Jurusan Ilmu Pemerintahan Beserta 5 Prospek Kerja Untukmu di Masa Depan!

Halo semuanya! Apa kabarnya nih? Semoga selalu sehat dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran ya. Untuk kamu yang memilih jurusan ilmu politik sebagai program studi kuliah, tentu udah ga asing dong dengan jurusan ilmu pemerintahan? Yap, penulis rasa jurusan ilmu pemerintahan bisa menjadi pilihan keduamu selain ilmu politik guys.

Akan tetapi, sejauh mana sih kamu mengenal jurusan ini? Betulkah kamu sudah paham seluk-beluk dari jurusan ilmu pemerintahan? Eits, tenang aja guys! Kali ini penulis ingin membagikan berbagai informasi seputar program studi ilmu pemerintahan, khusus untuk kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Kenalan Dulu dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan

jurusan ilmu pemerintahan

Sebelum masuk ke berbagai mata kuliah maupun prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan, sepertinya kamu perlu kenalan dulu nih dengan program studi satu ini. FYI, ada banyak banget pelajar Indonesia yang seringkali menyamakan jurusan ini dengan ilmu politik. Padahal kalau diteliti lagi, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Salah satunya ialah mata kuliah dan fokus studinya guys. Apabila di jurusan ilmu politik kamu lebih bisa mengeksplorasi berbagai tindakan politik individu di seluruh dunia, berbeda dengan ilmu pemerintahan yang berfokus pada tindakan politik yang dilakukan pemerintah.

Kamu yang menyukai ilmu politik, mungkin bisa memilih jurusan ilmu pemerintahan sebagai pilihan kedua di SBMPTN nanti. Oh iya, sama seperti jurusan SOSHUM pada umumnya, ilmu pemerintahan juga membutuhkan kemampuan komunikasi, negosiasi, dan juga problem solving yang baik pada tiap mahasiswanya.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan

jurusan ilmu pemerintahan

1. Tata Kelola Pemerintahan

Mata kuliah jurusan ilmu pemerintahan yang pertama ialah tata kelola pemerintahan. Yap, ternyata mengolah pemerintahan tidaklah semudah kelihatannya guys. Ada banyak sistem dengan birokrasi yang cukup rumit.

Di jurusan inilah kamu akan mempelajari tata kelola pemerintahan sesuai teori yang benar dan juga bagaimana mengatasi berbagai masalah terkait hierarki birokrasi yang seringkali tidak seramah kelihatannya guys.

2. Analisis Kebijakan

Mata kuliah jurusan ilmu pemerintahan berikutnya adalah menganalisis kebijakan. Sudah menjadi barang wajib apabila kamu sebagai anak program studi ini untuk mengamati dan mempelajari berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Melalui mata kuliah ini, kamu bisa membantu pemerintah untuk kembali merevisi kebijakan yang dibuat apabila dirasa bertentangan dengan nilai demokrasi atau kurang berpihak pada rakyat. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan situasi sosial dan budaya yang ada di masyarakat Indonesia dengan kebijakan yang dikeluarkan.

3. Manajemen Program Pembangunan

Manajemen Program Pembangunan menjadi mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ilmu pemerintahan. Sebagai negara yang masih terus berkembang, Indonesia membutuhkan manajemen yang baik dalam mengelola pembangunan.

Mulai dari pembangunan pemerintahan, kebijakan, bahkan infrastruktur sesuai kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, manajemen pembangunan wajib dijalankan dengan tepat dan efisien.

4. Sistem Politik di Indonesia

Jangan sampai ketinggalan, sebagai siswa yang belajar di jurusan ilmu pemerintahan, kamu juga wajib mempelajari berbagai sistem politik yang ada di Indonesia. Sistem politik di Indonesia sendiri mengalami perkembangan dan perbedaan dari tahun ke tahun guys.

Mulai dari pasca kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, bahkan sampai reformasi kini. Topik satu ini dirasa cukup menyenangkan apabila kamu senang membaca sejarah karena sangat berkaitan dengan sejarah yang ada di Indonesia juga.

5. Teknik Negosiasi

Salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan di jurusan ilmu pemerintahan, yakni teknik negosiasi. Yap, negosiasi menjadi salah satu alat komunikasi yang wajib dikuasai mahasiswa politik, hubungan internasional, ilmu pemerintahan, bahkan hampir semua mahasiswa SOSHUM.

Dengan bernegosiasi, kamu dapat memperoleh win-win solution di antara kedua belah pihak sehingga dapat terhindar dari konflik. Apalagi, pemerintahan merupakan lembaga yang rumit dan terdiri dari berbagai jenis orang dengan kepentingannya masing-masing.

Universitas dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan Terbaik

jurusan ilmu pemerintahan
  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Padjajaran
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Brawijaya

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan

jurusan ilmu pemerintahan

1. Pakar Politik

Prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan yang pertama ialah menjadi seorang pakar politik. Yap, meskipun kamu tidak mendalami secara langsung ilmu politik, tetapi sedikit banyak kamu akan belajar ilmu-ilmu dalam perpolitikan.

Kalau kamu memang memiliki passion khusus di bidang ilmu politik, maka kamu juga bisa mengambil pendidikan lanjutan di jurusan ilmu politik guys. By the way, pakar politik sendiri menjadi sebuah profesi yang sangat dibutuhkan di Indonesia lho.

Kamu tidak hanya menjadi seorang akademisi, tetapi juga dapat menjadi konsultan kebijakan pemerintah maupun sebuah partai.

2. Pegawai Pemerintahan

Berhubung pemerintahan menjadi objek utama dalam studimu, tentunya prospek menjadi seorang pegawai pemerintahan adalah profesi yang patut kamu pertimbangkan guys. Kamu bisa bekerja di BUMN atau bahkan Kementerian sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

Oh iya, untuk menjadi seorang pegawai pemerintahan, kamu wajib melalui berbagai tes yang memang tak mudah. Nama tes tersebut ialah CPNS. Jadi, kalau kamu memang ingin mengejar karier di kursi pemerintahan, maka jangan lupa untuk mempersiapkan tes satu ini ya guys.

3. Jurnalis

Profesi jurnalis dapat menjadi prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan berikutnya. Kamu yang senang menulis dan mengamati pola perpolitikan atau pemerintahan Indonesia, bisa banget memilih pekerjaan ini di masa depan.

Media berita sendiri menjadi sebuah industri yang tidak akan pernah mati sampai kapanpun. Kamu pun bisa melamar di media dalam maupun luar negeri juga guys, jadi kesempatanmu untuk berkembang akan semakin besar.

4. Public Relation

Berhubung kamu memiliki basic di bidang negosiasi dan komunikasi, maka seorang Public Relation bisa menjadi profesi yang kamu pertimbangkan untuk masa depan. Eits, engga sembarang PR ya, kamu bisa menjadi PR atau Public Relation dari perusahaan milik negara atau atau swasta.

Kamu juga bisa menjadi juru bicara Kementerian apabila kamu memiliki basic di bidang tersebut guys. Berhubung kamu belajar mengenai ilmu pemerintahan dan juga memiliki basic di bidang komunikasi dengan baik.

5. Dosen

Prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan yang terakhir adalah dosen. Kalau kamu termasuk seseorang yang senang belajar dan memiliki kehausan di bidang akademik, maka kamu bisa banget mempertimbangkan profesi satu ini di masa depan nanti.

Tentunya dosen akan menjadi profesi yang sangat dibutuhkan melihat banyaknya universitas di Indonesia. Oh iya, walaupun kamu bekerja sebagai seorang dosen, tetapi kamu juga bisa lho memiliki pekerjaan sampingan seperti menjadi penulis atau jurnalis.

Nah, di atas adalah beberapa informasi seputar jurusan ilmu pemerintahan. Sampai di sini, siapa nih di antara kamu yang mungkin tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Apapun pilihan jurusan kuliahmu, penulis hanya ingin menyarankan agar selalu belajar dengan sungguh-sungguh ya.

Semangat teman-teman semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pentingnya Portofolio Untuk Mahasiswa Fresh Graduate

Sebagai profesional di berbagai bidang, memiliki portofolio yang kuat adalah hal yang sang…