Mengenal Jurusan Farmasi dan Prosfek Kerjanya

Pada umumnya, saat kita sakit pasti kita butuh obat bukan? Kalau bicara soal obat, mungkin kamu akan terlintas tentang pekerjaan sebagai apoteker, beli obat di apotek, atau kuliah jurusan Farmasi.

Nah, sebenarnya sudah seberapa kenal sih kamu dengan jurusan Farmasi. Nah, berikut adalah ulasan untuk mengenal lebih jauh jurusan Farmasi. Simak baik-baik ya!

Kenalan yuk dengan jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi adalah sebuah jurusan atau program studi yang mempelajari mengenai obat-obatan. Hal-hal yang akan kamu pelajari antara lain mengenali struktur senyawa obat, cara sintesis obat, hingga mengolah obat untuk layak dikonsumsi.

Beberapa hal penting yang dipelajari di jurusan Farmasi adalah belajar mengenai mencampur, meracik, formulasi, identifikasi, mengkombinasi, menganalisis, serta menciptakan obat yang dapat memenuhi standar kualitas dan kelayakan untuk dikonsumsi serta digunakan secara aman.

Di jurusan Farmasi, kamu akan belajar juga mengenai penyebab suatu penyakit dan menganalisis obat apa yang tepat dan cara kerja obat tersebut. Bagi kamu anak IPA yang suka banget dengan pelajaran kimia dan praktikum di laboratorium, maka jurusan ini akan sangat menarik untukmu.

Begitu juga bagi kamu yang punya karakter detail, teliti, tekun, observan, terstruktur, independent, senang menganalisis, senang melakukan riset, dan senang memecahkan masalah, maka jurusan Farmasi adalah salah satu jurusan yang tepat untuk kamu pilih.

Baca Juga:  10 Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa Yang Umum Ditanyakan

Belajar apa aja sih di jurusan Farmasi?

1. Biologi Dasar

Sebelum kamu mempelajari lebih jauh mengenai obat-obatan dan ilmu farmasi, kamu harus menguasai ilmu-ilmu dasarnya terlebih dahulu. Salah satunya adalah mata kuliah Biologi Dasar. Dengan mempelajari mata kuliah ini, kamu akan lebih mudah mengenal lebih jauh tentang farmasi.

2. Kimia Dasar

Selain mata kuliah Biologi Dasar sebagai mata kuliah dengan ilmu dasar yang wajib kamu pelajari, ada juga mata kuliah lainnya yaitu Kimia Dasar. Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar mengenai unsur dan reaksi kimia lebih lanjut. Karena ilmu farmasi tidak jauh dari hal-hal yang berkaitan dengan unsur dan reaksi kimia.

3. Biokimia

Biokimia adalah salah satu mata kuliah yang penting untuk dipelajari di jurusan Farmasi. Mata kuliah ini mempelajari mengenai kimia dalam tubuh makhluk hidup, yang meliputi molekul dan reaksi kimia di dalam tubuh.

4. Pengantar Farmasi dan Kesehatan

Mata kuliah Pengantar Farmasi dan Kesehatan adalah salah satu mata kuliah yang akan kamu pelajari pada semester awal di jurusan Farmasi. Mata kuliah ini akan memberikan gambaran dan pengantar untuk mempelajari ilmu farmasi lebih lanjut.

5. Farmakologi Dasar

Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar dan mendapatkan pengetahuan lebih jauh dan lebih dalam tentang ilmu farmasi. Farmakologi dasar merupakan salah satu ilmu dasar yang harus kamu kuasai.

6. Analisis Farmasi

Mata kuliah Analisis Farmasi merupakan mata kuliah yang belajar mengenai analisis kimia. Diantaranya yaitu analisis bahan tambahan dan bahan aktif yang digunakan dalam dunia farmasi.

7. Farmasi Klinik

Dalam mata kuliah ini kamu akan mendapatkan ilmu mengenai pemanfaatan ilmu farmasi klinik. Dengan mempelajari mata kuliah ini, kamu akan mendapatkan ilmu yang lebih dalam mengenai farmasi.

Baca Juga:  Kuliah Ilmu Gizi di IPB, Apakah Hanya Belajar Gizi?

8. Bioteknologi Farmasi dan Kultur Jaringan

Dalam jurusan Farmasi, kamu juga akan belajar mengenai penggunaan bioteknologi dalam bidang farmasi. Kamu juga akan belajar mengenai kultur jaringan yang merupakan salah satu ilmu penting dalam belajar farmasi.

9. Standarisasi Obat Alam

Tidak hanya dengan obat kimia saja, jurusan Farmasi juga belajar mengenai obat alam yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Kamu tidah hanya akan belajar tentang standarisasi obat kimia saja tetapi juga obat alam.

10. Manajemen dan Marketing Farmasi

Di jurusan Farmasi, kamu tidak hanya belajar mengenai teori dan praktik di bidang farmasi saja, tetapi kamu juga akan belajar mengenai manajemen serta marketing di dunia farmasi.

Universitas dengan jurusan Farmasi

Di Indonesia, sudah banyak sekali universitas atau perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Farmasi. Nah, berikut adalah beberapa daftar universitas dengan jurusan S1 Farmasi:

1. Akreditasi A

Universitas Jember, Universitas Udayana, Universitas Surabaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Islam Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Universitas Pancasila, dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

2. Akreditasi B

Universitas Sam Ratulangi, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sriwijaya, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Kudus, Universitas Alma Ata, Universitas Diponegoro, Universitas Esa Unggul. Universitas Mataram, dan masih banyak lagi.

3. Akreditasi C

Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Sahid Surakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Binawan, Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Pekalongan, Universitas Jambi, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja lulusan jurusan Farmasi

1. Lembaga pemerintah

Prospek kerja lulusan jurusan Farmasi dapat bekerja di lembaga pemerintah yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ada juga beberapa lembaga lainnya seperti Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Jika kamu tertarik bekerja disini, kamu bisa mendaftarkan saat ada lowongan, baik melalui CPNS maupun non CPNS.

Baca Juga:  10 Keuntungan Mempunyai Teman Beda Jurusan Saat Kuliah

2. Laboratorium klinik, apotek, dan rumah sakit

Peluang kerja lulusan Farmasi yang menjanjikan salah satunya bekerja di fasilitas kesehatan. Seperti di laboratorium klinik, apotek, dan rumah sakit. Namun, jika kamu ingin menjadi apoteker profesional kamu harus mengambil pendidikan lebih lanjut yaitu profesi apoteker.

3. Menjadi Guru atau Dosen

Jika kamu punya minat di bidang pendidikan, kamu pun bisa punya peluang lho. Kamu bisa menjadi guru di sekolah atau SMK Farmasi atau kesehatan. Kamu juga bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi sehingga bisa menjadi dosen Farmasi.

4. Farmasi industri

Bekerja di bidang industri pada umumnya menjadi impian banyak orang. Kamu bisa bekerja di bidang obat, makanan, kosmetik, dan minuman. Kamu akan ditempatkan pada bagian RnD atau Research and Development untuk menentukan formula, spesifikasi bahan baku, dan menentukan teknik pembuatan obat maupun bidang lainnya yang berkaitan dengan farmasi.

5. Peneliti farmasi

Kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti. Peneliti di bidang farmasi juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa bekerja di badan penelitian milik pemerintah, seperti LIPI. Pada umumnya, kamu akan meneliti sebuah obat dan penggunaannya secara aman.

6. Farmasi komunitas

Farmasi komunitas adalah farmasi yang memberikan pelayanan di sarana kesehatan terdekat dengan komunitas masyarakat. Misalnya, apotek, puskesmas, dan klinik. Kamu akan memberikan pelayanan yang berkaitan dengan obat-obatan pada komunitas masyarakat tertentu di fasilitas pelayanan publik terdekat dengan komunitas tersebut.

Nah, itulah penjelasan tentang jurusan Farmasi yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…