Info Jurusan Astronomi Super Lengkap, Hanya Ada 1 Universitas yang Membuka Jurusan ini di Indonesia!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang dulu senang sekali melihat bintang-bintang di malam hari? Mulai dari bulan, bintang, bahkan sampai rasi bintang yang cantik-cantik di langit? Kalau kebiasaan ini masih kamu jalani sampai kini atau bahkan kamu memiliki ketertarikan khusus terhadap ilmu perbintangan maka jangan sampai skip artikel satu ini.

Kali ini penulis ingin membagikan beberapa informasi seputar jurusan astronomi. Jurusan satu ini memang tergolong langka di Indonesia guys, tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali ya. So, yuk simak ulasan di bawah ini! Siapa tahu bisa menjadi pencerahan buat kamu memilih jurusan di perkuliahan nanti.

Kenalan Dulu dengan Jurusan Astronomi

jurusan astronomi
Man sitting under The Milky Way Galaxy with light on his hands.

Berbicara tentang jurusan astronomi pasti ga jauh-jauh soal perbintangan, galaksi, luar angkasa, dan berbagai hal menarik yang ga kita temui di bumi. Yap, jurusan satu ini memang menarik banget untuk dipelajari, terlebih lagi peminatnya yang tergolong rendah di negara Indonesia.

Akan tetapi, bukan berarti jurusan ini ga penting atau kurang berguna ya guys. FYI, jurusan astronomi sendiri sangat dibutuhkan di masa depan nanti. Ga hanya itu, jurusan astronomi sendiri ga semudah kelihatannya lho.

Dalam jurusan ini kamu akan berkecimpung dengan berbagai perhitungan fisika, pengetahuan tentang kosmologi, sampai penalaran dan logika. Kamu juga akan berhadapan dengan berbagai teori seru sekaligus sulit seperti Big Bang, teori worm hole, dan masih banyak lagi.

Mata Kuliah Jurusan Astronomi

jurusan astronomi

1. Matematika

Yap, hal yang cukup mendasar di jurusan astronomi ialah mata kuliah mengenai matematika. Penulis ingatkan, kalau astronomi ga hanya berkisar mengenai bintang-bintang cantik aja ya guys, melainkan juga perhitungan matematis yang cukup rumit dan membutuhkan penalaran yang tinggi.

2. Fisika

Next, selain matematika maka kamu juga wajib berhubungan dengan mata kuliah fisika. Ada banyak nih jenis fisika yang akan kamu temui guys. Mulai dari fisika dasar, fisika astronomi (astrofisika), fisika termal, dan masih banyak lagi. Oh iya, denger-denger, jurusan astronomi juga akan berurusan dengan fisika modern yang masih sulit dipelajari

3. Astronomi

Yap, ngomongin jurusan astronomi pastinya kamu akan mempelajari berbagai hal soal astronomi dong. Mulai dari berbagai benda-benda langit, proses terbentuknya tata surya, mekanika benda-benda langit, sampai terbentuknya worm hole atau black hole guys. Pelajaran satu ini pasti seru banget!

4. Teknologi Informasi

Di urutan ke-4 ada mata kuliah teknologi informasi yang akan kamu temui di jurusan astronomi. Mata kuliah satu ini juga diperlukan karena sebagian besar peralatan atau media yang kamu gunakan dalam menunjang perkuliahan menggunakan komputer atau laptop guys. So, pastikan kamu menguasai hal-hal dasar atau memiliki software yang mendukung pelaksanaan kuliah ya.

5. Statistika

Mata kuliah statistika juga akan kamu temui lho di jurusan astronomi. Dengan statistika kamu akan mempelajari bagaimana cara menganalisis sebuah data atau bahan kajian mengenai astronomi. Tentunya jurusan satu ini ga pernah jauh-jauh dari berbagai penelitiaan dan juga kajian yang masih terus berkembang.

Universitas dengan Jurusan Astronomi Terbaik

jurusan astronomi
  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Waseda University
  3. The Chinese University of Hongkong
  4. Keio University
  5. Massachussets Institute of Techonology (MIT)
  6. Harvard University
  7. Princeton University
  8. Stanford University
  9. University of Cambridge
  10. California Institute of Technology (Caltech)

Prospek Pekerjaan Jurusan Astronomi

jurusan astronomi

1. Astronom

Profesi sebagai astronom, tentu menjadi cita-cita yang paling banyak diinginkan lulusan jurusan astronomi. Yap, sebagai seorang pakar, tugasmu ialah melakukan penelitian, mengembangkan, dan juga mempelajari secara lebih dalam mengenai ilmu astronomi.

Kamu bisa bekerja di berbagai lembaga riset dari universitas, LIPI, atau berbagai organisasi mengenai astronomi. Ga hanya itu, kalau kamu memang berbakat maka bukan mustahil kamu bisa bekerja di perusahaan milik Elon Musk sebagai peneliti.

2. Dosen Astronomi

Next, seorang lulusan jurusan astronomi juga bisa banget memilih pekerjaan sebagai dosen saat lulus nanti. Jurusan ini sendiri tergolong langka di Indonesia, tetapi kamu bisa menjadi pionir untuk memajukan pengetahuan astronomi melalui pendidikan guys. Oh iya, ada banyak lho universitas di luar negeri yang membutuhkan dosen astronomi.

Hal ini karena ilmu astronomi semakin banyak diminati dan diperlukan untuk periode jangka panjang. Eits, kamu juga ga perlu khawatir soal syarat sekolah yang diperlukan untuk menjadi seorang dosen. Ada beasiswa Chevening untuk S2, beasiswa Erasmus untuk S2, dan beasiswa S3 yang banyak banget dari berbagai universitas kenamaan dunia guys.

3. Staff NASA

Selain bekerja sebagai peneliti, kamu juga bisa mengambil profesi sebagai staff NASA. NASA ga melulu membutuhkan peneliti guys, terkadang diperlukan juga seorang staff yang memang ahli di bidang astronomi, teknologi informasi, fisika, bahkan sampai manajemen atau bahasa.

Jadi, bukan ga mungkin kalau kamu bisa bekerja di NASA walau kamu bukan seorang peneliti. Hanya saja, pastikan kalau kamu memang memiliki kemampuan yang mumpuni dan juga mental yang tahan banting ya guys.

4. Enterpreneur

Di atas tadi penulis sudah sempat menyinggung soal Elon Musk nih guys. Yap, Elon Musk sendiri merupakan CEO dari berbagai teknologi futuristik seperti Tesla maupun Space-X. Ga hanya itu, Elon Musk juga sedang mengembangkan wisata luar negeri ke bulan sampai Mars! Wah keren ya?

By the way, kamu juga bisa kok seperti Elon Musk. Apabila kamu menyukai dunia astronomi, tetapi tertarik bekerja secara mandiri maka kamu bisa banget memilih profesi enterpreneur. Kamu bisa melakukan berbagai inovasi dalam mengembangkan teknologi atau alat-alat perbintangan yang ga kalah keren dengan Elon Musk.

5. Penulis atau Jurnalis

Terakhir ada profesi sebagai penulis atau jurnalis. FYI, setiap koran internasional seperti BBC atau Guardian biasanya menyediakan kolom khusus tentang fenomena alam atau perbintangan guys. Bahkan juga ada majalah yang secara khusus membahas topik-topik seputar astronomi.

Di sisi lain, kamu juga bisa menulis buku atau berbagai artikel in-depth seputar dunia astronomi untuk dimuat di berbagai media. Pekerjaan satu ini ga harus menjadi main job kamu guys, tetapi juga bisa sebagai side job.

Yap, itu tadi beberapa info menarik dari jurusan astronomi. Apakah kamu semakin tertarik atau justru sebaliknya? Penulis mau kasih tahu nih guys, kalau jurusan satu ini memang tergolong sebagai jurusan yang diperlukan di masa depan. Sehingga, mata kuliah sampai universitasnya memang cukup sulit untuk dipelajari atau ditemui.

Tak banyak orang yang berkecimpung di dunia astronomi, tetapi sekalinya ada yang tertarik untuk mendalami, dijamin deh pasti ga akan sia-sia. So, kalau kamu betul-betul memiliki passion di dunia astronomi maka jangan ragu-ragu untuk belajar lebih giat!

Penulis yakin kamu bisa masuk ke jurusan ini, bahkan belajar di universitas kenamaan seperti MIT, Harvard, atau Yale University. Semangat terus kawan-kawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu punya rencana masuk STIS? Tapi masih bingung buat nyari contoh soalnya? Berikut ini b…