Categories: KuliahSBMPTN

Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN UI

Share

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru di Indonesia. Banyak dari calon mahasiswa yang ingin mengetahui jurusan apa saja yang paling diminati di SBMPTN. Ini penting bagi calon mahasiswa agar mereka bisa melihat berapa keketatan dan persaingan tahun sebelumnya yang mungkin saja tahun ini akan mereka hadapi.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa daftar jurusan yang paling diminati di Universitas Indonesia didasarkan pada presentase keketatan pada tahun 2019. Keketatan adalah presentase jumlah peserta diterima berbanding jumlah peserta pendaftar. Semakin besar presentase maka daya saing rendah. Sedangkan semakin kecil presentase maka daya saing tinggi. Berikut adalah urutan jurusan yang paling diminati di Universitas Indonesia melalui jalur penerimaan SBMPTN.

Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN UI

1. Bahasa dan Kebudayaan Korea

Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea menjadi jurusan yang paling diminati oleh pendaftar SBMPTN di Universitas Indonesia pada tahun 2019 dengan keketatan 4,27%. Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

2. Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia menempati urutan kedua jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa pendaftar SBMPTN dengan keketatan 5,05%. Departemen Ilmu Hubungan Internasional berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini sudah terakreditasi BAN PT dengan peringkat A serta terakreditasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia merupakan jurusan yang paling peringkat ketiga yang diminati oleh pendaftar SBMPTN Universitas Indonesia pada tahun 2019 dengan keketatan 6,14%. Jurusan Ilmu Komunikasi UI berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

4. Sastra Arab

Jurusan Sastra Arab menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat keempat di Universitas Indonesia dengan keketatan 6,80% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Arab berapa di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Program studi Sastra Arab membuka kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jika kamu mendaftar melalui SBMPTN, maka kamu akan masuk ke kelas sarjana reguler.

5. Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat kelima di Universitas Indonesia dengan keketatan 6,85% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Inggris berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Pada program studi Sastra Inggris, mata kuliah yang disampaikan bukan hanya terkait kemampuan bahasanya, tetapi juga mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, serta pengetahuan pendukung lainnya.

6. Sastra Belanda

Jurusan Sastra Belanda menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat keenam di Universitas Indonesia keketatan 7,33% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Belanda berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Profil lulusan sarjana Sastra Belanda yaitu sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Belanda dan melakukan pengkajian di bidang bahasa, sastra, dan budaya Belanda.

7. Sastra Cina

Jurusan Sastra Cina menjadi jurusan yang paling diminati dengan peringkat ketujuh di Universitas Indonesia dengan keketatan 7,37% di SBMPTN pada tahun 2019. Jurusan Sastra Cina berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

8. Arsitektur

Jurusan Arsitektur merupakan jurusan dengan peringkat kedelapan yang paling diminati oleh pendaftar SBMPTN tahun 2019 di Universitas Indonesia dengan keketatan 7,50%. Jurusan Arsitektur berada di bawah naungan Fakultas Teknik (FT) UI. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan terakreditasi ASEAN University Network (AUN)

9. Kriminologi

Jurusan Kriminologi Universitas Indonesia merupakan jurusan dengan peminat urutan kesembilan tertinggi pada SBMPTN tahun 2019 dengan keketatan 7,79%. Jurusan Kriminologi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Calon mahasiswa yang dapat mendaftar adalah lulusan SMA/MA/SMK/sederajat.

10. Antropologi Sosial

Jurusan Antropologi Sosial merupakan jurusan dengan peminat urutan kesepuluh tertinggi pada SBMPTN tahun 2019 dengan keketatan 7,72%. Jurusan Antropologi sosial berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Departemen Antropologi Sosial memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan kritis dan menghargai keanekaragaman serta dinamika sosial budaya dalam konteks lokal, nasional, dan global. Serta mampu melakukan penelitian antropologi untuk mendesktipsikan realita keanekaragaman dan kehidupan sosial budaya.

Itulah 10 besar jurusan yang paling banyak diminati oleh pendaftar SBMPTN pada tahun 2019. Terus semangat dan berusaha untuk mendapatkan jurusan impianmu walaupun banyak saingan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang juga ingin masuk ke Universitas Indonesia. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Juli 16, 2020 2:40 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu… Read More

Juli 25, 2021

7 Tips Mengingat Materi Super Cepat Sekaligus Mudah!

Hai gengs! Siapa sih disini yang kadang suka jengkel karena lupa materi terutama saat mengerjakan… Read More

Juli 25, 2021

Ini Dia 8 Jurusan MIPA yang Sepi Peminat tetapi Peluang Kerja Besar! Yakin Ga Tertarik?

Hai guys! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani hari ya!… Read More

Juli 24, 2021

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Masuk Kuliah! Apakah Kamu Sudah Siap?

Setelah lulus SMP kamu akan melanjutkan pendidikan ke SMA. Setelah itu kamu akan melanjutkan pendidikan… Read More

Juli 24, 2021

4 Keunggulan Ruangkelas Sebagai LMS untuk Sekolah! Belajar Lebih Maksimal, Guru pun Senang!

Per-tanggal 23 Juli 2021, kasus kematian yang diakibatkan oleh Covid-19 mencapai angka 80.000 jiwa. Tentu… Read More

Juli 24, 2021

5 Kegiatan yang Dapat Menambah Pengalaman Berorganisasi di SMA! Kamu Harus Tahu Nih Guys!

SMA merupakan masa terakhir kamu menjadi seorang siswa. Karena hal ini para siswa memanfaatkan masa… Read More

Juli 23, 2021