Info Paling Lengkap Jurusan Administrasi Negara, Beserta 5 Prospek Kerja sampai Mata Kuliahnya

Apakah kamu termasuk seorang pelajar yang tertarik berkecimpung di dunia politik? Atau kamu cukup tertarik dalam menanggapi isu-isu terkini mengenai sosial, budaya, ekonomi, maupun hukum di Indonesia? Yap, buat kamu yang memiliki ketertarikan di atas, maka penulis memiliki rekomendasi jurusan kuliah untukmu guys. 

Kali ini penulis akan membagikan informasi terlengkap mengenai jurusan administrasi negara. Yap, sebagian dari kamu mungkin masih cukup asing dengan jurusan satu ini. Namun, tenang aja guys, penulis akan infokan secara lengkap khusus untuk kamu aja nih! So, buat kamu yang tertarik, bisa langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Negara

jurusan ilmu politik
Businessman or politician making speech from behind the pulpit

1. Pengantar Ilmu Hukum

Yap, mata kuliah jurusan administrasi negara yang pertama adalah pengantar ilmu hukum. Sebagian dari kamu pasti sudah membayangkan bahwa administrasi negara tentu akan berhubungan dengan keuangan bukan? Memang tidak salah sepenuhnya guys, tapi basic utama administrasi negara justru berasal dari ilmu hukum.

Di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari secara mendalam peraturan perundang-undangan terkait administrasi pemerintahan. Yap, dalam menyelenggarakan pemerintahan ternyata ada aturannya juga lho. Ga hanya aturan, melainkan juga asas-asas yang harus kamu pelajari guys. 

2. Pengantar Administrasi Publik

Next, mata kuliah jurusan administrasi negara berikutnya adalah pengantar administrasi publik. Di sini kamu akan lebih bersinggungan dengan ilmu politik serta ilmu hukum guys. Hal ini karena dalam pengantar administrasi publik, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai sistem lembaga yudikatif, legislatif, dan eksekutif. Tentu udah ga asing dong dengan istilah ini!

Di sini kamu akan lebih berfokus mengenai ilmu manajemen dan organisasi guys. Oh iya, kamu juga akan mempelajari tentang perkembangan kebijakan publik yang berkaitan dengan pembangunan hingga penyelenggaran negara. Kalau dilihat-lihat cukup berhubungan juga dengan jurusan ilmu pemerintahan nih guys. 

3. Sistem Ekonomi Indonesia

Sistem ekonomi juga ga lepas menjadi salah satu mata kuliah di jurusan administrasi negara guys. Selain mempelajari tentang kebijakan pemerintah yang umumnya berbentuk sebuah regulasi atau pengaturan, ternyata kamu juga akan mempelajari sistem perekonomian yang ada di Indonesia nih.

Hal ini ga lepas dari faktor bahwa perekonomian sangat mempengaruhi stabilitas suatu negara, bahkan berhubungan dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah guys. Yap, kalau kamu seseorang yang tertarik di bidang ekonomi sekaligus menyukai hukum, maka jurusan administrasi negara ini sangat cocok untukmu. 

4. Manajemen Keuangan Publik

Berikutnya, di jurusan administrasi negara kamu juga akan belajar tentang manajemen keuangan publik nih guys. Tentu kamu ga asing dong kalau suatu negara melakukan perputaran uang dari pajak yang diberikan warga negara. Eits, hal ini ada ilmunya tersendiri nih guys. 

Kamu akan mempelajarinya lebih lanjut di manajemen keuangan publik. Di mata kuliah ini kamu juga secara khusus mempelajari tentang keuangan negara, unsur-unsur dalam manajemen keuangan, serta pengelolaannya yang tepat sesuai peraturan yang diberikan. Bagaimana menarik bukan mata kuliah ini?

5. Sistem Kebijakan Indonesia

Last but not least, setelah mempelajari berbagai teori terkait administrasi negara maka kamu juga akan menemui mata kuliah mengenai sistem kebijakan yang ada di Indonesia, alias mata kuliah konkretnya. Di sini, kamu akan melihat nih gimana sih sistem kebijakan yang ada di Indonesia?

Apakah sejauh ini sudah sesuai dengan teori teori yang kamu pelajari sebelumnya? Atau justru ada yang salah? Nah, di mata kuliah inilah kamu akan melakukan perbandingan hingga mengetahui sistem kebijakan di Indonesia dari masa ke masa guys. Yap, cukup banyak bersinggungan dengan ilmu sejarah juga nih guys.

Universitas dengan Jurusan Administrasi Negara Terbaik

ptn terbaik 2021
Depok, Indonesia – August 19, 2018: The rectorate building of the University of Indonesia in West Java.
  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Padjajaran
  5. Universitas Diponegoro
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Sebelas Maret
  8. Universitas Udayana
  9. Universitas Jenderal Soedirman
  10. Universitas Jember

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

jurusan administrasi negara
Image by Gerd Altmann from Pixabay

1. Bekerja di Instansi Pemerintahan

Prospek kerja jurusan administrasi negara yang pertama adalah menjadi staff di pemerintahan. Yap pekerjaan ini menjadi salah satu prospek yang paling ramai diincar mahasiswa lulusan administrasi negara guys. 

Melihat peluang menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil yang mendapat cukup banyak tunjangan serta adanya karier atau jenjang dalam pekerjaan. Nah, apakah di antara kamu juga ada yang tertarik bekerja di instansi pemerintahan? 

2. Manajer Pelayanan Publik

Next, sebagai lulusan jurusan administrasi negara kamu juga bisa banget menjadi seorang manajer pelayanan publik. Mulai dari manajer di bidang pelayanan transportasi hingga kesehatan guys. Tentunya masing-masing dari perusahaan tersebut memerlukan seorang manajer yang paham mengenai pelayanan publik beserta regulasinya. 

Dari sini kamu bisa sesuaikan dengan bakat atau minatmu lebih dalam guys, apakah kamu tertarik di bidang transportasi, kesehatan, atau mungkin pelayan publik lainnya? Oh iya, profesi ini sendiri termasuk berjenjang ya guys. Artinya, ada kemungkinan kamu menjadi staff terlebih dahulu pada awalnya, kemudian kepala bidang, hingga akhirnya menjadi manajer. 

3. Konsultan Publik

Prospek kerja jurusan administrasi negara selanjutnya, yakni menjadi seorang konsultan pelayanan publik. Menurut penulis, pekerjaan satu ini bisa dibilang cukup fleksibel kok guys. Kamu bisa mengerjakannya sembari memiliki pekerjaan utama lain, misalnya seorang dosen. 

Umumnya apabila kamu menjadi seseorang yang expert di bidang administrasi negara, maka secara tidak langsung besar kemungkinan juga untukmu menjadi seorang konsultan, baik konsultan untuk pemerintah maupun swasta guys. Oh iya, berhubung memiliki dua pekerjaan, maka pendapatanmu juga akan bertambah guys. Jadi, sangat worth it untuk dijalani nih. 

4. Dosen Administrasi Negara

Yap, jurusan administrasi negara sendiri mengalami peningkatan peminat dari tahun ke tahun guys. Hal ini membuat beberapa universitas negeri maupun swasta membuka program studi administrasi negara. 

Dengan demikian, maka prospek pekerjaan yang tak kalah menjanjikan adalah menjadi seorang dosen. Yap, kamu bisa melamar sebagai dosen di universitas tempatmu menuntut ilmu lekas setelah lulus S2 atau S3 nanti guys. 

Oh iya, buat kamu yang kemudian berpikir mengenai biaya untuk melanjutkan pendidikan, eits jangan khawatir guys. Kini ada beasiswa baik di Asia maupun Eropa yang siap mendanai studimu hingga lulus nanti. Jadi, kamu ga perlu khawatir lagi untuk masalah biaya kuliah hingga kebutuhan sehari-hari karena ada beasiswa yang fully funded

5. Pengawas Pelayanan Publik

Prospek kerja jurusan administrasi negara yang terakhir adalah menjadi seorang pengawas pelayanan publik. Yap, karena belajar secara mendalam mengenai pelayanan publik pemerintah selama perkuliahan, maka sangat wajar apabila seorang lulusan administrasi negara bekerja sebagai seorang pengawas pelayanan publik.

Kamu bisa bekerja di berbagai lembaga khusus pengawasan atau lembaga yang memang menangani pelayanan publik untuk menjabat sebagai seorang pengawas. Gaji yang ditawarkan pun ga main-main guys, untuk freshgraduate sendiri terbilang menjanjikan dan berada di atas rata-rata nih. 

Nah, di atas adalah informasi terlengkap mengenai jurusan administrasi negara guys. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini guys? Faktanya, untuk berkecimpung di dunia politik, kamu ga harus masuk ke program studi ilmu politik kok. 

Kamu bisa masuk ke program studi administrasi negara, atau bahkan jurusan lainnya di rumpun ilmu SOSHUM. So, buat kamu yang tertarik, jangan lupa berjuang agar bisa masuk ke jurusan impian di universitas favoritmu ya guys. Semangat selalu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pentingnya Portofolio Untuk Mahasiswa Fresh Graduate

Sebagai profesional di berbagai bidang, memiliki portofolio yang kuat adalah hal yang sang…