Categories: JurusanKuliah

Serba-serbi Jurusan Ilmu Politik Beserta 5 Prospek Pekerjaan Terbaik di Indonesia

Share

Tahukah kamu kalau jurusan ilmu politik merupakan salah satu program studi SOSHUM yang sangat ramai digemari pelajar Indonesia lho guys. Jurusan ini juga selalu mengalami peningkatkan peminat dari tahun ke tahun.

Penyebabnya? Ada banyak guys, mungkin karena permintaan orang tua atau ada juga yang memang menaruh minat di dunia politik. Nah, kali ini penulis ingin membagikan beberapa informasi mengenai jurusan ilmu politik khusus untuk kamu yang kini sedang duduk di bangku akhir kelas 3 SMA.

Penasaran? Ada apa aja? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Kenalan Dulu Yuk dengan Jurusan Ilmu Politik

Sumber: voiceofyouth.org

Jurusan ilmu politik menjadi salah satu program studi yang paling banyak diminati pelajar Indonesia, terutama mereka yang berasal dari kelas IPS sewaktu SMA. Banyak sekali pelajar kritis asal Indonesia yang hendak masuk ke jurusan ini dan berminat melanjutkan pendidikan jenjang S2 atau justru terjun menjadi politisi Indonesia.

By the way, sebagai anak jurusan ilmu politik kamu ga hanya mempelajari sistem perpolitikan atau pemerintahan di Indonesia aja guys. Kamu juga akan belajar mengenai seni, retorika, filsafat, dan memahami gejala atau fenomena sosial.

Usut punya usut, ilmu politik sendiri menjadi salah satu ilmu tertua yang ada di dunia. Salah satu tokoh dunia yang memiliki kontribusi besar dalam sistem politik khususnya modern adalah Niccolo Machiavelli. Melalui buku paling terkenal miliknya berjudul Il Principe, kamu akan diajak mendalami seluk-beluk perpolitikan dan pemerintahn.

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Politik

1. Dasar-dasar Ilmu Politik

Mata kuliah jurusan ilmu politik yang pasti kamu temui di semester pertama adalah Dasar-dasar Ilmu Politik atau sering juga disebut sebagai Pengantar Ilmu Politik. Materi satu ini akan memberimu pandangan umum mengenai politik serta bagaimana politik bisa berkembang dari masa ke masa.

2. Negara, Kekuasaan, dan Masyarakat

Berikutnya ada negara, kekuasaan, dan masyarakat. Topik satu ini menjadi hal yang wajib kamu pelajari dan pasti kamu temui di jurusan ilmu politik guys. Secara program studi ini akan berfokus mengenai bagaimana suatu negara bisa terbentuk, kemudian bentuk pemerintahan, sampai hal sederhana seperti definisi negara secara teoritis.

Tak jauh dari negara, maka kamu juga akan belajar mengenai kekuasaan dan masyarakat. Keduanya saling terikat satu sama lain guys. Oh iya, sebetulnya materi ini juga akan kamu pelajari di jurusan sosial lain seperti ilmu hukum.

3. Gerakan Sosial

Mata kuliah jurusan ilmu politik berikutnya ialah gerakan sosial. Hal lain yang tidak terpisahkan dari politik adalah gerakan sosial atau social movement. Gerakan ini biasa dilakukan sekelompok orang dengan tujuan dan visi yang sama dalam rangka menanggapi suatu isu sosial.

Akan tetapi, dalam program studi ilmu politik, kamu juga akan belajar mengenai penyimpangan dalam gerakan sosial sampai berbagai motif dalam gerakan sosial guys. So, ga ayal kalau kebanyakan anak jurusan politik sangat kritis dalam menanggapi berbagai demonstrasi yang terjadi di Indonesia.

4. Sejarah Indonesia dan Dunia

Sama seperti kebanyakan ilmu sosial lain yang tidak akan pergi jauh dari ilmu sejarah, jurusan ilmu politik juga secara intensif mempelajari berbagai sejarah Indonesia maupun dunia guys. Khususnya yang berkaitan dengan sistem pemerintahan, negara, kekuasaan, perang, dan motif politik.

5. Komunikasi

Last but not least, ada komunikasi. Yap, ilmu politik ga hanya belajar mengenai kerangka teoritis aja lho. Jauh dari itu, kamu juga akan belajar mengenai komunikasi dan bagaimana cara menyampaikan isi kepala secara rapi dan terstruktur.

Bidang komunikasi yang akan kamu pelajari secara khusus ialah retorika. Retorika sendiri merupakan seni untuk berbicara melalui kepandaian isi kepala sekaligus menyusun kata-kata. Ilmu ini sangat penting terutama untuk menarik perhatian orang lain ketika kamu berbicara di depan umum.

Universitas dengan Jurusan Ilmu Politik Terbaik di Indonesia

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Universitas Padjajaran (UNPAD)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  6. Universitas Trisakti
  7. Institut Ilmu Sosial dan Politik Jakarta
  8. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik

1. Politisi

Prospek kerja jurusan ilmu politik yang pertama tentu menjadi seorang politisi. Politisi sendiri pasti dikaitkan dengan paruh baya atau orang yang sudah berumur, tetapi kini ada banyak kok politisi muda yang bergabung ke berbagai partai independen.

Kamu yang tertarik terjun ke dunia politik, khususnya Indonesia wajib memiliki prinsip yang kuat agar jangan sampai melakukan penyelewengan kekuasaan ya. Ga hanya itu, kamu juga bisa berdiri untuk mewakili suara anak muda dalam memajukan Indonesia.

2. Jurnalis

Yap, ada banyak lulusan ilmu politik yang akhirnya bekerja sebagai seorang jurnalis. Jurusan ilmu politik sendiri mengasah kemampuanmu dalam bersikap kritis terhadap berbagai isu, sekaligus mengajarimu retorika dan pembuatan narasi yang baik.

Hal ini menjadi salah satu basic yang wajib banget diperlukan oleh seorang jurnalis. Kamu bisa bekerja di berbagai media nasional atau internasional dengan fokus tulisan di bidang politik.

3. Dosen dan Peneliti Ilmu Politik

Kalau kamu tergolong ke dalam orang yang menyukai belajar atau berbagai hal terkait akademik, maka menjadi seorang dosen atau peneliti ilmu politik menjadi profesi yang bisa kamu geluti di masa depan.

Tentunya profesi ini mewajibkanmu untuk belajar setinggi-tingginya karena berhubungan erat dengan proses akademik. Namun, tenang aja guys, kini ada banyak lho beasiswa ke luar negeri untuk mahasiswa asal Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang politik.

4. Konsultan Politik

Profesi satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian dari kamu, tetapi jangan salah guys, konsultan politik sangat dibutuhkan hampir di semua aspek pemerintahan lho. Misalnya nih, kamu menjadi konsultan politik bagi suatu partai maka kamu memiliki tiga tugas utama, yakni survei, memetakan, dan menganalisa.

Kamu melakukan riset dalam menentukan kandidat politik yang paling sesuai dengan keadaan masyarakat maupun konsisi perpolitikan, kemudian memetakan berbagai kandidat, dan menganalisas berbagai kemungkinan di masa depan sesuai kandidat yang ada guys. Pekerjaan satu ini tergolong rumit, tetapi sangat diperlukan.

5. Diplomat

Prospek kerja jurusan ilmu politik yang terakhir ialah menjadi seorang diplomat. Ternyata ga hanya anak hubungan internasional aja lho yang bisa menjadi seorang diplomat, sebagai lulusan ilmu politik kamu juga mempelajari seluk-beluk politik maupun negosiasi walaupun tidak seluas anak HI yang berkonteks internasional.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi seorang diplomat yang bekerja di kedutaan luar atau dalam negeri guys.

Yap, di atas adalah beberapa informasi mengenai jurusan ilmu politik. Apakah kamu semakin tertarik untuk masuk ke jurusan ini atau justru sebaliknya? Apapun pilihanmu, penulis hanya ingin menyarankan untuk memastikan bahwa kamu masuk ke jurusan yang sesuai passionmu.

Jangan karena ikut-ikutan teman, melihat prospek saja, atau bahkan keinginan orang tua. Mungkin beberapa faktor tadi bisa menjadi pertimbangan, tetapi keputusan tetap ada di tanganmu. So, semangat meraih mimpi ya teman-teman!

This post was last modified on Maret 1, 2022 2:51 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia Berdasarkan Bidang

Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia berikut ini layak kamu jadi kan opsi! Tentunya kamu sudah… Read More

Februari 21, 2024

Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

Tips masuk STSN - Sebelumnya sudah pada tahu kan STSN itu apa? Adalah Sekolah Tinggi… Read More

Februari 20, 2024

Kamar Berantakan Tanda Kamu Orang yang Kreatif Lho!

Selama ini kita selalu disuruh untuk menjadi rapi. Kemeja harus rapih. Naruh barang di tas… Read More

Februari 19, 2024

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Yang Patut Kamu Lirik

Bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sekolah kedinasan… Read More

Februari 18, 2024

Tips Memilih Jurusan Di STIS Buat yang Mau Lulus SMA

Tips memilih jurusan di STIS - Setiap orang tentunya ingin berkuliah di tempat yang bagus.… Read More

Februari 17, 2024

Daftar Sekolah Kedinasan Perhubungan Untuk Taruna

Apa rencana kamu setelah lulus sekolah? Kalau belum memiliki rencana, kamu bisa coba mendaftar di… Read More

Februari 16, 2024