Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN UI

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru di Indonesia. Banyak dari calon mahasiswa yang ingin mengetahui jurusan apa saja yang paling diminati di SBMPTN. Ini penting bagi calon mahasiswa agar mereka bisa melihat berapa keketatan dan persaingan tahun sebelumnya yang mungkin saja tahun ini akan mereka hadapi.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa daftar jurusan yang paling diminati di Universitas Indonesia didasarkan pada presentase keketatan pada tahun 2019. Keketatan adalah presentase jumlah peserta diterima berbanding jumlah peserta pendaftar. Semakin besar presentase maka daya saing rendah. Sedangkan semakin kecil presentase maka daya saing tinggi. Berikut adalah urutan jurusan yang paling diminati di Universitas Indonesia melalui jalur penerimaan SBMPTN.

Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN UI

1. Bahasa dan Kebudayaan Korea

Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea menjadi jurusan yang paling diminati oleh pendaftar SBMPTN di Universitas Indonesia pada tahun 2019 dengan keketatan 4,27%. Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

2. Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia menempati urutan kedua jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa pendaftar SBMPTN dengan keketatan 5,05%. Departemen Ilmu Hubungan Internasional berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini sudah terakreditasi BAN PT dengan peringkat A serta terakreditasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance.

Baca Juga:  5 Tips Lolos SBMPTN FK yang Perlu Kamu Ketahui!

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia merupakan jurusan yang paling peringkat ketiga yang diminati oleh pendaftar SBMPTN Universitas Indonesia pada tahun 2019 dengan keketatan 6,14%. Jurusan Ilmu Komunikasi UI berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

4. Sastra Arab

Jurusan Sastra Arab menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat keempat di Universitas Indonesia dengan keketatan 6,80% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Arab berapa di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Program studi Sastra Arab membuka kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jika kamu mendaftar melalui SBMPTN, maka kamu akan masuk ke kelas sarjana reguler.

5. Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat kelima di Universitas Indonesia dengan keketatan 6,85% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Inggris berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Pada program studi Sastra Inggris, mata kuliah yang disampaikan bukan hanya terkait kemampuan bahasanya, tetapi juga mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, serta pengetahuan pendukung lainnya.

6. Sastra Belanda

Jurusan Sastra Belanda menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat keenam di Universitas Indonesia keketatan 7,33% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Belanda berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Profil lulusan sarjana Sastra Belanda yaitu sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Belanda dan melakukan pengkajian di bidang bahasa, sastra, dan budaya Belanda.

7. Sastra Cina

Jurusan Sastra Cina menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat ketujuh di Universitas Indonesia dengan keketatan 7,37% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Cina berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Baca Juga:  Testimoni Siswi Brain Academy Lolos SNMPTN

8. Arsitektur

Jurusan Arsitektur merupakan jurusan dengan peringkat kedelapan yang paling diminati oleh pendaftar SBMPTN tahun 2019 di Universitas Indonesia dengan keketatan 7,50%. Jurusan Arsitektur berada di bawah naungan Fakultas Teknik (FT) UI. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan terakreditasi ASEAN University Network (AUN)

9. Kriminologi

Jurusan Kriminologi Universitas Indonesia merupakan jurusan dengan peminat urutan kesembilan tertinggi pada SBMPTN tahun 2019 dengan keketatan 7,79%. Jurusan Kriminologi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Calon mahasiswa yang dapat mendaftar adalah lulusan SMA/MA/SMK/sederajat.

10. Antropologi Sosial

Jurusan Antropologi Sosial merupakan jurusan dengan peminat urutan kesepuluh tertinggi pada SBMPTN tahun 2019 dengan keketatan 7,72%. Jurusan Antropologi sosial berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Departemen Antropologi Sosial memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan kritis dan menghargai keanekaragaman serta dinamika sosial budaya dalam konteks lokal, nasional, dan global. Serta mampu melakukan penelitian antropologi untuk mendesktipsikan realita keanekaragaman dan kehidupan sosial budaya.

Itulah 10 besar jurusan yang paling banyak diminati oleh pendaftar SBMPTN pada tahun 2019. Terus semangat dan berusaha untuk mendapatkan jurusan impianmu walaupun banyak saingan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang juga ingin masuk ke Universitas Indonesia. Semoga bermanfaat.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jurusan HI, Gak Hanya Soal Politik Kok!

Ada gak sih dari kalian yang bercita-cita untuk bekerja di lembaga kenamaan dunia seperti …