyai kesempatan. Dengan mengetahui tips jitu agar lolos SBMPTN, bukan mustahil kamu bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri yang diidamkan selama ini.

Sebelum membahas mengenai tips lolos SBMPTN tahun depan, apa sebenarnya yang menjadi motivasi untuk berkuliah di PTN? Ternyata alasan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri cukup bervariasi.

1. Biaya pendidikan terjangkau

Alasan pertama, biaya pendidikan di PTN cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta (PTS). Hal ini dikarenakan PTN mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga mahasiswa tidak dibebankan biaya pendidikan yang besar. Lain halnya dengan PTS, hampir keseluruhan biaya pendidikan dibebankan kepada mahasiswa sehingga iuran per semester cenderung lebih besar.

2. Prospek kerja

Alasan lain yang mendasari keinginan calon mahasiswa baru untuk mendaftar di PTN adalah karena prospek kerja yang bagus. Beberapa perusahaan memang mengutamakan lulusan dari perguruan tinggi favorit, meskipun tidak semua perusahaan menerapkan aturan yang sama. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa baru yang menjadikan prospek kerja sebagai alasan utama mendaftar PTN.

3. Kebanggaan

Sudah bukan rahasia lagi jika berkuliah di perguruan tinggi negeri merupakan kebanggaan tersendiri. Para orang tua juga merasa bangga ketika anaknya mampu diterima di PTN favorit. Hal ini dikarenakan proses seleksi masuk PTN yang cukup ketat sehingga mengesankan hanya anak-anak yang pandai saja yang mampu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Jadi, apakah yang memotivasi kamu untuk mengikuti SBMPTN? Apapun alasannya untuk mengikuti SBMPTN, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa lolos dalam proses seleksi tersebut.

Tips Lolos SBMPTN di PTN Favorit

Salah satu cara untuk berhasil lolos adalah dengan mengetahui tips dan trik jitu SBMPTN. Dengan menerapkan tips dan trik tersebut, kamu mempunyai kemungkinan lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi negeri favorit meskipun mempunyai kemampuan akademik yang biasa-biasa saja. Simak tips sukses SBMPTN di bawah ini:

1. Ukur kemampuan

Mengetahui serta mengukur kemampuan diri menjadi strategi paling penting yang harus kamu terapkan ketika mengikuti SBMPTN. Mayoritas peserta gagal dalam proses seleksi karena mereka tidak mengetahui kemampuan diri. Kamu bisa mencari informasi mengenai passing grade pada seleksi tahun sebelumnya kemudian membandingkan dengan nilai rata-rata yang kamu peroleh dalam tryout SBMPTN.

Untuk melalukan try out kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi belajar Ruangguru secara gratis, untuk panduan try out gratis, silahkan baca halaman Cara Mengerjakan Soal Try Out Ruangguru Gratis.

Dalam SBMPTN sebelumnya, kamu harus memilih kampus dan jurusan yang diinginkan sebelum mengikuti tes. Untuk tahun depan, kamu diharuskan mengikuti tes terlebih dahulu kemudian memilih kampus dan jurusan. Aturan yang baru ini semakin memudahkan kamu untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri, setelah membandingkan dengan passing grade pada tahun lalu.

2. Sesuaikan minat dan bakat

Kemampuan bukan hanya satu-satunya hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih jurusan SBMPTN. Kamu harus benar-benar tahu jurusan apa yang kamu sukai. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga memperhitungkan bakat dalam jurusan tersebut. Hal ini memudahkan kamu untuk mengikuti proses perkuliahan apabila telah lolos dalam proses seleksi. Untuk panduan tes bakat silahkan baca Panduan tes bakat online.

3. Atur jadwal belajar

Kamu tidak bisa belajar secara sembarangan jika ingin lolos SBMPTN. Perlu strategi khusus agar proses belajar tersebut benar-benar efektif sehingga membuahkan hasil yang baik. Atur jadwal belajar sesuai dengan materi yang biasa diujikan dalam SBMPTN. Pastikan kamu mengikuti jadwal yang telah dibuat dan tetap konsisten hingga menjelang ujian.

Pengaturan jadwal memudahkan kamu untuk mencerna materi ujian. Apabila kamu belajar tanpa jadwal yang teratur, kemungkinan besar ada beberapa materi ujian yang tidak mendapatkan porsi yang cukup sehingga bisa membuat kamu gagal dalam SBMPTN.

4. Perhatikan sistem penilaian

Seperti yang kamu ketahui, seleksi SBMPTN sebelumnya memberlakukan sistem penilaian yang dirasa cukup memberatkan bagi para peserta. Setiap jawaban yang benar akan mendapatkan nilai 4 sedangkan jawaban yang salah membuat Anda kehilangan 1 poin. Sistem penilaian ini sering dikeluhkan oleh peserta dan dianggap berkontribusi dalam kegagalan mengikuti seleksi SBMPTN.

Namun mulai tahun 2018, aturan tersebut diperbaharui. Setiap jawaban yang benar akan diberi skor 1, sedangkan jawaban yang salah mendapat skor 0 dan tidak mengurangi nilai. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin mengikuti SBMPTN. Kamu tidak perlu khawatir poin akan berkurang sehingga meningkatkan kemampuan kamu dalam menjawab lebih banyak soal.

5. Rajin latihan soal

Salah satu tips jitu yang wajib Anda terapkan adalah dengan banyak-banyak mengerjakan latihan soal. Dengan demikian, kamu menjadi lebih akrab dengan tipe soal sehingga memungkinkan kamu untuk menjawab dalam waktu yang lebih singkat.

Untuk melatih kamu dalam belajar, kamu bisa latihan soal di buku, try out online maupun offline, bisa juga menggunakan aplikasi CAT SBMPTN. Untuk mendownload aplikasi CAT SBMPTN silahkan download di halaman Alikasi CAT SBMPTN oflline.

Dengan mengaplikasikan beberapa tips SBMPTN di atas, kamu mempunyai kesempatan lebih besar untuk lolos dalam proses seleksi SBMPTN. Jangan lupa untuk menyertakan doa dalam setiap usaha yang kamu lakukan.

This post was last modified on April 12, 2020 3:27 am

Admin

Temukan informasi seputar dunia pendidikan, tips belajar, tips memilih jurusan, persiapan UN, dan SBMPTN.

Leave a Comment
Published by
Admin

Recent Posts

Harga Paket UTBK Pahamify

Harga Paket UTBK Pahamify - Tahukah kamu bahwa rasio tingkat kegagalan siswa saat seleksi masuk… Read More

Oktober 18, 2020

5 Keunggulan Try Out UTBK di Pahamify

Try out merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif, baik untuk persiapan ujian semester,… Read More

Oktober 17, 2020

Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy yang Wajib Kamu Coba!

Rekomendasi Kelas Prakerja - Gimana rasanya udah 7 bulan kalian selama di rumah aja? Apakah… Read More

Oktober 15, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester 1 K13 Revisi!

Buat kamu yang sedang mencari rangkuman materi IPS kelas 7 sebagai bahan belajar atau persiapan… Read More

Oktober 14, 2020

Daftar KI dan KD IPA SMP Kelas 7, 8, dan 9 K13 Revisi Terbaru!

Bagi Bapak/Ibu guru IPA yang sedang mencari daftar Kompetensi Intin (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)… Read More

Oktober 14, 2020

Soal Semester Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 10

Sebagai bahan persiapan kamu menghadapi ujian semester ganjil pada mata pelajaran Ekonomi, berikut ini saya… Read More

Oktober 13, 2020