Serba-serbi Jurusan Biologi Beserta 10 Universitas Terbaik Indonesia di Bidang Biologi

Siapa nih di antara kamu yang masih dilema dalam memilih jurusan kuliah nanti? Eits, kebetulan banget guys, kali ini penulis mau mengenalkanmu dengan salah satu jurusan yang mungkin udah ga asing lagi bagi sebagian besar pelajar di Indonesia, yaitu jurusan biologi.

Giveaway

Yap, seperti mata pelajaran yang kamu temui di SMA atau mungkin SMP, ternyata di Indonesia juga ada jurusan biologi lho guys. Akan belajar apa aja di jurusan ini? Bagaimana prospek pekerjaannya? Mata kuliahnya apa aja? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini guys!

Kenalan Yuk dengan Jurusan Biologi

jurusan biologi

Sebelum masuk ke berbagai hal mendalam mengenai jurusan ini, seperti mata kuliah, universitas, dan prospek pekerjaan, ada baiknya kamu kenalan dulu dengan program studi biologi. Seperti yang sempat penulis singgung di atas, program studi biologi memang dipelajari sejak kita SMP dan SMA, khususnya untuk peminatan MIPA.

Jurusan ini mempelajari makhluk hidup secara kompleks guys, mulai dari organisme, organ, sampai manusia itu sendiri. Namun, kamu perlu mencatat bahwa jurusan biologi berbeda dengan kedokteran atau pendidikan biologi ya.

Kedokteran sendiri memang bersumber utama pada pelajaran biologi, khususnya mengenai tubuh manusia, tetapi ilmu ini lebih bersifat lebih sempit daripada program studi biologi yang luas dan kompleks. Bahkan tujuan akhirnya saja seringkali berbeda, Fakultas Kedokteran biasa melahirkan dokter-dokter hebat, sedangkan progdi biologi menerbitkan peneliti.

Kalau pendidikan biologi sendiri seringkali dikaitkan dengan jurusan biologi juga guys. Namun, keduanya cukup berbeda karena pendidikan biologi hanya berfokus pada materi biologi yang umum dipelajari di jenjang SMP maupun SMA. Untuk program studi biologi, kembali lagi lebih kompleks dengan tujuan penelitian.

Baca Juga:  8 Kesalahan dalam Memilih Jurusan di SMA! Kamu Wajib Baca nih, Jangan Sampai Terulang Kesalahan yang Sama!

Mata Kuliah Jurusan Biologi

jurusan biologi
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

1. Biologi Molekuler

Mata kuliah yang pasti kamu temui di jurusan ini adalah biologi molekuler. Secara sederhana, biologi molekuler adalah studi biologi di tingkat genetika atau biokimia (skala molekul). Mata kuliah ini terbilang cukup sulit, sehingga membutuhkan ingatan dan ketajaman yang baik dalam memperhatikan banyak objek.

Kamu akan mempelajari berbagai proses sintesis DNA, RNA, sampai protein. Oh iya, engga lupa, kalau mata kuliah ini berhubungan erat dengan kimia ya guys. Jadi, jangan sampai lupa materi kimia walaupun di program studi biologi.

2. Kimia Organik

Masih menyambung dengan mata kuliah di atas, penulis sempat menyinggung mata kuliah kimia di jurusan biologi, yap kamu akan menemukan mata kuliah kimia organik. Apa sih kimia organik?

Secara sederhana, kimia organik merupakan cabang kimia yang mempelajari proses reaksi-aksi dalam makhluk hidup. Mulai dari sintesis senyawa organik, maupun meneliti komposisi sampai struktur dari sebuah senyawa itu sendiri.

3. Ekologi

Berikutnya ada mata kuliah ekologi di jurusan biologi. Mata kuliah ini lebih mempelajari mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan. Kalau di ilmu sosial kamu menemukan frasa interaksi sosial atau makhluk sosial, maka jangan lupa kalau kita menjalin hubungan erat dengan lingkungan di sekitar kita guys.

Contohnya, aktivitas petani yang menanam padi, kemudian menaburkan pupuk, memanen, dan banyak lagi. Proses ini melibatkan lingkungan kita, yakni bumi dengan manusia sebagai penghuni. Di mata kuliah inilah kamu akan mempelajari secara mendalam hubungan tersebut.

4. Filogenetik

Filogenetik menjadi mata kuliah jurusan biologi berikutnya. Mungkin sebagian kamu masih asing dengan istilah ini, tetapi ilmu mengenaik filogenetik ini sangat penting untuk diteliti dan dipelajari.

Baca Juga:  Yuk Kenalan Dengan Jurusan Kriminologi! Sepi Peminat, tetapi Sangat Diperlukan!

So, apa sih filogenetik? Filogenetik merupakan sebuah proses menunjukkan kekerabatan antara suatu spesies dengan nenek moyangnya. Misalnya, nenek moyang dari manusia yaitu homo sapiens, yang termasuk kera dan masih banyak lagi.

Mata kuliah satu ini terbilang cukup rumit dan butuh kesungguhan serta passion guys. Jadi, kalau kamu memang tertarik dengan ilmu satu ini maka jangan ragu untuk belajar dengan sungguh-sungguh karena sangat dibutuhkan sampai kapanpun.

5. Fisiologi

Last but not least, ada mata kuliah fisiologi. Fisiologi merupakan cabang biologi yang berkaitan tentang fungsi dan kehidupan dari sebuah zat guys. Mulai dari organ, jaringan, sampai sel. Bisa dibilang kamu akan mempelajari bagaimana sistem makhluk hidup.

Fisiologi sendiri dibagi menjadi fisiologi manusia, tumbuhan, dan hewan. Ketiganya memiliki organ dan sistem masing-masing guys, so kamu wajib cermat dan mengikuti betul-betul mata kuliah satu ini ya.

Universitas dengan Jurusan Biologi Terbaik

jurusan biologi
Photo by Element5 Digital from Pexels
  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Universitas Padjajaran (UNPAD)
  6. Universitas Pelita Harapan (UPH)
  7. Universitas Atma Jaya Jogjakarata
  8. Universitas Surabaya
  9. Universitas Nasional
  10. Universitas Hassanuddin

Prospek Pekerjaan Jurusan Biologi

jurusan biologi
Photo by Artem Podrez from Pexels

1. Peneliti LIPI

Prospek pekerjaan jurusan biologi yang pertama ialah peneliti. Sebenarnya ga harus LIPI guys, bisa di banyak institut maupun universitas mengenai teknologi, lingkungan, sampai farmasi.

Peneliti sendiri menjadi sebuah profesi yang cocok kalau kamu senang belajar dan menganalisis lingkungan. Ibaratnya kamu senang sekali mendapat ‘masalah’ karena keingintahuan dan rasa ingin memecahkan masalah tersebut secepat mungkin.

2. Dosen Biologi

Next, untuk kamu yang senang belajar sekaligus mengajar maka dosen dapat menjadi salah satu pertimbangan profesi di masa depan. Namun, kamu wajib banget nih menentukannya sedini mungkin. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga nilai sedari semester 1 perkuliahan.

Baca Juga:  Sistem Ekskresi pada Manusia, Pembahasan Lengkap !

Apabila nilaimu bisa konsisten, maka tidak ayal kamu bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sebagaimana persyaratan menjadi seorang dosen. Baik universitas di dalam maupun luar negeri, kamu bisa dibiayai sepenuhnya apabila memiliki nilai akademik yang baik.

3. Bekerja di Industri Farmasi

Seorang lulusan jurusan biologi juga bisa lho bekerja di industri farmasi. Kamu bisa membantu meracik obat, alias apoteker dengan catatan memang memiliki kemampuan lebih di bidang tersebut.

Selain itu, kembali lagi kamu bisa melakukan penelitian khususnya di bidang obat-obatan atau farmasi guys. Jadi, bisa dibilang ada cukup banyak lapangan pekerjaan untuk jurusan satu ini.

4. Quality Control

Terakhir, sebagai lulusan jurusan biologi kamu juga bisa bekerja di bidang quality control. Bidang ini akan selalu dibutuhkan di perusahaan industri, mulai dari industri makanan, kecantikan, sampai tanaman seperti pupuk maupun obat kimia.

Quality Control sendiri bertugas melakukan pengecekan terhadap kandungan di dalam suatu objek, ditinjau dari zat, senyawa, sampai kemasan yang memuat objek tersebut guys. So, kalau kamu termasuk orang yang teliti maka profesi ini bisa menjadi pertimbangan di masa depan guys.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai jurusan biologi. Bagaimana, sampai sini ada ga nih di antara kamu yang tertarik masuk ke jurusan satu ini? Denger-denger sih, ada banyak beasiswa di dalam maupun luar negeri yang tersedia untuk program studi ini guys.

Jadi, penulis hanya berharap apapun jurusan yang kamu pilih nanti, semoga sesuai dengan passion dan keinginanmu ya guys! Semangat selalu pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau Internation…