Categories: SMA

Kenalan Yuk dengan 7 Jobdesk MPK, Salah Satu Organisasi Penting di Tingkat SMA

Share

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Penulis hendak mengucapkan selamat bagi kamu yang kini duduk di jenjang baru dalam pendidikan yaitu Sekolah Menengah Atas.

Tahu ga sih guys, banyak orang bilang kalau SMA menjadi salah satu masa paling menyenangkan selama pendidikan. So, penulis sangat menganjurkanmu untuk betul-betul menikmati masa SMA ya guys. Nah, di masa SMA ini kamu juga bisa mengikuti banyak cabang perlombaan hingga organisasi.

Salah satu organisasi bergengsi yang bisa kamu ikuti selama duduk di bangku SMA adalah MPK. Pada kesempatan kali ini, penulis hendak membagikan beberapa jobdesk MPK yang mungkin masih asing bagi sebagian dari kamu guys. Siapa tahu nih, ada di antara kamu yang tertarik dengan organisasi satu ini. So, yuk kepoin ulasannya di bawah ini ya guys!

Kenalan Dengan Organisasi MPK

Image by StockSnap from Pixabay

Yap, sebelum mengetahui lebih dalam mengenai jobdesk MPK, maka ada baiknya untuk mengetahui sekilas mengenai organisasi MPK guys. MPK sendiri merupakan singkatan dari Majelis Permusyawaratan Kelas. Organisasi satu ini sangat umum kamu jumpai di jenjang SMP hingga SMA guys. 

Lantas apa yang dikerjakan oleh MPK? Secara sederhana, MPK bertugas untuk mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan berbagai program kerja yang telah disusun. Oh iya, terdapat sedikit perbedaan nih guys, di beberapa sekolah ada yang menganggap bahwa MPK lebih tinggi dari OSIS tetapi tak sedikit sekolah yang menyetarakan MPK dengan OSIS. 

Lalu siapa aja sih yang bisa menjadi MPK? Umumnya MPK diambil dari masing-masing kelas guys, biasanya sih ada 1-2 perwakilan setiap kelasnya. Hal ini berguna untuk membantu OSIS maupun sekolah apabila ada pengumuman, informasi, atau menampung berbagai aspirasi dari masyarakat kelas. 

Jobdesk MPK

Image by Gerd Altmann from Pixabay

1. Penyambung Lidah Kelas dan OSIS

Oke, kita masuk ke jobdesk MPK yang pertama yakni sebagai penyambung lidah masyarakat kelas dengan OSIS. Apabila diibaratkan dalam sebuah pemerintahan, maka OSIS sendiri bertugas sebagai badan eksekutif atau menjalankan berbagai program kerja yang telah disusun di periode awal keanggotaan. 

Dari beragam program kerja tersebut, pasti sedikit banyak melibatkan siswa bukan? Di sinilah MPK berperan sebagai penyambung lidah antara masyarakat kelas dengan OSIS. Sangat tidak dimungkinkan apabila masing-masing masyarakat kelas menyampaikan ide atau bahkan kritiknya langsung kepada anggota OSIS. 

Oleh karena itu, dibentuklah MPK sebagai badan yang menjembatani keinginan dari masyarakat kelas dengan OSIS. Baru setelahnya OSIS menyaring berbagai ide atau aspirasi tersebut untuk dimasukkan ke dalam program kerja yang hendak dijalankan. 

2. Wadah Aspirasi

Next, selain menjadi penyambung lidah antara masyarakat kelas dengan OSIS, jobdesk MPK berikutnya adalah menjadi wadah aspirasi guys. Hal ini tidak hanya disampaikan kepada OSIS, melainkan juga pihak sekolah dalam rapat umum organisasi sekolah. 

Apabila kamu memiliki aspirasi tertentu terkait program kerja OSIS maupun kegiatan yang hendak dilaksanakan oleh sekolah, maka kamu bisa menyampaikannya kepada anggota MPK. Kelak MPK akan menyampaikannya dalam rapat umum organisasi. 

3. Mewakili Kelas Dalam Berbagai Rapat Umum

Yap, salah sebagai wadah aspirasi maupun penyambung lidah masyarakat kelas dengan OSIS maupun kepala sekolah maka seorang MPK yang biasanya hanya berjumlah 1-2 orang per kelas juga bertugas untuk mewakili kelas tersebut dalam berbagai pertemuan di tingkat sekolah atau rapat umum.

Apabila hendak diadakan voting atau diskusi, maka seorang MPK tidak bisa bertindak atas dasar keinginannya sendiri belaka melainkan juga berdasarkan keinginan dari kelas atau mewakili suara dari kelas tersebut. Jadi, sebetulnya sebagai seorang MPK maka kamu memerlukan kejujuran dan netralitas dalam berbagai pertemuan umum. 

4. Mengawasi Kinerja OSIS

Jobdesk MPK selanjutnya adalah mengawasi kinerja OSIS. Yap, OSIS sebagai sebuah organisasi yang cukup sering mengadakan berbagai kegiatan seperti class meeting hingga lomba 17-an juga wajib memiliki pengawas guys. Pengawas dari kinerja OSIS selain pembina adalah MPK. 

Hal ini didasarkan dari apakah program kerja yang diadakan oleh OSIS ini sesuai atau menyerap aspirasi dari para siswa? Inilah yang akan dicek dan diawasi oleh MPK guys. Maka dari itu, kamu akan menemukan MPK biasanya turut campur tangan dalam suatu kegiatan OSIS sebagai pengawas. 

5. Menyelenggarakan Pemilos

Yap, salah satu jobdesk MPK yang paling penting adalah menyelenggarakan Pemilos atau Pemilihan Ketua OSIS. Umumnya sih anggota lama OSIS akan membuka perekrutan untuk keanggotaan OSIS yang baru. Hal ini berbeda dengan ketua OSIS yang dipilih langsung oleh siswa sekolah hingga guru melalui pencoblosan. 

Lantas siapa yang menyelenggarakan kegiatan tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah MPK. Inilah jobdesk yang cukup penting dan paling utama dari MPK. Umumnya Pemilos diadakan setelah direkrutnya anggota OSIS atau bisa bebarengan dengan perekrutan anggota. 

Eits, meskipun ini pemilihan umum ini dilaksanakan pada tingkat sekolah, tetapi bisa dibilang cukup ketat juga lho guys. Ada banyak hal yang harus disiapkan, mulai dari kotak suara, tempat penyoblosan, hingga mengawasi alur pemilos agar tidak terjadi kecurangan pada kotak suara. 

Selain itu, anggota MPK juga bertugas untuk mengawasi kampanye untuk mencegah terjadinya kecurangan selama kampanye ketua OSIS berlangsung. Apakah ada yang melakukan kampanye sebelum masa kampanye, pada masa tenang, atau apakah terjadi suap untuk membeli suara? Hal ini juga patut diawasi oleh MPK. 

6. Menyusun Anggaran Dasar Rumah Tangga

Selanjutnya, jobdesk MPK kali ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena akan cukup rumit apabila hanya dijelaskan. Jadi, MPK sebagai salah satu organisasi di sekolah juga bertugas untuk menyusun anggaran dasar rumah tangga yang nantinya diberitakan pada saat sidang umum dengan organisasi sekolah maupun pertemuan dengan kepala sekolah hingga pembina. 

Anggaran dasar ini akan berhubungan dengan pengeluaran yang digunakan oleh MPK, maupun pemasukan MPK. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya korupsi atau ketidak transparan pemasukan ke organisasi MPK guys. 

7. Membantu OSIS dalam Kegiatan Tertentu

Jobdesk MPK yang terakhir adalah membantu OSIS dalam beberapa kegiatan tertentu. Kegiatan seperti lomba 17-an, hari Kartini, hingga classmeeting tentunya memerlukan cukup banyak panitia. Nah, acap kali jumlah anggota OSIS sendiri tidak mencukupi untuk menjadi panitia dalam sebuah acara yang besar. 

Maka dari itu, tak jarang kamu menemukan beberapa anggota MPK yang diminta untuk membantu suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS. Di luar itu, seperti yang telah dijelaskan di atas, beberapa anggota MPK juga bertugas untuk mengawasi jalannya kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS. 

Yap, di atas adalah beberapa informasi seputar MPK hingga jobdesk MPK. Sejauh ini siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk bergabung ke organisasi satu ini? Pastinya ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bergabung ke dalam sebuah organisasi di jenjang SMA guys. 

Apabila kamu berminat, penulis hanya ingin mengingatkan kalau jangan sampai lupa menjaga nilai dan stabilitas performa belajarmu selama SMA ya. Terus semangat teman-teman!

This post was last modified on Agustus 26, 2022 8:07 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Prediksi Soal UN SMP Tahun

1. Perhatikan gambar alat ukur berikut! Waktu yang ditunjukkan pada stop watch tersebut adalah ....… Read More

Desember 2, 2022

7 Tempat Les Terbaik di Indonesia

Mengajar atau bimbingan belajar merupakan cara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan karena belajar di sekolah… Read More

Desember 1, 2022

Arti Mikroskop dan Jenis-Jenisnya

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu melihat benda-benda kecil atau makhluk hidup mikro organisme yang… Read More

Desember 1, 2022

Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Lensa merupakan salah satu alat yang dapat membantu kegiatan manusia, seperti lensa yang terdapat pada… Read More

November 30, 2022

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semeseter Genap

Bagi siswa kelas 8 yang akan menghadapi ujian semester genap, kamu harus mempersiapkan diri dengan… Read More

November 29, 2022

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022