Categories: tes bakat

12 Jenis Pekerjaan Menurut Tes RMIB! Ketahui Kariermu Mulai Sekarang guys!

Share

Guys, tahu kan kalau ada banyak banget tes psikologi di dunia ini? Yap, salah satu tes yang ingin penulis ulas kali ini ialah tes RMIB. Tes ini berhubungan dengan prospek pekerjaan atau karier kamu di masa depan gengs. Cocok banget buat kamu yang lagi dilematis pilih jurusan atau fakultas di perkuliahan.

Oleh karena itu, penulis mau membagikan beberapa jenis pekerjaan menurut tes RMIB yang kali-kali aja ada yang sesuai denganmu gengs! Ga hanya itu, cakrawala tentang prospek pekerjaan maupun karier pun akan lebih luas lagi! So, yuk langsung kepoin ulasannya di bawah ini ya Kawan!

Jenis Pekerjaan Menurut Tes RMIB

1. Outdoors

Burgundy, a panoramic road that crosses the wine region and makes us know the major producers and their vineyards

Yap, jenis pekerjaan yang pertama ini sesuai dengan namanya yang berarti berhubungan dengan kegiatan di luar ruangan. Guys, pekerjaan outdoors ini ga hanya untuk laki-laki aja lho! Perempuan juga memiliki serangkaian pekerjaan di luar ruangan yang mungkin cocok dengan salah satu dari kamu.

Beberapa contoh pekerjaan outdoors adalah guru olahraga, profesi di bidang pertanian, para prospector di bidang tambang, sampai seorang nelayan. Eits, jangan menilai sebelah mata dulu guys!

Pekerjaan satu ini memang berhubungan langsung dengan bumi atau alam yang biasanya terletak di beberapa negara agraris sampai Perancis. Kamu bisa menjadi seorang petani anggur super kaya di Perancis apabila mampu mengolah tanah dengan baik guys!

2. Literary

Jenis pekerjaan menurut tes RMIB yang kedua ialah literary. Pekerjaan ini berhubungan dengan berbagai buku dan bacaan nih. Buat kamu yang gemar membaca buku atau bahkan menulis, pastinya cocok dengan berbagai pekerjaan dari jenis literary.

Pekerjaan ini ga memandang gender juga kok gengs. Kamu perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan yang sama di bidang ini. Beberapa variasi pekerjaan di bidang ini ialah penulis, jurnalis, pustawakawan, editor, sampai antropolog!

3. Mechanical

workers assembling and constructing gas turbines in a modern industrial factory

Apa yang ada di pikiranmu gengs ketika mendengar kata mekanik? Pastinya segala sesuatu yang berhubungan dengan mesin atau bengkel mungkin? Pekerjaan satu ini memang tak jauh-jauh dari bidang tersebut gengs. Ga hanya itu, ternyata hampir ¼ masyarakat dunia termasuk golongan ini lho!

FYI, pekerjaan mechanical ga hanya berhubungan dengan mesin atau bengkel aja kok. Beberapa ragam profesi yang berkaitan dengan mechanical seperti insiyur, petugas perawat alat mesin atau alat kesehatan, sampai seorang ahli lensa dan tukang listrik!

4. Musical

Jenis pekerjaan menurut tes RMIB satu ini memang ga jauh-jauh dari namanya. Musical atau pekerjaan yang berhubungan dengan musik. Namun, ternyata ada banyak banget lho guys profesi di dunia musik selain penyanyi.

Kamu bisa menjadi seorang composer musik, produser, pemain musik seperti pianis, pemain band, pencipta lagu, dan masih banyak lagi pekerjaan yang berkaitan dengan musik guys!

5. Computational

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Next, computational mungkin terdengar asing bagi sebagian besar pembaca. Secara sederhana, bidang pekerjaan ini berhubungan dengan angka sekaligus perhitungan matematis gengs.

Buat kamu yang tertarik dengan dunia hitung-menghitung maka pekerjaan seperti akuntan, guru matematika, kasir, sampai ahli statistik bisa menjadi salah satu pilihanmu guys! Oh iya, kini juga banyak kok jurusan yang berhubungan langsung dengan ilmu matematis ini!

6. Social service

Pekerjaan satu ini berkaitan erat dengan sosial dan kemanusiaan guys. Biasanya nih kamu gemar banget membantu teman yang kesulitan sampai terjun langsung ke berbagai acara amal atau berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.

Jenis pekerjaan menurut tes RMIB ini menyangkut psikolog, seorang guru, aktivis, pekerja sosial, sampai pembina agama guys. By the way, sekarang juga terdapat berbagai organisasi NGO yang bisa menjadi tempat kerjamu di kemudian hari guys!

7. Scientific

Photo by Artem Podrez on Pexels.com

Bercita-cita menjadi seorang Stephen Hawking? Yap, mungkin sebagian besar orang menganggap hal ini sebagai lelucon aja gengs. Namun, tahu ga sih kalau ada banyak orang cerdas di luar sana yang memiliki cita-cita sebagai ilmuwan?

Apabila kamu memiliki keunggulan di bidang matematika, fisika, atau bahkan biologi murni maka bisa jadi bidang scientific menjadi ladang pekerjaan yang tepat untukmu gengs. Ga hanya itu, bidang ini juga mencakup beberapa profesi seperti insyiur bioteknologi sampai ilmuwan murni!

8. Clerical

Jenis pekerjaan menurut tes RMIB berikut mungkin terdengar asing. Clerical sendiri ialah sebuah bidang pekerjaan yang berkaitan dengan ketelitian, kerapihan, dan juga sedikit perhitungan.

Beberapa contoh profesi di bidang clerical ialah pegawai bank, sekretaris, sampai petugas arsip. Apabila hasil tes RMIB menyatakan bahwa kamu memiliki kecenderungan di bidang ini, maka secara ga langsung kamu memiliki ketelitian dan perfeksionis yang cukup tinggi gengs!

9. Personal contact

How can I help you? Beautiful call center workers in headphones are working at modern office.

Berikutnya ada jenis pekerjaan di bidang personal contact nih! Pekerjaan satu ini umumnya diminati oleh kelompok manusia ekstrovert karena berhubungan langsung dengan manusia.

Selain itu, bidang ini juga menggeluti komunikasi, pergaulan, sampai relas seluas-luasnya Kawan. Beberapa contoh pekerjaan di bidang personal contact ialah public relation (PR), penyiar, sampai juru lelang.

10. Practical

Masih semangat ya gengs? Oke, jenis pekerjaan menurut tes RMIB yang ke-10 ialah practical. Jenis profesi ini memang cenderung pada kerja lapangan atau praktik. Umumnya kamu memiliki sebuah keahlian yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah biasa guys.

Contohnya? Beberapa pekerjaan di bidang practical seperti pemahat, juru masak, penjahit, pembuat gerabah, dan masih banyak lagi. By the way, pekerjaan ini termasuk genderless lho! Kamu perempuan atau laki-laki bisa kok berada di bidang ini.

11. Aesthetic

Photo by Jadson Thomas on Pexels.com

Yap, kata aesthetic memang lagi trend banget di kalangan pelajar dan milenial Indonesia nih gengs. Namun, ternyata aesthetic sendiri berarti keindahan. Nah, beberapa pekerjaan di bidang ini seperti artist, pelukis, perancang busana, dan lain-lain.

Umumnya kamu yang memiliki kecenderungan di bidang aesthetic, pasti memiliki daya kreativ yang tinggi gengs. Kamu senang berpetualang, berjiwa bebas, dan menciptakan karya adalah keharusan dalam hidup.

12. Medical

Jenis pekerjaan menurut tes RMIB yang terakhir ialah medical. Bidang satu ini pastinya sudah ga asing bagi sebagian besar dari kamu kan guys? Medical sendiri menjadi salah satu bidang yang memiliki peminat paling banyak di Indonesia.

Akan tetapi, bidang ini tak hanya terdiri dari profesi dokter aja gengs. Melainkan ada juga perawat, apoteker, ahli bedah, sampai terapis. Bisa dibilang, bidang pekerjaan satu ini akan terus dibutuhkan sampai kapanpun guys.

Nah, itu tadi 12 jenis pekerjaan menurut tes RMIB. Kamu sendiri bisa mencoba tes ini di berbagai klinik psikologi atau rumah sakit terdekat guys. Menurut penulis sendiri, melakukan tes ini bukan berarti kamu mengalami masalah di bidang psikis.

Melainkan bisa menjadi salah satu motivasi sampai memperkuat keinginanmu dalam meraih cita-cita. Sehingga kedepannya, dalam menjalani setiap aktivitas kamu akan selalu memiliki tujuan yang tepat gengs!

Semangat ya!

This post was last modified on Juni 12, 2021 8:26 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang… Read More

Juli 27, 2021

5 Rekomendasi Tempat Magang Jurusan Administrasi Perkantoran SMK! Super Worth It Untuk Dicoba!

Halo guys! Apa kamu adalah seorang siswa/siswi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran? Di artikel kali ini… Read More

Juli 26, 2021

5 Rekomendasi Website untuk Pelajar Selama Belajar Online! Yuk, Cobain Guys!

Hai guys! Buat kamu yang masih suka malas buat buka buku, pada artikel kali ini… Read More

Juli 26, 2021

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu… Read More

Juli 25, 2021

7 Tips Mengingat Materi Super Cepat Sekaligus Mudah!

Hai gengs! Siapa sih disini yang kadang suka jengkel karena lupa materi terutama saat mengerjakan… Read More

Juli 25, 2021

Ini Dia 8 Jurusan MIPA yang Sepi Peminat tetapi Peluang Kerja Besar! Yakin Ga Tertarik?

Hai guys! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani hari ya!… Read More

Juli 24, 2021