Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu nggak tentang salah satu tense bahasa Inggris yang cukup populer? Yap, itu adalah future tense. Seringkali, kita berbicara mengenai masa yang akan datang dalam bahasa Inggris, Tapi kita nggak tau, struktur kalimat yang kita pakai sudah benar atau belum.

Nah, tenang aja. Aku bakal jelasin jenis-jenis future tense. Tapi sebelumnya, kita kenalan dulu sama tense satu ini ya! Future tense sendiri adalah salah satu bentuk tense yang dipakai untuk menyatakan kejadian di masa yang akan datang. Future tense juga bisa dipakai untuk menyatakan sikap kita terhadap kejadian yang ada di masa depan.

Intinya, penggunaan fiuture tense difokuskan untuk membahas hal yang akan mendatang. Future tense punya 4 jenis ya guys! Hari ini kita bakal kupas tuntas. Dijamin, kamu nggak bakal bingung lagi!

Jenis-jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

jenis future tense

1. Simple Future Tense

Tense pertama yang menjadi basic dari future tense adalah simple future tense. Kita mulai dari fungsinya dulu ya guys! Yup, apalagi kalau bukan to express something that will be done in the future. Jadi kamu bisa gunain tense ini untuk menjelaskan sesuatu yang mau dan akan kamu lakukan di masa depan. Masih dalam tahap perencanaan ya guys!

Kalimat yang menggunakan simple future tense punya time signal seperti later, tomorrow, next, dan lain sebagainya. Rumusnya juga cukup mudah loh! Kamu bisa memakai S + will + verb 1 + O or S + will + be + adjective/noun/adverbs. Yup, cuma gitu aja, Yang harus diingat adalah penggunaan kata kerja yang selalu menggunakan bentuk pertama seperti pada simple present tense.

Selain menggunakan will, kamu juga bisa pakai going to loh! Rumusnya juga cukup simpel. S + to be (is, am, are) + going to + verb 1 + O. Untuk bentuk negatif, cukup tambahkan not sebelum going to ya! Untuk bentuk negatif di will, cukup gunakan kata won’t. Sesimpel itu kan? Langsung masuk contoh kalimat yuk!

  • I will come to your house tomorrow. (Aku akan datang ke rumahmu besok.)
  • They won’t be sad if you care. (Mereka tidak akan sedih jika kamu peduli.)
  • Rahma is going to visit her uncle tonight. (Rahma akan mengunjungi pamannya nanti malam.)
  • Chloe is not going to study tomorrow. (Chloe tidak akan belajar besok.)
Baca Juga:  Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untukmu!

Nah, dari contoh kalimat, kita bisa mengambil kesimpulan kalau simple future tense digunakan untuk menunjukkan kejadian yang masih terencana dan belum terjadi, tapi akan terjadi dan berakhir di masa yang akan datang. Kita lanjut ke tense berikutnya!

2. Future Continuous Tense

Future tense berikutnya adalah Future Continuous Tense. Kita mulai dari fungsinya ya! Fungsi dari future continuous tense adalah untuk menyatakan kejadian yang akan dan sedang berlangsung di masa yang akan datang. Udah dapet gambaran kan? Oh iya, kalimat dari tense ini memiliki durasi waktu ya! Yang harus diingat, tense ini punya keterangan waktu yang spesifik ya.

Untuk time signal yang digunakan juga nggak jauh beda ya, seperti tomorrow… (tomorrow night, tomorrow morning, etc), next week on… (next week on Sunday, next week on Friday, etc). Lebih spesifik kan? Untuk auxiliary yang digunakan adalah will be. Ingat ya, kalau ada to be, verb selalu menggunakan verb –ing ya! Jangan lupa guys!

Langsung ke rumusnya yuk! Untuk positif, S + will + be + verb –ing. Untuk bentuk negatif juga nggak jauh beda. S + will + not + be + verb –ing + complement. Sedangkan untuk kalimat interogatif juga cukup mudah kok! Will + S + be + verb –ing + complement? Gimana, udah mulai paham? Yuk, langsung masuk contoh kalimat biar nggak pusing, wkwkwk.

  • Karin will be sleeping at 10 o’clock tonight. (Karin akan tidur pukul 10 malam.)
  • George will be coming to John’s house tomorrow morning. (George akan datang ke rumah John besok pagi.)
  • She will not be playing tennis for a week. (Dia tidak akan bermain tennis selama satu minggu.)
  • Will he be studying this Saturday night? (Apakah dia akan belajar pada Sabtu malam?)
Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Bab 4 Come to My Birthday, Please!

Nah, itu beberapa contoh penggunaan future continuous tense dalam bentuk kalimat. Jadi bisa disimpulin kalau future continuous tense digunain untuk menyatakan suatu aktifitas yang akan berlangsung di masa depan dengan waktu yang spesifik. Gimana, udah paham? Yuk, langsung lanjut ke tense selanjutnya!

3. Future Perfect Tense

Tense selanjutnya adalah future perfect tense. Kita bahas dari definisi dan fungsinya dulu ya! Seperti namanya, future perfect adalah suatu kalimat yang kamu ungkapkan saat kamu memprediksi suatu kegiatan yang kamu prediksi sudah selesai di masa depan. Jadi saat kita membicarakan, kegiatan itu belum selesai dan bahkan belum terjadi. Udah dapet gambaran belum? Kalau belum, langsung masuk ke rumusnya yuk!

Dari form yang akan digunakan juga cukup simpel. S + will + have + verb 3 + O. Super gampang ya! Untuk bentuk negatifnya, jangan tambahkan not setelah have ya! Tambahkan not setelah will. Untuk kalimat tanya juga super gampang, cukup Will + S + have + verb 3 + O? Super simpel kan? Untuk time signal juga beragam ya! Mulai dari at this time/next week, by this time/next week, by next Friday, on the 8th of July, etc. 

Kalau masih bingung, langsung masuk ke contoh kalimatnya ya!

  • She will have finished the homework by the end of this night. (Dia akan menyelesaikan PR selambat-lambatnya malam ini.)
  • He will have graduated from Junior High School next year. (Dia akan sudah lulus dari SMP tahun depan.)
  • I won’t have worked at office on the 5th of August. (Aku tidak akan bekerja di kantor saat 5 Agustus.)

Gimana udah tau fungsi dari tense satu ini kalau dilihat dari contoh kalimatnya kan? Yuk, lanjut ke tense terakhir ya!

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 6 We love what we do

4. Future Perfect Continuous Tense

Tense terakhir yang akan kita bahas adalah Future Perfect Continuous Tense. Singkatnya, fungsi dari tense ini adalah untuk menyatakan kejadian yang akan, sudah, dan sedang berlangsung di masa depan. Intinya, kamu menjelaskan hal yang terjadi di masa depan, tapi tetap berlanjut sampai masa nanti. Kalau bingung langsung masuk ke rumusnya yuk!

Rumusnya cukup simpel, S + will + have + been + V –ing. Untuk bentuk negative, cukup tambahkan not setelah will ya! Langsung ke contoh kalimat ya!

  • I will have been living in Tokyo for five years by next month. (Aku akan tinggal di Tokyo selama lima tahun akhir bulan ini.) Nah, disini kamu memprediksi kalau kamu akan tinggal di Tokyo selama lima tahun dan dimulai saat akhir bulan ini. Udah relate sama fungsinya ya?
  • John will not have been teaching in class for a few days before he moves to Canada. (John tidak akan mengajar di kelas selama beberapa hari sebelum dia pindah ke Kanada.)

Itu guys beberapa contoh kalimat future perfect continuous tense. Semoga kamu paham ya. Nah, gimana guys, udah paham belum sama tense satu ini? Aku harap kamu paham ya hehe. Tetap semangat belajar guys, khususnya belajar bahasa Inggris! Fighting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Perbandingan English Academy Center Vs English First, Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia

Hai guys, gimana gabarnya? Kabar baik disana ya! Mengingat pentingnya penggunaan bahasa In…